Apa Itu Brand Ambassador Esports

Apa Itu Brand Ambassador Esport

Apa Itu Brand Ambassador Esports – Mungkin banyak dari kalian yang sering mendengar kata-kata brand ambassador dalam kehidupan sehari-hari. Apa sih sebenarnya arti dari brand ambassador itu sendiri?

Brand Ambassador atau BA adalah seseorang yang memiliki peran yang penting dalam dalam sebuah brand dan marketing perusahaan. Biasanya BA bukan berasal dari karyawan tetap perusahaan tersebut.

Setiap perusahaan selalu mengusahakan yang terbaik dalam mencari brand ambassador untuk produk yang mereka buat.

Dalam mencari orang untuk dijadikan sebagai brand ambassador sebuah produk harus memiliki reputasi yang baik. Hal itu bertujuan agar produk yang ingin dipasarkan bisa melejit dan dikenal oleh semua orang.

Orang-orang yang dijadikan BA biasanya merupakan seorang selebgram atau artis yang memiliki followers instagram yang banyak. Selain itu, orang tersebut harus memiliki image yang bagus di kalangan masyarakat atau netizen.

Pada zaman sekarang, banyak orang yang memasarkan produknya melalui sosial media karena sosial media adalah salah satu wadah terbaik untuk menyalurkan produk.

Hampir semua orang pasti menggunakan sosial media entah itu instagram, facebook, twitter, dan lain-lain karena di dalam sosial media ada banyak hal yang bisa kita akses dan ketahui dari berbagai sumber.

Jadi, perusahaan menargetkan pemasaran produknya paling banyak pada sosial media dan juga mencari brand ambassador disana. Brand ambassador suatu perusahaan tidak hanya dipakai untuk meningkatkan suatu produk tetapi bisa juga dalam hal lain. Contohnya adalah brand ambassador esports.

Nah, artikel kali ini akan membahas mengenai brand ambassador esports dari pengertiannya hingga manfaat yang akan di dapat.

Pengertian Brand Ambassador Esports

esports

Mungkin banyak dari kalian yang penasaran dan bertanya mengenai apa itu brand ambassador esports?

Brand ambassador esports adalah seseorang yang menjadi ‘wajah’ perusahaan yang mereka jalani dan bertujuan untuk mempromosikan perusahaan tersebut.

Dewasa ini, dunia esports menjadi ranah yang paling diminati oleh banyak orang dan memiliki daya tarik yang kuat. Mungkin kalian masih bingung atau belum tahu apa artinya esports nah kami akan menjelaskan arti dari esports.

Esport adalah istilah dari turnamen permainan video game atau bisa disebut olahraga elektronik yang diikuti oleh para gamers profesional.

Dunia game saat ini sedang menjadi suatu hal yang paling bisa disebut booming baik di Indonesia maupun di seluruh dunia. Sebelumnya banyak orang yang memandang dunia gaming adalah suatu hal yang membawa pengaruh negatif dan tidak memberi keuntungan.

Dengan adanya esports ini dunia gaming menjadi lebih kompetitif dan dipandang menguntungkan oleh banyak orang karena berhasil membawa banyak benefit.

Karena dunia esports ini sudah banyak dikenal oleh masyarakat, perusahaan esports mulai menggunakan BA untuk mempromosikan untuk menarik lebih banyak audiens.

Dengan menggunakan BA sebagai trik dalam mempromosikan bidang ini makin banyak orang yang mengetahui industri esport ini.

Berbeda halnya dengan BA sebuah produk, industri esports memiliki kriteria yang berbeda dalam menentukan seseorang untuk menjadi brand ambassadornya.

Biasanya orang yang dipilih untuk menjadi BA adalah seorang wanita dengan paras yang cantik dan rupawan karena kebanyakan peminat dari esports adalah laki-laki.

Lalu apakah tugas dari brand ambassador esports sama seperti dengan brand ambassador lainnya? Kami akan menjelaskan tugas-tugas yang harus dilakukan oleh seseorang yang telah dipilih menjadi BA esports.

Tugas Brand Ambassador Esports

BA esporst

Dalam memilih dan menentukan orang yang akan dijadikan sebagai brand ambassador industri esports sangat mementingkan image dari orang tersebut. Tidak hanya memiliki reputasi yang bagus tetapi orang tersebut juga harus memiliki banyak followers di akun sosial medianya.

Karena salah satu tugas dari BA esports adalah mempromosikan dengan baik industri esports agar semakin dikenal oleh khalayak ramai.

Promosi dengan menggunakan metode ini bisa dibilang merupakan metode yang paling efektif dibandingkan dengan metode yang lainnya.

Apakah BA esports hanya ditugaskan untuk mempromosikan industri ini saja? Atau ada hal lain yang menjadi tugas dari seorang BA. Simak penjelasan lengkapnya mengenai tugas dari BA esports berikut ini.

Mengadakan Promosi

Ketika seseorang terpilih menjadi brand ambassador sebuah perusahaan tugas yang paling utama dan pertama kali harus dilakukan ialah mempromosikan produk atau perusahaan tersebut. Hampir semua tim di industri esports mempunyai BA-nya masing-masing.

