• Kamis , 12 Desember 2019

NATHANIA JUALIM – BERBEKAL PENDIDIKAN MUSIK FORMAL

MUSISI MUDA INI USAI MENAMATKAN SEKOLAH MUSIK DI UNIVERSITAS PELITA HARAPAN JURUSAN MUSIK JAZZ & POP PERFORMANCE BERGELAR SARJANA SENI (S.SN). TERJUN DALAM BIDANG MUSIK PROFESIONAL DENGAN BEKAL PENDIDIKAN MUSIK FORMAL DITAMBAH PENGALAMANNYA PERFORMANCE DI SEJUMLAH EVENT DAN KOLABURASI DENGAN MUSISI-MUSISI BESAR, ANTARA LAIN ERWIN GUTAWA, DONY SUHENDRA, ECHA SOEMANTRI, DAN FAJAR ADI NUGROHO.

Di pertengahan 2019, Nathania Jualim dengan sapaan akrabnya Thania juga meluncurkan mini album yang bertitel Metamorfosa menlanjutkan dari single “Turn Back Time” ketika masih kuliah. Menjadi musisi, khususnya sebagai gitaris Thania sudah menggapai ilmu musik formal. Banyak teknikal, sejarah dan pengetahuan musik yang didapat dan sudah pasti berguna bagi kariernya di bidang musik. “Saya menyadari jalan hidup yang saya pilih adalah di bidang musik. Tidak cuma sekedar kuliah tetapi saya mau serius di bidang musik,” ujar Thania ketika ditemui tim Audiopro di salah satu perumahan di bilangan Karawaci Tangerang. Meskipun sejak kecil Thania sudah begitu akrab dengan dunia musik dan beberapa kali belajar instrumen piano, drum, dan gitar. Namun Thania lebih menekuni belajar instrumen gitar dengan kerabat sang ayah.

Ayah Thania juga sebagai wirausaha di bidang perangkat musik di kota Bandung. Memilih sekolah musik-pun berkat dukungan penuh kedua orang tua. Oleh karenanya, sebelum masuk kuliah, gitaris cantik ini meyakini memilih kariernya di jalur musik. ” Jazz and Pop Performance ini salah satu jurusan yang paling cocok dengan saya. Karena (lulusan) ini selain sebagai Music Performance, bisa juga menjadi pengajar dan aranjer. Akan cukup luas karier dalam bidang musik,” ungkap Thania yang banyak mendapatkan ilmu teknik bermain gitar dari jurusan Jazz dan Pop Peeformance dengan Major Gitar. Thania membagi pengalamannya selama kuliah musik, “Semasa kuliah, kami mempelajadi scale, teori dan sejarah musik baik genre jazz dan klasik. Sedangkan materi teknik main gitar yang kami dapatkan masih mencakup genre jazz dan blues untuk major gitar kontemporer. Termasuk membuat resital bagian dari mata kuliah bisa melibatkan antara mahasiswa maupun musisi profesional.” ujarnya.

AWAL KARIER

Mengawali kariernya sebagai musisi profesional, Thania mendapat kesempatan besar mengisi sesion gitar di Erwin Gutawa Orchestra pimpinan Erwin Gutawa. Sebuah awal karier sebagai gitaris di musik orkestra menambah prestasi besar sebagai musisi di tanah air. Konser EG Orkestra bertajuk Salute 2019 tribute ti 3 Female Song Writers yang ditayangkan secara live selama tiga jam di stasiun televisi Metro TV Februari 2019 lalu.

ALBUM METAMORFOSA

Capaian sebagai musisi yang sudah mengenyam pendidik musik formal. Thania-pun membuat sebuah mini album dari karya sendiri, usai menempuh masa kuliahnya. Mini album (terdiri dari 6 lagu) yang diluncurkan tahun 2019 sebagai torehan perjalanan hidup, rasa, cinta, harapan, dan mimpi Nathania yang diberi judul “Metamorfosa” langsung diwijudkan dan ditawarkan ke masyarakat luas pecinta musik. “Album Metamorfosa sebagai salah satu langkah awal saya setelah kuliah. Pada saat kuliah saya sudah membuat target membuat mini album. Kemudian…..

 

ARTIKEL LENGKAP, silahkan download Majalah Audiopro Edisi 18 di Gramedia Digital (klik DISINIatau beli langsung di toko buku Gramedia terdekat ya Apro Reader’s! Jangan lupa follow semua sosial media Majalah Audiopro untuk informasi tentang musik dan audio lainnya.

 

Artikel By : Fajar Arianto
Photo By : Fajar Sutrisno

Related Posts