Rekomendasi Anime Movie

Rekomendasi Anime Movie – Sudah lama film animasi menjadi konsumsi masyrakat luas, salah satu nya yaitu animasi dari Jepang yakni anime. Mulai dari kalngan remaja hingga dewasa menyukai film animasi Jepang satu ini.

Animasi Jepang sendiri telah terkenal dari pertama rilis pada tahun 1917 oleh Oten Shimokawa. Dari sebuah animasi yang bertajuk  Mukuzo Genkanban No Maki yang artinya Kisah Seorang Petugas Mukuzo Imokawa.

Sedangkan nama anime sendiri mulai digunakan pada tahun 1970-an, dan terkenal hingga sekarang. Banyaknya anime dengan kualitasnya yang semakin tahun semakin bagus.

Membuat para penggiat industri hiburan semakin sering menciptakan anime-anime yang seru dan menarik. Mulai dari anime movie tersedih,anime movie school drama, anime movie magic, dan masih banyak lagi.

Dan kali ini audiopromedia.co.id akan mengenalkan Rekomendasi Anime Movie terbaik dan terlengkap. Jadi buat kalian yang penasaran simak terus pembahasannya diartikel ini.

10 Rekomendasi Anime Movie Terbaik Sepanjang Sejarah

Buat kalian pecinta film animasi Jepang kali ini kami akan memberikan 10 contoh Rekomendasi Anime Movie terbaik sepanjang sejarah.

Jadi, buat yang udah ga sabar langsung saja simak kilasan berikut :

1. Grave Of The Fireflies (1988)

Grave Of The Fireflies (1988)
I. Grave Of The Fireflies (1988).
  • Tanggal Rilis : 16 April 1988
  • Bahasa : Jepang
  • Durasi : 89 Menit
  • Rating : 8.9/10

Studio Gibhli memang tidak pernah gagal dalam memproduksi film animasi atau anime. Kali ini kita akan dibuat meneteskan air mata oleh animasi yang berjudul  Hotaru no Haka atau lebih dikenal dengan Grave Of The Fireflies.

Hal ini disebabkan karena latar animasi ini, yaitu setelah terjadi nya perang dunia II. Film ini bercerita tentang kedua kakak adik, bernama Setsuko dan Seita yang merupakan korban perang.

Kedua orang tua mereka meninggal dunia dalam peperangan, yang mengakibatkan Setsuko dan Seita harus bisa bertahan dari kejamnya masa itu.

Mereka sempat tinggal bersama bibi mereka, setelah kedua orang tuanya wafat. Namun perlakuan sang bibi yang jahat dan kejam membuat Setsuko dan Seita memilih melarikan diri, dan hidup terlantar.

Disitulah perjuangan mereka untuk bertahan hidup bersama, sungguh pasti kalian sangat setuju jika anime ini diberi julukan animasi tersedih.

2. My Neighbor Totoro (1988)

My Neighbor Totoro (1988)
II. My Neighbor Totoro (1988).
  • Tanggal Rilis : 16 April 1988 (Japan), 04 November 1988 (Streamline Dub)
  • Bahasa : Jepang
  • Durasi : 86 Menit
  • Rating : 8.2/10

Anime produksi studio Gibhli yakni  Tonari no Totoro atau lebih dikenal My Neighbor Totoro, rilis pada tahun 1988 dan masih menajadi anime favorit hingga sekarang.

Film animasi ini mengambil latar tahun 1950-an dimana film ini berceritakan tentang keluarga Tatsuo Kusakabe yang pindah ke desa.

Kepindahan mereka ini beralaskan agar anak-anaknya yaitu Mei dan Satsuki lebih mudah untuk mengunjungi ibu nya yang sedang dirawat di rumah sakit.

Ketika sampai di desa kedua anak Tatsuo Kusakabe ini mulai beradaptasi dengan cara mengelilingi lingkungan pedesaan. Ketika sedang berkeliling Mei bertemu dengan makhluk kecil menggemaskan menyerupai kelinci.

Dan ternyata makhluk itu adalah Roh Tororo yang memiliki kekuatan magis, sehingga membuat kedua anak Tatsuo Kusakabe Mei dan Satsuki betah dilingkungan barunya.