Biasanya orang yang dijadikan sebagai brand ambassador pasti memiliki pengikut yang banyak di sosial medianya. Karena sasaran utama dari promosi adalah audiens yang ada di sosial media. Dengan konten yang sudah disediakan, BA akan menggunakan akun sosial medianya untuk mengunggah konten yang akan menarik followers-nya.

Hampir semua brand ambassador menjadikan tim esportsnya sebagai nama bio ataupun highlight dalam akun instagramnya.

Hadir Dalam Pertandingan Esports

Selain melakukan promosi tim, seorang BA juga biasanya ikut hadir ketika ada pertandingan atau turnamen esports. Kehadiran brand ambassador yang dibutuhkan untuk memeriahkan acara dan penyemangat para pemain yang bertanding.

Dalam memilih orang yang akan dijadikan sebagai brand ambassador industri esports lebih memilih perempuan untuk dijadikan BA. Hal ini bertujuan agar para laki-laki yang sedang bertanding di turnamen merasa semangat untuk memenangkan lomba tersebut.

Perempuan yang dipilih pun pastinya memiliki wajah dan paras yang dinilai cantik rupawan agar tidak kalah dengan caster yang membawakan turnamen.

Membuat Konten Untuk Kebutuhan Promosi

Konten yang diunggah oleh BA ke akun instagram tidak hanya berasal dari perusahaan tetapi BA juga harus turut aktif membuat konten.

Ketika dipilih sebagai brand ambassador orang tersebut tidak boleh mengunggah sembarang konten karena ada peraturan yang harus dipatuhi. Salah satu aturan yang ada dalam kontrak adalah seorang BA tidak boleh menggunggah hal lain yang sejenis selain dari konten.

Jika berada atau hadir dalam pertandingan BA diwajibkan untuk berfoto dengan tim esportnya lalu mengunggah foto itu ke dalam akun sosial media mereka.

Menjalin Hubungan Baik Dengan Media Dan Penggemar

Kemampuan yang paling penting dan wajib dimiliki oleh semua brand ambassador adalah kemampuan berbicara di depan umum atau public speaking. Mengapa kemampuan tersebut sangat diperlukan ketika seseorang telah dipilih untuk menjadi brand ambassador suatu perusahaan?

Hal itu bertujuan agar ketika tim esports diwawancarai oleh media, BA bisa menjadi perwakilan pembicara tim esports tersebut. Oleh karena itu, BA harus sangat mengetahui dan memahami informasi seputar tim dan permainan apa yang dimainkan.

Jika ada sponsor yang mendukung tim esports tersebut maka BA harus menguasai produk apa yang dijadikan sebagai kampanye dari perusahaan sponsor tersebut.

Seperti brand ambassador pada umumnya salah satu tugasnya adalah berinteraksi dengan para penggemar sebagai bentuk apresiasi agar mereka selalu mendukung tim esports tersebut.

Manfaat Dari Menggunakan Brand Ambassador

Untuk mempromosikan sebuah produk tentunya tim marketing harus sangat teliti dan berpikir kreatif mengenai strategi apa yang akan dilakukan untuk memasarkan produk itu. Salah satu strategi yang paling efektif untuk promosi di era sekarang ini adalah menggunakan brand ambassador.

Mengapa brand ambassador bisa dijadikan sebagai metode yang paling menjanjikan untuk mempromosikan suatu produk? Salah satu alasan yang paling utama adalah karena reputasi yang dimiliki oleh orang-orang tersebut.

Tentunya dalam memilih orang yang akan dijadikan BA tidaklah sembarangan dan harus sangat berhati-hati. Kriteria yang dipakai oleh setiap perusahaan biasanya sama yaitu harus memiliki pengikut sosial media yang banyak dan image yang baik di mata masyarakat.

Lalu apa sih sebenarnya manfaat dari menggunakan brand ambassador sebagai strategi untuk mempromosikan sebuah brand atau industri? Berikut adalah manfaat jika menggunakan brand ambassador.

  • Meningkatkan Brand Awareness.
  • Menjadi penyemangat untuk para tim esports.
  • Memberikan review yang baik.
  • Menjadikan brand yang dipromosikan lebih dekat dengan audiens.
  • Meningkatkan word of marketing yang positif.

Penutup

Demikianlah pembahasan kali ini mengenai brand ambassador produk serta brand ambassador esports yang bisa kami sampaikan. Kesimpulannya adalah brand ambassador merupakan seseorang yang penting dalam mempromosikan sebuah brand ataupun industri.

Semoga artikel kali ini bermanfaat bagi kalian yang bertanya tentang apa itu brand ambassador esports dan BA dari sebuah produk. Lihat juga artikel lain seputar dunia teknologi yang pastinya menarik untuk anda baca dan akan menambah wawasan anda.

Baca Juga: Apa Itu Hyper Mobile Legend

Terima kasih karena telah berkunjung ke audiopromedia dan membaca artikel ini serta sampai jumpa pada artikel menarik selanjutnya.

Kode Alam Pengantin

DoniHer
3 min read

Kode Alam Dicakar Kucing

DoniHer
4 min read

Kode Alam Nenek-Nenek

DoniHer
3 min read