• Jumat , 6 Desember 2019

SALOKA THEME PARK – Salatiga

SALOKA ADALAH WAHANA REKREASI TEMATIK (THEME PARK) PERTAMA DAN TERBESAR DI WILAYAH JAWA TENGAH. WAHANA REKREASI YANG BERADA DI KOTA SALATIGA INI MEMILIKI LOKASI YANG SANGAT STRATEGIS.

Dikelilingi pagar alam berupa 5 gunung dan sebuah rawa pening / danau alam terbesar di Pulau Jawa, membuat Saloka menjadi alternatif tempat liburan dengan daya tarik pemandangan keindahan alam yang menakjubkan.
Berbagai aspek pendukung telah dipersiapkan secara matang. Mulai transportasi menuju lokasi, akomodasi di sekitar lokasi sampai dengan aspek pendukung penting lainnya, termasuk sistem tata suara di seluruh area. Kairos Multi Jaya melalui Project Division dipercaya untuk merancang dan melakukan instalasi perangkat sistem tata suara di Saloka. Sistem tata suara di dalam wahana Saloka dibagi menjadi beberapa area / zonasi. Hal tersebut berpengaruh terhadap jenis perangkat audio yang digunakan beserta aplikasinya Pusat audio system yang didistribusikan ke speaker-speaker di keseluruhan area Saloka adalah ALLEN & HEATH DM0. Sistem ini untuk keperluan playback / background music. Sedangkan untuk Fountaine Area ampitheater & main stage menggunakan sistem tersendiri.

BACKGROUND MUSIC SYSTEM
Area Saloka cukup luas. Pengaturan audio system dibagi menjadi beberapa zona, antara lain; Parking Area, Entrance Area, Costal Area, Jungle Area, Beach & Mining Area. Pusat dari audio system di keseluruhan zona tersebut menggunakan central DSP ALLEN & HEATH DM0 yang ditempatkan di server room. Di ruang ini juga terdapat
ALLEN & HEATH DX-HUB sebanyak 6 unit yang terkoneksi dengan seluruh ALLEN & HEATH DX-168 yang ada di masing-masing Zona. Keseluruhan system network tersebut terintegrasi dengan Optical Network Terminal yang beroperasi melalui  fibre optic. Saloka adalah theme park pertama yang menggunakan sistem DM0 di Indonesia.
Keunggulan dari penggunaan DM0 ini adalah point to point system, jadi antara DM0 dengan DX-168 tidak perlu lagi setup IP address. Yang diperlukan hanya setup IP Addrees DM0 ke hub ONT (Optical Network Terminal).
Keuntungannya, apabila salah satu system mengalami lost connection, pada saat di-reset akan otomatis terkoneksi kembali ke setup sebelumnya. Pengontrolan sistem DM0 ini menggunakan software dLive Director. Speaker yang dipakai untuk keseluruhan area ini antara lain RCF GS60 Garden Speaker, Apart Rock 20 dan ………………

Bagaimana setting audio system di SALOKA selengkapnya, baca Artikel lengkapnya hanya di Audiopro edisi 20. Segera download di Gramedia Digital (klik DISINIatau beli langsung di toko buku Gramedia terdekat ya Apro Reader’s!

Jangan lupa follow semua Sosial Media Majalah Audiopro untuk mendapatkan up-date informasi tentang musik dan audio lainnya.

Related Posts