• Selasa , 20 Agustus 2019

GITAR AKUSTIK YAMAHA FGX830CG

FG SERIES ADALAH SALAH SATU LINEUP GITAR AKUSTIK YAMAHA YANG BERUSIA LEBIH DARI 50 TAHUN. SEJAK DIPERKENALKAN TAHUN 60AN, VARIAN GITAR INI MENJADI SALAH SATU GITAR AKUSTIK TERBAIK DENGAN HARGA TERJANGKAU. HINGGA SAAT INI, FG SERIES YANG BERFOKUS PADA PLAYABILITY SERTA TONE DENGAN KUALITAS PREMIUM INI DAPAT DI TERIMA PASAR.

Membawa beberapa upgrade dengan perubahan design bracing, neck block serta playbility yang lebih baik. Di tahun 2016 lalu Yamaha memperkenalkan new FG Series. Salah satunya adalah FGX830C yang memiliki sound lebih loud di frekuensi low-mid range.

KONSTRUKSI SERTA DESAIN

Gitar yang dibuat di China ini memiliki desain traditional si9ngle cutaway dengan body shape dreadnought yang memiliki bodu depth 100-118mm. Material utama pada bagian body atasnya menggunakan kayu solid spruce, sementara back and side menggunakan kayu rosewood. Konstruksi truss rod pada neck dengan dovetail joint di fret 14 yang menggunakan kayu nato serta rosewood untuk fingerboard melengkapi material gitar akustik elektrik ini.

PLAYABILITY

 

Gitar ini memiliki nut widht 43mm serta strinf spacing 10mm yang menawarkan playability lebih versatile untuk entry level maupun professional. Terasa nyaman ketika kami melakukan flatpicking maupun fingerpicking. Neck shape C yang berskala 25 9/16″ serta radius fingerboard sebesar 15/34″ pada 20 fretnya sangat mudak dijangkau dan steel senar bawaan pabriknya terasa soft dan nyaman.

SOUND

Pertama-tama Kami menghabiskan cukup banyak waktu memainkan gitar ini tanpa amplifikasi apapun. Tone dari gitar ini cukup balanced di semua senar sehingga pada saat strumming semua senar terdengar jelas dengan clarity yang sangat baik. Selanjutnya, Kami mencoba mendirect gitar ini menggunakan Mackie Freeplay Live yang merupakan sebuah portable PA system yang di setting flat. Saat melakukan strumming, Kami terkejut dengan hasil reproduksi outputnya….

ARTIKEL LENGKAP, silahkan download Majalah Audiopro Edisi 16 di Gramedia Digital (klik DISINIatau beli langsung di toko buku Gramedia terdekat ya Apro Reader’s! Jangan lupa follow semua sosial media Majalah Audiopro untuk informasi tentang musik dan audio lainnya,

Artikel By : Ressa S.M
Photo By : Fajar Sutrisno

Related Posts