• Selasa , 17 September 2019

BARETONE SW15 SUBWOOFER AKTIF

PADA EDISI KALI INI, AUDIOPRO KEMBALI DIKIRIMKAN SEBUAH SUBWOOFER AKTIF 15 INCHI KELUARAN BARETONE.

Subwoofer yang diperuntukkan untuk berbagai aplikasi, mulai dari live sound venue kecil hingga menengah dan club yang dapat disandingkan dengan speaker aktif 2 way 15 inchi.

Subwoofer Baretone seri SW15 memiliki fitur yang tergolong komplit untuk kebutuhan reproduksi frekuensi rendah (lower end). Fitur standard speaker professional yang disiapkan SW15 adalah knob volume, High Cut (Low pass filter), 2xbalanced line output (soket XLR), unbalanced input (soket RCA stereo), 2x balanced output (soket XLR), saklar low cut (125 Hertz, 50 Hertz, dan off), dan speaker phase. Seluruh fitur ini tentu saja ditempatkan pada panel belakang subwoofer yang memiliki kabinet yang kokoh dan disertai lupang port pada bagian depan.

Dalam ujicoba Baretone SW15, kami menyandingkan speaker aktif 2 way (merepro area frekuensi menengah dan tinggi). Sedangkan SW15 berfungsi untuk merepro area frekuensi lower end. Proses jalur audionya-pun dalam menggunakan Baretone SW15 cukup sederhana, dengan sistem stereo. Line output dari mixer menggunakan konektor XLR balanced dikirim ke line input subwoofer. Selanjutnya, line output XLR balanced dari SW15 dikirim ke two way speaker aktif.

KNOB HIGH CUT

Cukup menarik, Baretone SW15 disertai dengan knob high-cut. Dari fitur ini kami bisa menentukan titik cross over sesuai kebutuhan agar subwoofer dapat beroperasi pada frekuensi antara 80 Hertz hingga 100 Hertz. Kami hanya memutar knob untuk memilih maksimal frekuensi lower end yang dibutuhkan subwoofer mereproduksi.

Selama uji coba, kami memutar sejumlah aransemen musik dengan berbagai genre. Disini, kami mencermati reproduksi bidang frekuensi rendah yang cukup solid dan menghasilkan energi musik yang tebal. Baretone SW15 memiliki performa subwoofeer yang tidak mengecewakan.

Dalam sistem audio yang kami lakukan selama uji coba, secara keseluruhan kami mendapati sound bass yang gesit, punchy, dengan release yanh ketat sehingga tidak “menggulung”. Subwoofer SW15 dapat kita manfaatkan….

ARTIKEL LENGKAP, silahkan download Majalah Audiopro edisi 19 di Gramedia Digital (klik DISINIatau beli langsung di toko buku Gramedia terdekat ya Apro Reader’s! Jangan lupa follow semua sosial media Majalah Audiopro untuk informasi tentang musik dan audio lainnya.

Artikel By : Fajar Arianto
Photo By : Fajar Sutrisno

Related Posts