Nabila Anggraini Seorang anak mudah dengan wawasan luas dan suka berbagi pengalaman mengenai dunia teknologi.

Rekomendasi Anime Jadul

4 min read

Rekomendasi Anime Jadul – Bagi kalian yang baru saja menjadi penggemar anime, banyak sekali anime jadul yang wajib anda tonton. Anime jadul memiliki cerita yang tak kalah menarik dari banyaknya anime yang sudah dirilis di masa sekarang. Seperti istilah kata anak zaman sekarang, old but gold.

Anime merupakan film animasi yang berasal dari Jepang. Animasi khas Jepang ini sudah ada sejak tahun 60-an bahkan sebagian dari kita belum lahir pada saat itu.

Di Indonesia, anime sendiri sudah hadir sejak lama. Pada tahun 90-an banyak anime yang sudah populer dan melegenda sampai sekarang. Semakin naiknya popularitas animasi khas Jepang ini di Indonesia, semaking banyak juga judul-judul anime yang tampil di layar kaca nasional.

Meskipun pada tahun 90-an anime masih menampilkan grafis yang belum bagus, tetapi jalan ceritanya tidak perlu diremehkan lagi.

Nah, artikel kali ini akan memberikan rekomendasi sekaligus mengajak kalian untuk bernostalgia tentang anime jadul yang melegenda.

Rekomendasi Anime Jadul Terbaik

Bagi para pecinta anime ataupun penonton baru, mungkin kalian sering bingung untuk menentukan anime yang harus ditonton dari sekian banyak judul anime yang ada.

Nah, anime yang dirilis pada masa lampau atau anime jadul bisa menjadi referensi tontonan bagi kalian. Banyak anime yang dirilis pada tahun 90-an hingga 2000-an masih populer sampai sekarang. Penasaran apa saja anime jadul yang menjadi legenda hingga saat ini?

Yuk, simak rekomendasi anime jadul terbaik yang wajib menjadi list tontonan kalian.

1. Ninja Hattori, Anime Jadul 90-an

Ninja Hattori- Rekomendasi Anime Jadul

Ninja Hattori merupakan serial anime yang diadaptasi dari sebuah manga karya dari Fujiko Fujio. Anime ini dirilis pada tahun 1981. Ninja Hattori ditayangkan pertama kali di Indonesia di TV nasional pada tahun 1997.

Ninja Hattori menceritakan tentang seorang anak bernama Kenichi Mitsuba dan seorang ninja kecil Hattori Kanzo. Hattori berteman dengan Kenichi sampai akhirnya dianggap menjadi keluarga besar Kenichi. Hattori selalu menjaga Kenichi dan membantunya jika ada dalam masalah. Walaupun mereka berteman baik, tetapi terkadang mereka juga bertengkar karena kesalahpahaman.

Anime ini biasanya menjadi tontonan bagi anak-anak di pagi hari. Ninja Hattori ini cocok untuk kalian yang ingin bernostalgia tentang keseruan masa kecil,

2. Death Note

Death Note-Rekomendasi Anime Jadul

Anime ini ditayangkan pada 3 Oktober 2006 sampai 27 Juni 2007. Death Note diproduksi oleh Studio Madhouse dengan jumlah episode sebanyak 37.

Death Note mencerikatan tentang seorang remaja jenius yang menemukan sebuah buku catatan misterius yang disebut ‘Death Note’. Buku ini mampu memberikan p kemampuan suprantural pada pemiliki buku untuk membunuh siapa saja nama yang tertulis dalam buku itu.

Anime ini sangat cocok untuk ditonton oleh kalian yang menyukai genre misteri. Ketika menonton anime ini kalian akan ikut merasakan ketegangan dan ketakutan. Yuk, jadikan Dead Note sebagai watchlist anime yang akan kalian tonton.

3. Boys Over Flowers, Anime Jadul Tahun 2000-an

Boys Over Flowers

Mungkin sebagian dari kalian tidak asing mendengar judul anime ini. Yap! anime ini pernah diadaptasi ke dalam drama Korea dengan judul yang sama pada tahun 2010. Nah, bagi kalian yang suka dengan drama itu kalian bisa juga menonton versi animenya nih.

Boys Over Flowers versi anime ini memiliki jalan cerita yang tak kalah menarik dari versi drama Koreanya. Anime ini bercerita tentang seorang gadis miskin yang mendapatkan beasiswa di sebuah sekolah yang terkenal elit.

Pada suatu hari, gadis itu tak sengaja dipertemuka oleh sebuah geng laki-laki yang beranggotakan 4 lelaki tampan yang populer di sekolah itu. Gadis itu menolong seorang siswa yang ingin bunuh diri akibat sering dibully oleh geng F4 ini. Hal itulah yang menyebabkan gadis itu berurusan dengan geng F4.

Anime ini wajib banget kalian tonton terutama untuk para perempuan karena jalan ceritanya yang menarik dan visualisasi karakternya yang tampan.

4. Initial D, Anime Jadul Tahun 90-an

Initial D

Initial D merupakan anime yang dirilis pada tahun 90-an. Meskipun waktu perilisan anime ini sudah sangat lama, tetapi anime ini masih layak banget untuk kalian tonton karena jalan cerita yang tidak lekang oleh zaman.

