• Jumat , 22 November 2019

TRIK SEDERHANA MEMASANG PEDAL EFEK TANPA VELCRO

KEBANYAKAN GITARIS (TERMASUK BASSIS) MENGGUNAKAN PAPAN YANG BIASA DISEBUT PEDALBOARD UNTUK MELETAKKAN PEDAL-PEDAL EFEKNYA UNTUK MENINGKATKAN MOBILITAS DAN TRANSPORTASI.

Dan agar efek-efek tersebut dapat menempel sempurna di permukaan pedalboard, kebanyakan dari kita akan menggunakan lem dan sebuah perekat sintetis yang biasa disebut Velcro (sebagai catatan, Velcro sebenarnya adalah nama brand yang sudah terlanjur menjadi sebutan umum). Velcro ini biasa kita temukan juga di produk-produk clothing seperti pada tas, jaket, atau sepatu yang tidak menggunakan tali. Cara menggunakannya adalah dengan melapisi bagian bawah pedal dengan lem kuning (biasanya orang menggunakan lem merk Fox, tapi tentu kita bisa mencoba lem lainnya) lalu meletakkan Velcro setelahnya. Masalahnya adalah, metode ini meninggalkan bekas lem semi-permanen. Maksudnya, kita bisa saja membersihkan Velcro dan lem ini (misalnya saat pedal akan dijual kembali), namun biasanya sulit untuk benar-benar bersih. Memang ada perekat Velcro yang memiliki lapisan adesif sendiri seperti selotip double tape, namun ada beberapa keluhan bahwa daya rekatnya akan berkurang seiring waktu. Nah, kali ini kita akan mencoba metode alternatif yang sama sekali tidak membutuhkan lem dan Velcro. Karena hanya sebagai contoh, kita hanya pakai 3 pedal dan sebuah pedalboard buatan sendiri berukuran kecil. Pertama kita siapkan dulu alat-alat yang dibutuhkan:

  1. Rantai sepeda (bisa dibeli di toko sepeda)
  2. Pembuka rantai sepeda (bisa dibeli di toko sepeda)
  3. Beberapa pedal efek termasuk pedalboardnya (yang terbuat dari kayu atau triplek)
  4. Bor
  5. Obeng
  6. Beberapa sekrup yang disesuaikan dengan tebal pedalboard dan diameter mata rantai yang kita gunakan (tiap pedal standard membutuhkan 4 sekrup).
Artikel & Photo By Aryo Prionggo

Bagaimana langkah-langkah pemasangan selanjutnya, baca Artikel lengkapnya hanya di Audiopro edisi 20. Segera download di Gramedia Digital (klik DISINIatau beli langsung di toko buku Gramedia terdekat ya Apro Reader’s!

Jangan lupa follow semua Sosial Media Majalah Audiopro untuk mendapatkan up-date informasi tentang musik dan audio lainnya.

Related Posts