• Jumat , 23 Agustus 2019

PENGARUH AKUSTIK RUANGAN DALAM REPRODUKSI SUARA (HOME AUDIO)

MENGAPA KITA MENDENGARKAN PERBEDAAN SUARA ANTAR PERANGKAT SPEAKER DENGAN PERANGKAT SPEAKER YANG LAIN. PARAMETER APA YANG MENJADI PENYEBABNYA? APAKAH AMPLITUDO? FREKUENSI? DISTROSI? PHASE? JARAK TIBA SUARA? ATAU BAHKAN GABUNGANNYA? MARI KITA DISKUSIKAN BERSAMA DALAM THREAD INI.

Speaker itu sendiri sebagai hasil akhir dari keseluruhan sound system mengemban tugas berat yaitu mengubah sinyal listrik sudah diperkuat oleh power amplifier menjadi energi suara yang kita dengar. Salah satu tujuan desain loudspeaker adalah menghasilkan frekuensi seflat mungkin bukan hanya di depan speaker (on axis) melainkan juga secara off axis. Permasalahannya adalah sangat sulit atau bahkan nyaris tidak mungkin kita mendapatkan response Frekuensi ideal karena satu hal penting dan paling berpengaruh yaitu AKUSTIK RUANGAN. Hal ini berlaku secara umum baik di car audio, home audio, dan seterusnya.

Tidak ada speaker sebagus dan sehebat serta semahal apapun akan bersuara optimal jika tidak didukung oleh akustik ruangan yaitu mendekati ideal. Banyak sekali mobil atau home audio yang saya dengar dan masuk kategori BAGUS sebenarnya bersuara LUAR BIASA ISTIMEWA ketika akustik ruangan ditreatment dengan baik.

Akustik memiliki berbagai definisi dalam dunia arsitektur akustik dapat berarti penanganan terhadap efek suara yang terjadi pada suatu ruangan tertutup. Namun demikian dalam tulisan ini penulis sengaja membatasi definisinya sebagai ilmu yang mempelajari suara dan car asuara berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya.

Untuk benar-benar bisa memahami akustik idealnya orang memahami terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan Gelombang Tekanan Suara ( Sound Pressure Wave ) bagaimana dia bekerja dan bagaimana telinga kita menangkap suara dan bagaimana otak kita menerjemahkan suara tersebut.

Tiga hal yang harus dipahami untuk mempelajari Akustik :

ROOM ACOUSTIC 

Fungsi dari perilaku suara ketika dihasilkan dalam suatu ruangan tertutup. Gelombang suara berperilaku sangat berbeda di suatu ruangan (closed air) contohnya auditorium atau kendaraan kita dibandingkan dengan ruangan terbuka (open air) contoh lapangan sepakbola. Satuan ukurnya disebut sebagai reverberation time dan standarnya disebut sebagai RT60. Ruangan dengan High RT60 akan sangat bergema, sedangkan Ruangan dengan Low RT60 akan baik untuk mereproduksi suara dan musik. Ingat suara yang kita dengar terdiri atas Direct Sound (Suara Langsung), Early Reflection (Pantulan Awal) dan Late Reflection (Pantulan Akhir).

Di car dan home audio semua faktor akustik pantulan, sebaran, serapan (reflection, diffusion absorbtion) terjadi dan seringkali secara ekstrim untuk itu perlu ditangani secara khusus.

TREATMENT ACOUSTIC

Yaitu fungsi dari treatment suara guna menghasilkan efek suara yang diinginkan secara mekanis contohnya penggunaan diffuser, absorbser, bass trap dll. Metode ini sudah diterapkan secara menyeluruh di studio rekaman semenjak tahun 1930an sampai sekarang dan dilakukan secara konsisten oleh Pabrikan mobil terkemuka.

ENGINEERED ACOUSTIC

Yaitu fungsi dari peralatan audio guna menghasilkan efek suara yang diinginkan secara elektronik contohnya penggunaan….

ARTIKEL LENGKAP, silahkan download Majalah Audiopro di Gramedia Digital (klik DISINIatau beli langsung di toko buku Gramedia terdekat ya Apro Reader’s! Jangan lupa follow semua sosial media Majalah Audiopro untuk informasi tentang musik dan audio lainnya.

Artikel By : Arswendo Swissriano
Photo By : Arswendo Swissriano

Related Posts