• Jumat , 13 Desember 2019

CASTA ACOUSTIC LOUDSPEAKER KELAS BRAHMA

LOUDSPEAKER ADALAH PERANGKAT AUDIO YANG TERKAIT DALAM DUA UNIT FISIKA BERBEDA : ELEKTRONIK DAN AKUSTIK. DENGAN DEMIKIAN DALAM MERANCANG SEBUAH LOUDSPEAKER DIPERLUKAN BANTUAN PERHITUNGAN ELEKTRONIK DAN AKUSTIK.

Salah satu parameter loudspeaker yang terkait kedua unit fisika ini adalah kepekaan atau sensitivity. Loudspeaker mahal yang umum dipakai untuk perangkat audio kelas berat adalah berkepekaan antara 75 hingga 89 dB/w.m. Padahal banyak juga amplifier tabung kelas A yang berkualitas bagus namun daya keluarnya kecil (antara 3 hingga 10 Watts). Bila menggunakan loudspeaker kelas berat maka suaranya tidak “nendang”.

Amplifier tabung berdaya rendah dibutuhkan loudspeaker berpekaan tinggi antara 90 hingga 98 dB/w.m makanya sejoli Roberto Tittarelli dan Maura Scuderri berusaha membuat sistem loudspeaker yang berkepekaan tinggi dan berkualitas suara bagus.

Pilihan terpaut pada teknologi horn atau corong. Sebab corong itu mengarahkan suara dalam suatu gabungan berkas yang mengarah ke suatu target pendengar. Dengan bantuan corong maka ada “gain” berkas suara antara 6 dB hingga 9 dB.

Ada perbedaan persepsi antara corong untuk perangkat daya tinggi (audio pro) dan corong dengan daya rendah (audio high end).

ARTIKEL LENGKAP, silahkan download Majalah Audiopro di Gramedia Digital (klik DISINIatau beli langsung di toko buku Gramedia terdekat ya Apro Reader’s! Jangan lupa follow semua sosial media Majalah Audiopro untuk informasi tentang musik dan audio lainnya.

Artikel By : Tjandra Ghozalli
Photo By ; Tjandra Ghozalli

Related Posts