• Selasa , 20 Agustus 2019

LOUDSPEAKER TURBOSOUND IQ15

SELARAS DENGAN TREN MASA KINI, ORANG LEBIH MENYUKAI LOUDSPEAKER AKTIF YANG MUDAH PEMASANGAN DAN TRANSPORTNYA. MAKA TURBOSOUND IQ15 YANG KALI INI KAMI UJICOBA ADALAH LOUDSPEAKER AKTIF.

Turbosound dikenal sebagai produsen loudspeaker untuk keperluan studio, tapi kiprah Turbosound tidak terhenti hingga di studio, karena sejak beberapa tahun silam Turbosound telah memproduksi loudspeaker guna keperluan presentasi atau entertainmen publik.

Loudspeaker Turbosound datang dalam satu dus karton besar seberat 26 kilogram. Ukuran badan iQ15 sebesar 711 x 450 x 381 mm (LXBXH), lumayan tambun. Dari pandangan depan, kelihatan penampilan loudspeaker ini biasa saja, tetapi di panel belakangnya nampak lebih “meriah” dengan adanya peraga (display) dari Digital Signal Processor.

PENGUJIAN

Kami menguji penampilan loudspeaker Turbosound iQ15 dengan menggunakan alat bantu berupa Mixer Mackie 1642 VL24, Source : DVD Player Pioneer DV696AV, Mic : Shure SM-58, Kabel : Catu daya Chord Interkonek Monstercable.

Peralatan lab kami cukup sederhana namun mumpuni. Pada tingkat awal kami tak menggunakan equalizer baik pada loudspeaker maupun mixer. Pada posisi “flat” kami lakukan pengujian kualitas vokal dengan menggunakan microphone. Kami simak tonal vokal sedikit agak ringan namun yang hebat repro sibilans sangat airy dengan pengertian bunyi ess, exx, zzze tidak menusuk telinga dan terdengar wajar.

Perlu diketahui, loudspeaker ini dirancang untuk pemakaian dengan subwoofer sehingga infra bass dibatasi sampai 50 Hz, barangkali itu yang membuat repro vokal pria sedikit ringan. Repro vokal akan bertambah berat bila disetel eq pada posisi USER. Dari pabrik sudah diset up ekualiser untuk posisi Live, Speech, Playback dan User. Kami memilih posisi User sehingga bebas menata tonal sesuai ruang dan keinginan.

Untuk play back musik kami gunakan album CD “Domingo – Greatest Love Songs” dengan lagunya antara lain “Maria”. Dalam hal ini kami pasang EQ pada posisi “Play back”. Kami simak vokal Domingo direpro bagus sekali oleh Turbosound iQ15. Repro vokal lantang, berdinamika, detail vokal jelas, tersimak vibrasi vokal tenggorokan jelas.

ARTIKEL LENGKAP, silahkan download Majalah Audiopro Edisi 16 di Gramedia Digital (klik DISINIatau beli langsung di toko buku Gramedia terdekat ya Apro Reader’s! Jangan lupa follow semua sosial media Majalah Audiopro untuk informasi tentang musik dan audio lainnya.

Artikel By : Tim Apro
Photo By : Fajar Sutrisno

Related Posts