• Jumat , 6 Desember 2019

MARSHALL 2525H-L MINI SILVER JUBILEE HEAD + 2536 CABINET

SEKITAR TAHUN 1987 PERTAMA KALINYA MARSHALL SERI 2525 SILVER DI PERKENALKAN UNTUK MERAYAKAN 25 TAHUN PERUSAHAAN ASAL INGGRIS INI BERADA DI INDUSTRI MUSIK.

Selang 9 tahun kemudian, tepatnya tahun 1996 seri tersebut di reissued kembali melalui Marshall 2555L namun hanya sebatas 3000 unit saja untuk seluruh dunia.

Setelah hampir 5 dekade berlalu, memperingati 50 tahunnya Jim Marshall berada di bisnis amplifier ini di Namm Show Januari 2019 kemarin Marshall memperkenalkan beberapa varian classic amplifiernya untuk seri mini studionya. Salah satunya adalah 2525 head dan 2536 cabinet yang merupakan versi mini dari Silver Jubilee yang melegenda.

DESIGN SERTA FITUR

Sepintas, sentuhan gaya retro terasa melekat di amplifier ini mengingatkan Kita akan ampli Silver Jubilee yang digunakan oleh Slash, Joe Bonamassa atau John Frusciante. Tanpa menghilangkan ciri khasnya, desain dengan perpaduan vinyl warna silver dan grill cloth hitam yang membalut seluruh tubuh head serta cabinet amplifier ini menegaskan kesan vintage yang simple.

Melihat bagian depannya, terdapat control panel depan yang terbuat dari metal serta knob berwarna silver yang dikemas dengan tampilan sederhana namun tetap memikat. Ada dua knob push-pull di output master untuk switch channel clean dan lead lalu input gain untuk mendapatkan variasi tone serta memberikan extra distrosi.

Di section preamp, Marshall 2555H di bekali 3 buah tabung ECC83 yan gdibagi menjadi 2 channel yaitu clean dan lead menggunakan pull channel. Lalu di section poweramp Marshall membekali 2 buah tube EL34 yang dibagi ke section master dengan 3 control, yaitu lead master, presence dan input gain. Yang menjadi point plus head amplifier ini adalah penggunaan pentode/triode switching sebagai phase splitter pada satu tabung ECC83 di lengkapi diode clipping circuit untuk shaping tone serta menambahkan gain output master.

Beralih ke cabinet, Marshall merekomendasikan penggunaan 2555H Mini Silver Jubilee bersama 2536 Cabinet. Cabinet yang dilengkapi dengan dua buah speaker 12″ Celestion G12 Vintage dengan total powerout 140 watt ini memiliki design sealed-enclosure yang di finishing dengan silver vinyl covering khas jubilee style.

TEST

Saat mencoba smplifier ini, Kami menggunakan gitar model Stratocaster berkonfigurasi H-H. Pertama kami aktifkan channel clean dengan setting equalizer output master, input gain, serta presence flat dan pickup gitar di switch ke neck. Dengan setting tersebut, sound clean dengan mid range tone yang sparkly dihasilkan oleh amplifier ini. Walaupun Kami buka sedikit knob input gain, headroom gain dengan power yang besar dan artikulasi tone clean tetap terdengar jelas.

Kedua Kami aktifkan channel lead dengan pull knob master out  dengan setting yang masih sama….

ARTIKEL LENGKAP, silahkan download Majalah Audiopro Edisi 18 di Gramedia Digital (klik DISNIatau beli langsung di toko buku Gramedia terdekat ya Apro Reader’s! Jangan lupa follow semua sosial media Majalah Audiopro untuk informasi tentang musik dan audio lainnya.

Artikel By : Ressa S.M
Photo By : Fajar Sutrisno

Related Posts