• Jumat , 6 Desember 2019

AC2 RHYTM VOX BASS

MENGACU KEPADA KESUKSESAN AMPLI MINIATURE VOX AC1 YANG BANYAK DIGEMARI OLEH GITARIS DAN BASSIST, VOX MELAKUKAN UPGRADE BEBERAPA FITUR PADA AC2 RHYTHM VOX BASS AGAR LEBIH MAKSIMAL DAN MAKIN DICINTAI OLEH PARA PEMUSIK.

Seperti kita amati beberapa tahun terakhir ini para produsen alat musik berlomba membuat amplifier berukuran kompak bahkan mini dengan tujuan kepraktisan. Mudah dibawa, mudah dimainkan, ringan bobotnya, namun penuh dengan fitur unggulan masing-masing. Upgrade pada AC2 RhythmVOX Bass diantaranya adalah peningkatan output power dari 1 Watt menjadi 2 Watt yang tentunya akan meningkatkan kualitas sound. Kualitas tinggi juga ditambahkan pada rhythm dan efek suara yang semakin mudah penggunaannya. Selain menggunakan adaptor 9 Volt, AC2 RhythmVOX Bass juga dapat dioperasikan dengan 6 buah baterai AA yang mampu bertahan hingga 20 jam (baterai alkaline). Perubahan detail juga dilakukan pada disain sehingga makin berkesan klasik ala amplifier VOX.

FITUR

Pada bagian atas AC2 RhythmVOX Bass yang merupakan panel kontrol, terdapat sebuah input untuk instrumen bass, knob Gain, knob Tone, knob Volume, Switch untuk 3 Mode Sound, knob untuk parameter Rhythm dan Efek, tombol On/Off untuk Rhythm, dan 2 buah tombol (yang bisa digunakan untuk pemilihan jenis Rhythm dan Efek, serta untuk Tuner). Di bagian belakang AC2 RhythmVOX Bass terdapat kompartemen untuk 6 buah baterai AA. Di samping kanan terdapat colokan untuk Aux In, Headphone Out, DC Power, dan sebuah switch Power On/ff. Ada 3 fitur unggulan pada AC2 RhythmVOX Bass yaitu Mode (variasi sound) yang terdiri dari 3 (Normal, Flat, dan Scoop) disesuaikan dengan gaya dan teknik permainan yang akan kita mainkan, Rhythm (total terdiri dari 81 patterns dan metronome), dan Efek (Chorus, Delay, Reverb, Chorus + Delay, dan Chorus + Reverb). Pattern Rhythm terdiri dari 9 genre yaitu 8 Beat 1, 8 Beat 2, Accent, 16 Beat, 6/8 Beat, Dance, Heavy, Soft, dan Metronome. Setiap genre memiliki 9 variasi, sehingga total berjumlah 81 patterns.

SOUND

Kami menggunakan sebuah bass Sterling yang memiliki sebuah pickup humbucker aktif. Pada percobaan pertama kami mendengarkan langsung via speaker pada AC2 RhythmVOX Bass ini. Sound bass terdengar detail dengan power yang cukup, namun perlu berhati hati dengan volume harus menyesuaikan dengan output bass yang digunakan sehingga power dan tone tetap terjaga. Fitur Efek dan Rhythm sangat membantu kami berlatih, parameter efek dan volume Rhythm bisa kami adjust agar seimbang dengan volume bass. Percobaan berikutnya kami menggunakan headphone, untuk mendengarkan sound dan perubahan parameter lebih detail lagi. Pergantian Mode Sound dari Normal, Flat, dan Scoop menjadi lebih jelas kami dengarkan melaui headphone. Demikian juga dengan detail sound Chorus, Delay, dan Reverb yang kami tweak parameternya. Kualitas sound dan efeknya sangat tinggi, detail, jelas, dan lebih bertenaga saat kami dengar melaui headphone. Rhythm pun menjadi lebih jelas sehingga sangat membantu sebagai sarana latihan dan belajar. Bermain dengan backing track melalui smartphone yang kami colokan ke Aux In juga menjadi lebih maksimal, level volume sangat mudah kami adjust sehingga nyaman bermain. Selanjutnya kami melakukan percobaan ketiga dengan menyambungkan AC2 RhythmVOX Bass ini ke mixer dan loud speaker melalui colokan headphone out. Sound yang terdengar sangat jernih dan powerful layaknya melaui sebuah preamp bass. Detail dan bertenaga, sehingga AC2 Rhythm VOX Bass layak juga menjadi senjata kita saat tampil live.

 KESIMPULAN

Dengan bobot sangat ringan 620 g (tanpa baterai) dan ukuran sangat kecil 170 x 70 x 128 mm, tentunya AC2 RhythmVOX Bass sangat praktis dibawa dan digunakan. Sangat cocok sebagai sarana latihan dan belajar/ mengajar. Guru bass sangat dimudahkan dengan adanya AC2 RhythmVOX Bass ini karena praktis bisa dibawa dan digunakan dimana saja. Sebagai sarana berlatih meningkatkan kemampuan permainan juga sangat berguna karena dilengkapi dengan metronome dan beragam jenis Rhythm dengan variasi dan temponya. Sebagai komposer AC2 RhythmVOX Bass ini juga akan sangat membantu proses kreatifitas karena dilengkapi dengan beberapa Efek penting serta beragam Pattern Rhythm yang mendukung.

Artikel By : Alex Kuple
Photo  : Istimewa

Telah terbit Majalah Audiopro terbaru edisi 20,  dapatkan beragam informasi menarik selengkapnya cukup download di Gramedia Digital (klik DISINIatau beli langsung di toko buku Gramedia terdekat ya Apro Reader’s!

Jangan lupa follow semua Sosial Media Majalah Audiopro untuk mendapatkan up-date informasi tentang musik dan audio lainnya.

Related Posts