Anime ini bercerita tentang seorang pemuda yang hebat dalam bidang keahlian menyetir. Pemuda itu ditantang oleh seorang pembalap profesional untuk adu kehebatan di dalam dunia menyetir. Initial D menyajikan pertarungan yang sengit namun seru antara dua pembalap profesional yang mengemudikan mobil sports yang keren.

Untuk kalian khusunya para shounen, anime jadul yang satu ini cocok banget nih untuk kalian tonton.

5. Sailor Moon, Anime Jadul Era Tahun 2000-an

Sailor Moon

Sailor Moon, mungkin kalian tidak asing lagi ketika mendengar nama ini. Biasanya ketika mendengar nama itu, pasti yang terlintas dari pikiran kita adalah para perempuan yang mempunyai kekuatan super.

Anime ini diadaptasi dari sebuah judul franchise terkenal yang diciptakan oleh seorang seniman manga bernama Naoko Takeuchi. Sailor Moon bercerita tentang 5 gadis pahlawan yang memiliki kekuatan super dari elemen-elemen alam dan tata surya untuk melawan para musuh dari kegelapan.

Serial anime ini cocok banget untuk kalian yang ingin bernostalgia dengan kenangan masa kecil.

6. Ghost at School, Anime Jadul Tahun 2000-an

Ghost at School-Rekomendasi Anime Jadul

Anime ini dibuat pada tahun 2000-an oleh studio animasi Pierrot dan Aniplex dan terdiri dari 20 episode. Seri anime ini juga pernah tayang TV nasional Indonesia yaitu Indosiar.

Anime ini berkisah tentang Miyanosita Satsuki yang pindah ke kampung halaman mendiang ibunya bersama keluarganya. Leo Kakinoki adalah kakak kelas dari Miyanosita memiliki kemampuan dalam melihat makhluk tak kasat mata. Miyanosita, Leo, Hajime, dan Mamoko melakukan pemburuan hantu di gedung kosong sekolah yang ada di kompleks sebelah rumahnya.

Ghost at School ini menjadi salah satu anime dengan genre horror terbaik yang dirilis pada tahun 2000-an. Jadi, anime ini cocok banget untuk menjadi list tontonan wajib kalian.

7. Perfect Blue

Perfect Blue

Anime ini dirilis pada tahun 1997 dan masih menjadi salah satu anime terbaik sampai saat ini. Perfect Blue mengunsup konsep cerita dengan genre thriller.

Perfect Blue menceritakan tentang Mima Kirigoe, seorang idol grup bernama CHAM! yang ingin mengubah imagenya menjadi wanita dewasa. Ia memilih untuk meninggalkan grup dan memulai karir dalam dunia acting dan modelling. Perubahan karir yang dipilih oleh Mima menyebabkan perubahan situasi yang mengguncang jiwa dan batinnya.

Keadaannya makin memburuk ketika Mima mengetahui bahwa ia memilikin sorang penguntit dan ia dikaitkan dalam berbagai kasus pembunuhan sadis yang aneh.

Anime ini cocok banget untuk ditonton oleh kalian yang memiliki jiwa pemberani, tetapi untuk kalian yang tidak biasa menonton film dengan genre thriller sebaiknya anda menonton anime ini didampingi oleh orang lain ya.

8. Monster Rancher, Anime Jadul di Era Tahun 99

Monster Rancher

Monster Rancher ini merupakan anime tahun 1999 dengan mengusung konsep game dan isekai.

Anime ini menceritakan tentang seorang gamer bernama Genki Sakura yang tiba-tiba masuk ke dalam sebuah dunia game dan bertemu dengan seorang wanita bernama Holly. Dalam dunia game itu, Genki bersama dengan Holly bertemu dengan berbagai macam monster. Lawan dari Genki dan kawan-kawan adalah seekor naga bernama Moo yang ingin menguasai dunia tersebut.

Untuk kalian yang suka dengan genre isekai atau anime tentang monster, anime jadul yang satu ini cocok untuk menjadi tambahan list anime kalian.

Baca Juga: Rekomendasi Anime Bertema Raja Iblis

Penutup

Nah, itu saja rekomendasi anime jadul terbaik yang bisa kami berikan. Mungkin sebagian dari kalian tidak lagi asing ketika membaca judul anime di atas. Karena beberapa anime tersebut pernah ditayangkan oleh TV nasional Indonesia

Semoga judul-judul anime di atas bisa menjadi referensi kalian yang bingung ingin menonton anime apa.

Walaupun anime jadul di atas dirilis pada tahun 90-an, anime di atas masih layak banget untuk kalian tonton karena alur cerita nya tak kalah menarik dengan animen zaman sekarang.

Semoga artikel kali ini bermanfaat dan jangan lupa juga untuk cek artikel mengenai rekomendasi anime menarik lainnya di audiopromedia.co.id. Terima kasih karena telah berkunjung dan membaca artikel ini.

Baca Juga: Rekomendasi Anime Demon

Nabila Anggraini Seorang anak mudah dengan wawasan luas dan suka berbagi pengalaman mengenai dunia teknologi.