3. I Want To Eat Your Pancreas (2014)

I Want To Eat Your Pancreas (2014)
III. I Want To Eat Your Pancreas (2014).
  • Tanggal Rilis : 01 September 2018
  • Bahasa : Jepang
  • Durasi : 108 Menit
  • Rating : 8.6/10

Animasi Kimi No Suizou Wo Tabetai atau dalam Bahasa Inggrisnya disebut dengan I Want To Eat Your Pancreas merupakan salah satu animasi yang dapat menguras emosi.

Hal ini dikarenakan anime ini mengisahkan seorang gadis bernama Sakura Yamauchi yang mengidap penyait di pankreasnya yang membuat hidupnya tidak lama lagi.

Namun dalam perjalannya menghadapi penyakit itu Sakura bertemu dengan seorang teman laki-lakinya yang bernama Haruki Shiga.

Haruki shiga sendiri memiliki sifat yang apatis awalnya, namun setelah mengetahui riwayat penyakit Sakura lama kelamaan sifat apatis Haruki berkurang.

Banyak yang bilang animasi ini mirip dengan anime Shigatsu wa Kimi no Uso, namun hal ini dibantah oleh penulis. Serta diperkuat oleh ending yang berbeda.

4. Weathering With You (2019)

Weathering With You (2019)
IV. Weathering With You (2019).
  • Tanggal Rilis : 19 Juli 2019
  • Bahasa : Jepang
  • Durasi : 114 Menit
  • Rating : 8/10

Bagi kalian yang menyukai anime bergenre fantasi dan romance pasti akan menyukai animasi yang satu ini. Karya Makoto Shinkai ini menjadi salah satu anime paling sering ditonton. Ini karena alur ceritanya yang tidak mudah ditebak.

Film ini menceritakan perjalanan seorang remaja pria bernama Hodoka Morishima, yang mencoba peruntungan dengan pergi dari desa terpencil Shikoku menuju ke Tokyo.

Selama perjalanannya dia bertemu dengan Keisuke yang memberikannya sebuah pekerjaan aneh. Yaitu sebagai penulis majalah milik Keisuke yang membahas supranatural dan hal magis lainnya.

Selama menjalankan pekerjaan itu Hodoka bertemu dengan seorang gadis yatim piatu bernama Hina Amano yang mempunyai kekuatan mengendalikan cuaca.

Animasi satu ini tidak pernah membuat seseorang bosan untuk menontonnya, karena alurnya yang sulit ditebak.

5. Kimi No Na Wa (2016)

Kimi No Na Wa (2016)
V. Kimi No Na Wa (2016).
  • Tanggal Rilis : 3 Juli 2016 (Anime Expo), 26 Agustus 2016 (Jepang), 7 Desember 2016 (Indonesia), 7 April 2017 (Amerika Utara)
  • Bahasa : Jepang dan Inggris (Amerika Serikat)
  • Durasi : 107 Menit
  • Rating : 8.9/10

Karya Makoto Shinkai memang tidak pernah mengecewakan, kali ini ia menulis anime yang bertajuk Kimi No Na Wa atau dalam Bahasa Inggris dikenal dengan nama Your Name.

Sejak film ini dirilis tahun 2016 kepopulerannya tidak pernah redup hingga saat ini. Hal ini disebabkan pleh plot twist yang tidak terduga.

Kimi No Na Wa sendiri bercerita tentang kehidupan seorang remaja wanita bernama Mitsuha Miyamizu dan seorang remaja laki-laki bernama Taki Tachibana.

Mitsuha, ia tinggal di desa sedangkan Taki tinggal ditengah-tengah hiruk pikuk Kota Tokyo. Cerita bermula dari masing-masing merasakan mimpi saling bertukar jiwa.

Namun lama kelamaan mimpi itu menjadi nyata, ketika dalam dunia nyata jiwa mereka tertukar Mitsuha dan Taki saling membuat catatan harian perjalanan mereka.

Suatu ketika saat pertukaran jiwa terhenti ada rasa yang sebelumnya tidak dimiliki oleh keduanya, sehingga mereka saling mencari satu sama lain.

Masih banyak alur yang tidak diceritakan disini, untuk lebih lengkapnya kalian bisa saksikan sendiri film ini.

