• Jumat , 22 November 2019

MULTI EFEK GITAR BOSS TEROBOS JAMAN DIGITAL

MULTIEFEK GITAR KELUARAN BOSS SUDAH DIKENAL SEJAK LAMA. FITUR BAGUS DAN MUDAH DIOPERASIKAN SANGAT DIMINATI OLEH GITARIS-GITARIS DI TANAH AIR.

Terobosan Boss selalu membuat perhatian bayak gitaris dalam setiap seri terbarunya selalu diincar oleh gitaris muda, untuk kebutuhan perform band dan rekaman. Praktis, kaya fitur, dan beragam pilihan sound yang meruah. Multi efek yang menyuguhkan teknologi modelling sebagai tone generator ditambah efek modulasi yang kian dikembangkan oleh Boss tak aneh jika digandrungi oleh gitaris.

Multi efek keluaran Boss tidak saja dirancang dalam bentuk pedal board akan tetapi Boss juga membuat multi efek desktop seri-seri terbarunya dengan teknologi yang terus diperbarui dan dikembangkan berdasarkan kebutuhan musisi. Selain konsep sound gitar bisa dimanfaatkan berbagai genre musik. Boss juga memikirkan pengembangan produk untuk keperluar rekaman, yakni fitur interface. Selain itu, multi efek selalu disertai dengan sistem pengoprasian yang mudah. Tentu saja musisi dapat bekerja cepat dan optimal untuk mencari sound yang dibutuhkan keperluan panggung dan rekaman.

 

BOSS GT-001

Keluarga dari GT Series ini memiliki dimensi yang kompak. Bagian atasnya dibungkus material fascia metal dengan warna hitam dipadu material housing plastik solid berwarna merah maroon pada bagian belakang dan samping. Dari sisi desain terlihat jelas jika multiefek ini memang tidak diperuntukkan dibawa ke atas panggung. Disiapkan 6 parameter control rotary knob berwarna hitam serta 11 pad backlit buttons di section control. Terlihat minimalis namun tetap fungsional. Pada sisi kanan terdapat XLR input, 1/4″ expression pedal input, 1/4″ jack input gitar, serta 1/8″ aux in. Lalu di bagian kiri stereo phones output, dua buah 1/4″ split stereo output, kemudian pada bagian belakang terdapat port USB serta DC in 9v.

Multiefek Boss GT-001 memiliki fitur sebagai audio interface dengan sample rate 24-bit/44.1 kHz 4in-out untuk merekam sinyal dry gitar secara simultan untuk kebutuhan re-amping serta unutk merekam vocal menggunakan condenser mic yang di bekali phantom power. Selain itu, Boss GT-001 juga memiliki fungsio monophonic gitar-to-midi yang memungkinkan untuk memainkan soft synths ataupun midi instrument lainnya. Selain untuk power, port USB yang berfungsi untuk update firmware ataupun setting patch melalui Boss Tone Studio ataupun mendownload Sound Library dari Boss Tone Central.

BOSS GT-1

Melihat dimensinya, keluarga dari GT-1 series ini sangat kompak. Walaupun bagian bawah efek ini berbahan plastik solid, Pada bagian atasnya yang bermaterial utama metal dan finishing warna hitam tetap terasa kokoh. selain itu terdapat 3 buah footswitches dengan backlight berwarna biru yang membuat efek ini terlihat Modern, sebuah expression pedal dan LCD panel membuat layout keseluruhan control panel efek ini mudah dilihat pada berbagai macam kondisi cahaya.

ada sebuah footswitch CTL 1 yang berfungsi untuk mengaktifkan atau mengkombinasikan efek, mengganti patch atau untuk tap tempo. Bagian belakang efek ini terdapat 1/4″ input jack yang berfungsi sebagai switch power on ketika jack di insert, penggunaan power melalui adaptor atau 4 buah baterai AA membuat efek ini lebih fleksibel. Lalu ada sbeuah 1/8″ jack Aux In untuk menghubungkan audio player eksternalm stereo output, 1/4″ jack input untuk control atau exprenssion external.

Ada 2 mode pemilihan untuk mengcotumize Boss GT-1 ini. Mode easy select untuk memilih patch berdasarkan kategori genre, drive, dan efek. Fitur lainnya adalah…..

ARTIKEL LENGKAP, silahkan download Majalah Audiopro edisi 19 di Gramedia Digital (klik DISINIatau beli langsung di toko buku Gramedia terdekat ya Apro Reader’s! Jangan lupa follow semua sosial media Majalah Audiopro untuk informasi tentang musik dan audio lainnya.

Artikel By : Tim Apro
Photo By : Fajar Sutrisno

Related Posts