Apresiasi Billboard Indonesia untuk Musisi

Sebagai bentuk apresiasi kepada para musisi Indonesia yang telah mendedikasikan waktu untuk karya mereka, sebentar lagi Billboard Indonesia akan menggelar progran ‘Billboard Indonesia Music Awards 2020’. Program perdana diharapkan ini diharapkan dapat menjadi inspiratif bagi banyak orang.
Dijelaskan Chief Operating Officer Billboard Indonesia Aldo Sianturi, objektif digelarnya program “Billboard Indonesia Music Awards 2020” adalah untuk menjadi perekat antara industri musik lokal (Indonesia) dengan industri musik global. “Kami menjalin kerja sama dengan RCTI, karena memiliki optimisme yang sama untuk mencapai objektif tersebut. Program ini diharapkan juga dapat mempercepat akselerasi para musisi Indonesia dan karya-karya mereka,” ucapnya.

Program “Billboard Indonesia Music Awards 2020” diawali dengan kehadiran program “Billboard Indonesia Top 100”, yang diluncurkan perdana pada 25 September 2019. Sejatinya, program “Billboard Indonesia Top 100” telah menjadi barometer 100 lagu terpopular tiap minggu dari musisi Indonesia di semua lintasan genre musik.
Ditambahkan Dini Putri, Director of Programming and Production RCTI, “Melalui ‘Billboard Indonesia Music Awards 2020’, RCTI bersama Billboard Indonesia mempersembahkan sebuah penghargaan musik kelas dunia untuk pertama kalinya di Asia dan Indonesia kepada para musisi di Tanah Air. Semoga program ini dapat membangkitkan semangat dan kreativitas para insan musik di Indonesia.”

Lebih lanjut Dini menegaskan, berbeda dengan program penghargaan musik lainnya, Billboard Indonesia Music Awards 2020 memiliki keunikan dari segi nominasinya, karena tidak ada batasan waktu. “Siapapun bisa masuk nominasi atau bukan hanya yang lagi hits dalam kurun waktu tahun 2019 lalu. Selain itu, data yang didapatkan sangat akurat karena Billboard melakukan riset dari berbagai macam platform,” ia menegaskan.
Menurut Adib Hidayat, Editor in Chief Billboard Indonesia, ada 13 kategori yang dihadirkan pada program “Billboard Indonesia Music Awards 2020”. Ke-13 kategori itu adalah Top 100 Song of The Year, Top Collaboration Song of the Year, Top New Artist of the Year, Top Streaming Song of the Year, Top Streaming Song of the Year, Top Social Artist of the Year, Top Male Singer of the Year, Top Female Singer of the Year, Top Duo/Group/Band of the Year, Top Radio Airplay of the Year, Top Karaoke Song of the Year, Top Throwback Hits of the Year, dan top Lifetime Achievement 2019.

Nominasi dari ke-13 kategori—kecuali Lifetime Achievement 2019—diperoleh berdasarkan perhitungan berbagai sumber data. “Di antaranya, music streaming platform, video streaming platform, radio karaoke, hingga social media engagement seperti Twitter, Instagram, dan Facebook selama periode Februari-Desember 2019,” ujar Adib.
Dipaparkan Iwan Setyawan, CEO Provetic Indonesia, nantinya akan dibuka voting untuk publik selama periode 20 Januari-20 Februari 2020 melalui plartform Instagram official RCTI, Facebook official RCTI, dan aplikasi RCTI+ guna menentukan pemenang Billboard Indonesia Music Awards 2020. “Ini salah satu voting yang cukup rumit. 1 ID voting untuk 1 hari,” ucapnya.
Setelah data terkumpul, lanjutnya, data akan di cross check, dimana yang double voting akan dikeluarkan. “Data hasil perhitungan vote di semua platform, selanjutnya dilakukan proses verifiaksi oleh auditor independent demi menjaga independensi awarding ini,” tutup Iwan.

 

DINI. W.

Related Posts