6. A Silent Voice (2016)

 A Silent Voice (2016)
VI. A Silent Voice (2016).
  • Tanggal Rilis : 17 September 2016 (Jepang)
  • Bahasa : Jepang dan Bahasa Isyarat Jepang
  • Durasi : 130 Menit
  • Rating : 9/10

Animasi A Silent Voice atau dalam Bahasa Jepang dikenal dengan nama Koe No Katachi, merupakan anime yang dikeluarkan pada tahun 2016.

Film satu ini lagi-lagi akan membuat kalian berlinangan air mata. Hal ini dikarenakan animasi satu ini mengangkat tema yang menyedihkan.

Yaitu mengisahkan tentang seorang murid laki-laki bernama Shouya Ishida yang memiliki perangai tidak baik. Suatu ketika untuk mengalihkan rasa bosan, ia memilki ide jail.

Yaitu membully siswi baru yang pindah ke kelas nya bernama Shouko Nishimiya. Nishimiya sendiri mempunyai keterbatasan dalam pendengaran.

Hal ini juga yang membuat Ishida gencar membullynya, ketika Nishimiya tidak sanggup lagi menghadapi Ishida, ia memilih pindah sekolah.

Saat Nishimya pindah, barulah Ishida sadar akan perbuatannya selama ini. Akhirnya penyesalan yang menghampiri diri Ishida.

7. The Garden Of Words (2013)

The Garden Of Words (2013)
VII. The Garden Of Words (2013).
  • Tanggal Rilis : 31 Mei 2013 (Jepang)
  • Bahasa : Jepang
  • Durasi : 46 Menit
  • Rating : 8/10

Film animasi yang dirilis oleh CoMix Wave Films dan didistribusikan oleh Toho ini mengundang banyak simpatik. Alur yang ditulis oleh Makoto Shinkai, selalu membuat penonton penasaran.

Kali ini anime The Garden Of Words mengambil latar waktu saat musim hujan di Tokyo. Saat itu ada siswa bernama Takao Akizuki yang memilih bolos di jam pertamanya dan kemudian pergi ke taman Shinjuku Gyoen.

Saat sedang menghabiskan waktunya dengan melukis sepatu di bukunya, Akizuki bertemu dengan wanita bernama Yukari Yukino, yang merupakan wanita berusia 27 tahun.

Dari pertemuan pertama itu, mengalirlah pertemuan-pertemuan selanjutnya. Yang pada akhirnya menimbulkan perasaan satu sama lain.

Namun, karena halnya pertemuan mereka saat hujan turun, ketika hujan berhenti maka pertemuan mereka juga terhenti.

Kisah percintaan yang ada difilm ini walaupun manis namun terkesan realistis.

8. A Whisker Away (2020)

Rekomendasi Anime Movie
VIII. A Whisker Away (2020).
  • Tanggal Rilis : 18 Juni 2020
  • Bahasa : Jepang
  • Durasi : 104 Menit
  • Rating : 7.4/10

Bertajuk asli Nakitai Watashi Wa Neko wo Kaburu, A Whisker Away menjadi salah satu animasi yang dibuat oleh Studio Colorido. Animasi ini saat itu memiliki jadwal tayang di bioskop Jepang pada tanggal 05 Juni 2020.

Namun karena Covid-19 penayangan diundur dan diputuskan, akan disiarkan di Netflix secara global pada tanggal 18 Juni 2020. Netflix Indonesia menjadi salah satu yang akan menayangkan animasi ini.

A Whisker Away sendiri menceritakan tentang Miyo Sasaki atau Muge yang memiliki kepribadian ceria baik dirumah maupun disekolah. Muge juga jatuh cinta dengan teman sekelasnya yang bernama Kento Hinode.

Selain karena rasa sukanya kepada Hinode, Muge merasa kehidupannya semakin dewasa semakin sulit. Maka dari itu ia memutuskan ingin berubah menjadi kucing,

Itu semua bermula saat ia dan ibu nya pergi ke malam festival musim panas dan bertemu seorang siluman kucing yang menjual topeng berbentuk wajah kucing.

Dari hari itu kehidupan Muge pun berubah, Muge merasa menjadi kucing sangatlah menyenangkan. Tidak perlu pergi sekolah, selalu disayang orang-orang sekelilingnya, termasuk Hinode si pecinta kucing.

