Dina Pebriyanti Seorang yang merasa dirinya bisa melakukan apapun. Selalu suka berbagi wawasan tentang teknologi melalui tulisan.

Cara Melihat Aplikasi Yang Berjalan Di Latar Belakang

2 min read

Cara Melihat Aplikasi Yang Berjalan Di Latar Belakang – Di masa sera canggih seperti sekarang ini banyak orang yang menggunakan smartphone android.

Keberadaan smartphone sendiri sekarang ini menjadi cukup penting bagi kehidupan manusia. Hal ini dikarenakan dengan adanya smartphone banyak hal menjadi mudah untuk dilakukan.

Selain itu smartphone sangat praktis untuk dibawa kemana saja, sehingga banyak orang bergantung dengan benda elektronik satu ini.

Dan selama penggunaan smartphone android tidak jarang orang merasakan bahwa smartphone mereka cepat panas. Dan tidak sampai di situ, beberapa orang juga merasa bahwa baterai dari smartphone mereka mudah habis .

Salah satu penyebab hal ini ialah biasanya terdapat banyak aplikasi pada latar belakang. Dan sebelum lanjut kepembahasan pokok kita kali ini. Pastikan kalian menyimaknya dengan baik.

Baca juga : Photoshop Cs6

Aplikasi Yang Berjalan Pada Latar Belakang

Cara Melihat Aplikasi yang Berjalan di Latar Belakang
I. Aplikasi Yang Berjalan Pada Latar Belakang.

Dan ya salah satu penyebab dari permasalahan yang terjadi pada penggunaan smartphone android ialah banyaknya aplikasi yang berjalan pada latar belakang.

Perlu kalian ketahui bahwa di dalam sistem smartphone android ada beberapa aplikasi yang memang secara otomatis beroperasi pada latar belakang.

Memang terdapat beberapa aplikasi bawaan smartphone yang memiliki berbagai fungsi penting di dalam sistem operasi Android. Namun ada pula beberapa aplikasi yang tidak terlalu penting pada smarthphone.

Dan aplikasi-aplikasi inilah yang kadang dibiarkan begitu saja oleh pengguna smartphone android, karena mereka tidak tahu dampak yang ditimbulkan.

Jadi jika android kalian terbebani oleh banyaknya aplikasi tambahan dan itu berjalan di latar belakang. Maka hal itu yang nantinya akan membuat smartphone kalian mengalami beberapa masalah.

Adapun permasalahannya yaitu baterai kalian akan menjadi cepat panas, dan menjadi boros serta smartphone kalian menjadi lelet atau lag.

Pada smartphone android di dalamnya terdapat satu komponen yang mempunyai peran penting dalam sistem operasional yaitu RAM. Setiap smartphone masing-masing memiliki kapasitas RAM yang berbeda.

Semakin besar kapasitas RAM yang ada, maka semakin baik pula performa atau operasional dari smartphone android yang kalian gunakan.

Namun apabila pemakaian RAM melewati kapasitas, maka RAM menjadi terbebani dan nantinya akan berdampak pada smartphone android kalian yang akan menjadi lelet.

Maka dari itu lebih baik kalian menggunakan aplikasi yang sesuai dengan kapasitas RAM pada smartphone, ini mencegah agar tidak terjadi permasalahan yang tidak diinginkan.

Dan buat kalian yang penasaran gimana cara memeriksa aplikasi yang berjalan di latar belakang sehingga membuat smartphone kalian menjadi lelet, simak pembahasannya di bawah ini :

Baca juga : Cara Menghapus Background Dengan Photoshop

Cara Melihat Aplikasi Yang Berjalan Di Latar Belakang Android

Semakin tinggi sistem android yang kalian gunakan makan semakin sulit untuk melihat aplikasi berjalan di latar belakang dan itu butuh proses yang sangat panjang.

Namun, jangan khawatir di sini audipromedia.co.id akan membantu kalian untuk mengetahui cara cepat melihat aplikasi yang berjalan di latar belakang smartphone kalian.

Buat yang penasaran langsung aja cek langkah-langkahnya di bawah ini :

1. Pertama “Unduh” terlebih dahulu aplikasi yang mengecek aplikasi berjalan pada latar belakang, yaitu aplikasi “Dev Tools Pro”.

Cara Melihat Aplikasi yang Berjalan di Latar Belakang
II. Pertama “Unduh” terlebih dahulu aplikasi yang mengecek aplikasi berjalan pada latar belakang, yaitu aplikasi “Dev Tools Pro”.

2. Setelah itu akan muncul tampilan seperti di bawah ini :

Cara Melihat Aplikasi Latar Belakang
III. Setelah itu akan muncul tampilan seperti gambar.

3. Selanjutnya pilih menu aplikasi berjalan, atau “Menu Running Service”.

Aplikasi Latar Belakang
IV. Selanjutnya pilih menu aplikasi berjalan, atau “Menu Running Service”.

4. Ketika muncul seperti gambar di bawah ini, silahkan klik “OK”.

Aplikasi Latar Belakang
V. Ketika muncul seperti gambar, silahkan klik “OK”.

5. Kemudian klik aplikasi “Dev Tools Pro” nya seperti gambar di bawah ini.

Tutorial Melihat Aplikasi Di Latar Belakang
VI. Kemudian klik aplikasi “Dev Tools Pro” nya seperti gambar ini.

6. Selanjutnya kalian akan diarahkan ke aplikasi yang sedang berjalan di latar belakang, tampilannya seperti di bawah ini :

Tutorial Melihat Aplikasi Di Latar Belakang
VII. Selanjutnya kalian akan diarahkan ke aplikasi yang sedang berjalan di latar belakang, tampilannya akan seperti gambar.

Dan setelah itu kalian bisa bersihkan aplikasi yang sedang berjalan di latar belakang tersebut.

Penutup

Para pengguna smartphone banyak yang belum mengetahui sebenarnya ada banyak aplikasi yang berjalan atau beroperasi secara otomatis di latar belakang.

Beroperasinya aplikasi-aplikasi tersebut nantinya sangat berpengaruh pada performa dari smartphone yang kalian gunakan.

Namun, jangan takut kalian dapat melihat aplikasi apa saja yang berjalan di latar belakang smartphone kalian melalui beberapa langkah di atas.

Baca juga : Adobe Photoshop

Cukup sekian untuk kali ini informasi dari audiopromedia.co.id tentang Cara Melihat Aplikasi Yang Berjalan Di Latar Belakang, semoga info di atas membantu kalian semua, terimakasih.

Dina Pebriyanti Seorang yang merasa dirinya bisa melakukan apapun. Selalu suka berbagi wawasan tentang teknologi melalui tulisan.