• Kamis , 12 Desember 2019

BAGAIMANA MERAWAT BASS ANDA


SERINGKALI KITA MENYEPELEKAN SOAL PERAWATAN SAAT BASS KITA TIDAK SEDANG DIGUNAKAN BERMAIN. PADAHAL PERAWATAN SANGATLAH BERPERAN PENTING PADA DAYA TAHAN, SOUND, DAN PLAYABILITY.

Nah semuanya itu nantinya akan berpengaruh pada kesuksesan kita memainkan alat musik kita. Mengapa demikian? Coba bayangkan setelah beberapa minggu bahkan bulan anda mendadak harus bermain bass, anda mengambil bass yang anda simpan lama tapi sembarangan peletakannya, jadi berdebu, sedikit lapuk karena lembab, dan anda terpaksa menemukan kenyataan bahwa neck bass anda bengkok parah. Anda hanya punya waktu sehari karena besok sudah harus bermain. Bawa ke ahli service bass? Pasti akan butuh waktu lama membereskan semua masalah yang ada, belum lagi ternyata ahli service langganan anda sedang menerima banyak orderan service, sehingga bass anda harus rela antre mungkin sebulan lagi baru beres. Kacau kan? Nah itu masalah penting tentang perawatan bass yang tidak boleh anda acuhkan. Berikut ini beberapa tips merawat instrumen bass kesayangan anda berdasarkan beberapa wawancara saya dengan beberapa ahli service bass yang handal, juga rangkuman dari beberapa sumber lain.

 

1. Penyimpanan

Ini soal yang sangat krusial. Pertama adalah jika tidak akan digunakan dalam waktu yang lama (lebih dari 3 hari) pastikan anda menyimpan bass anda secara aman di dalam hardcase atau softcase sehingga terhindar dari debu, air, kotoran lain, dan cuaca ekstrim. Beberapa ahli service menyarankan pada posisi tidur, atau kalau berdiri sebaiknya posisinya body depan membelakangi dinding tempat senderan. Soal penyimpanan juga berhubungan dengan ruangan tempat menyimpan bass anda. Hindarkan dari cahaya matahari langsung, atau ruangan terbuka dimana cuaca bisa berubah ekstrim dari panas ke dingin atau sebaliknya. Simpan dalam kamar dengan suhu udara yang sedang, lebih baik lagi jika menggunakan Air Conditioner dengan suhu menengah. Hindarkan juga menyimpan bass anda di bagasi mobil untuk jangka waktu yang lama, apalagi di siang hari yang panas terik.

2. Kebersihan

Kebersihan juga vital. Biasakan selalu melap bass anda sehabis bermain untuk menghilangkan debu, kotoran, dan bekas keringat. Mulai dari head, neck, body, senar, dan semua part yang ada, bersihkan dengan lap kering yang bersih. Untuk body bisa anda gunakan cairan pembersih kayu body yang bisa anda beli di toko musik. Sangat disarankan untuk menggunakan cairan pembersih khusus untuk senar senar anda, ini juga tersedia di toko musik. Gunanya apa? Segala debu, kotoran, dan keringat jika tidak dibersihkan akan mengendap pada body, parts, dan senar senar anda sehingga menyebabkan cepat kusam, karatan, bahkan lapuk. Tentu tidak anda inginkan bukan?

3. Posisi

Dalam situasi bermain misalnya di panggung ataupun latihan di studio, setelah bermain kadang kita sembarangan meletakkan bass begitu saja. Apa akibatnya? Neck cepat bengkok pastinya, mau? Sangat disarankan meletakkan bass anda menggunakan stand gitar/bass, sehingga aman juga dari terjatuh karena tersenggol. Kalaupun tidak ada stand bass, posisikan bass anda tidur di lantai, atau senderkan ke dinding dengan body depan menghadap dinding namun harus waspada jangan sampai rentan terjatuh.

4. Elektronik

Perawatan elektronik juga penting, namun bisa dilakukan tidak sesering seperti kebersihan. Sebulan sekali coba cek perkabelan pada bass anda, bersihkan dengan lap kering, periksa apakah ada kabel yang putus atau bagian yang kena karat. Sangat disarankan jika anda menggunakan bass dengan elektronik aktif, copot baterai anda jika bass tidak akan anda gunakan dalam jangka waktu lama lebih dari seminggu. Baterai yang tersambung lama akan menjadi karatan terlebih jika kondisi penyimpanan dan cuaca sangat tidak baik.

KESIMPULAN

Jika anda seorang bassist profesional, bass anda adalah senjata utama untuk mencari nafkah. Jangan sampai kelalaian merawat hal-hal kecil atau menganggap enteng soal perawatan menghambat kegiatan pekerjaan anda. Sama halnya dengan kendaraan anda baik roda dua atau roda empat yang membutuhkan perawatan rutin yang baik sehingga pekerjaan anda berjalan lancar. Jangan sampai menyesal kemudian karena menyepelekan perawatan bass anda.

Artikel By : Alex Kuple

Masih banyak artikel menarik lainnya di Audiopro terbaru edisi 20, cukup download di Gramedia Digital (klik DISINIatau beli langsung di toko buku Gramedia terdekat ya Apro Reader’s!

Jangan lupa follow semua sosial media Majalah Audiopro untuk update informasi tentang musik dan audio lainnya.

Related Posts