Namun perasaan itu lama-lama berubah, ketika ia tidak bisa kembali ke wujud aslinya. Dan ia menyesali perbuatannya tersebut, ia tidak mungkin meninggalkan orang tua nya dan orang-orang yang ia sayangi.

Banyak sekali pelajaran dari animasi yang satu ini, sangat cocok untuk berbagai kalangan terutama anak-anak. Dan buat kalian yang penasaran langsung aja tonton anime yang satu ini.

9. Spirited Away (2001)

Rekomendasi Anime Movie
IX. Spirited Away (2001).
  • Tanggal Rilis : 27 Juli 2001
  • Bahasa : Jepang dan Bahasa Inggris
  • Durasi : 125 Menit
  • Rating : 8.6/10

Spirited Away karya Hayao Miyazaki merupakan animasi ke-8 miliknya yang berdurasi panjang yakni 123 menit. Anime ini pernah mendapatkan penghargaan film animasi terbaik di ajang Oscar tahun 2003.

Film animasi ini menceritakan anak perempuan berusia 10 tahun bernama Chihiro yang ingin menyelamatkan kedua orang tuanya yang berubah menjadi babi.

Awal mula kejadian itu,saat ia dan orangtuanya melakukan perjalanan ke rumah baru yang akan mereka tempati. Namun ketika diperjalanan ayah Chihiro mengambil jalan yang berbeda.

Dan akhirnya mereka melewati sebuah terowongan, yang dimana terowongan tersebut mengantarkan mereka ke dunia roh. Saat sampai di tempat seperti pedesaan yang sepi, ia dan kedua orangtuanya menemukan sebuah restoran.

Tanpa pikir panjang kedua orangtua Chihiro memakan makanan yang tersedia di restoran tersebut. Setelah memakan makanan itu, kedua orangtua Chihiro berubah menjadi babi.

Dan itulah awal mula Chihiro berjuang untuk menyelamatkan kedua orangtuanya.

10. The Red Turtle (2016)

Rekomendasi Anime Movie
X. The Red Turtle (2016).
  • Tanggal Rilis : 18 Mei 2016 (Cannes), 29 Juni 2016 (Prancis), 17 September 2016 (Jepang)
  • Bahasa : –
  • Durasi : 80 Menit
  • Rating : 7.5/10

The Red Turtle atau yang berjudul asli La Tortue Rogue merupakan salah satu animasi yang dikeluarkan oleh Studio Ghibli. Animasi ini merupakan animasi internasional antara Wild Bunch dan Studio Ghibli.

Film ini merupakan salah satu animasi yang tidak memilki dialog di dalamnya. Dan pernah meraih penghargaan Best Animated Featured Film dalam ajang Academy Awards ke-89.

Anime ini mengisahkan tentang seorang pria yang terdampar di pulau kecil yang sepi tak berpenghuni. Ia akhirnya memutuskan untuk mencoba berlayar dengan membuat sebuah rakit bambu.

Namun berulang kali rakit yang dibuatnya dihancurkan oleh seekor penyu merah yang misterius. Karena kesal dengan penyu itu, pria tersebut melakukan sesuatu terhadapnya.

Namun ntah mengapa setelah melakukannya si pria malah merasa bersalah, dan dari situlah alur cerita dikembangkan. Film ini sukses membuat kalian menebak-nebak akan seperti apa alurnya.

Penutup

Itulah beberapa Rekomendasi Anime Movie terbaik sepanjang masa yang audiopromedia.co.id bisa sampaikan. Semoga dari beberapa rekomendasi di atas bisa membantu teman-teman dalam memilih anime mana yang akan kalian tonton.

Rekomendasi Anime Movie memanglah sangat banyak bertebaran di dunia maya, sehingga tidaklah sulit bagi kalian pecinta animasi untuk menumkannya.

Dan, buat kalian dapat membantu artikel ini berkembang dengan cara share dan update terus info terbaru tentang teknologi di website audiopromdia.co.id.

Baca juga : Nama FF Anime

Cukup sekian dulu yang bisa kami sampaikan, sampai bertemu lagi di artikel berikutnya.