• Kamis , 27 Juni 2019

PASANGAN SETIA MC INTOSH DAN SONUS FABER

AUDIO FAIR MANCANEGARA SERING MEMAMERKAN PASANGAN SETIA MC INTOSH DAN SONUS FABER. KEBETULAN KEDUANYA JUGA DIPEGANG SATU TANGAN PEMASARAN INTERNATIONAL FINE SOUNDS YANG TELAH MENGAKUISISI MC INTOSH LABORATORY.

Jadi jangan heran kalau di Jakarta, kedua merek tersebut juga acapkali sharing kamar hotel. Belum lama ini, keduanya juga sharing kamar dimana MC Intosh berupa power amplifier MC 275 bersama pre amp MC intosh C-2500 dan player MC Intosh MCD-350 dikawinkan dengan loudspeaker Sonus Faber Amati. Ini adalah komposisi legendaris yang paling cocok.

Power amplifier MC Intosh MC 275 berkekuatan sembur suara 2 x 75 Watts. Menggunakan tabung driver 4 x 12AT7 dan 3 x 12AX7A. Berakhir pada tabung power 4 x KT88 /6550. Power amp ini menggunakan tranformer keluaran dengan pilihan impedansi 4 Ohm, 8 Ohm dan 16 Ohm. Khusus loudspeaker Sonus Faber Amati yang berimpedansi 4 Ohm – dipasan ke keluaran 4 Ohm pula.

Akan halnya pre amplifier MC Intosh C2600 didukung dengan teknik DSD 64, DSD 128, dan DSD 256. Difasilitasi dengan 1 masukan analog, 3 masukan balance, 4 masukan unbalanced, 1 masukan Catridge MM dan 1 masukan Catridge MC.

 

Amati tak kalah hebatnya. Loudspeaker Sonus Faber Amati terbentuk dalam balutan finishing Italia (Lilium kabinet yang pengerjaannya halus) disertai x over 3.5 way dengan titik potong frekuensi 80 Hz, 250 Hz dan 2500 Hz. Digunakan 2 bua woofer. Yang satu dipakai sebagai subwoofer dengan titik potong frekuensi atas 80 Hz, satunya dipakai sebagai woofer dengan titik potong atas 250 Hz dan berlanjut dengan midrange dengan titik potong frekuensi bawah 250 Hz hingga titik potong frekuensi atas 2500 Hz dan berlanjut dengan tweeter mulai titik potong frekuensi bawah 2,5 kHz hingga titik potong frekuensi atas 35 kHz.

UJI DENGAR

Uji dengar kami lakukan setelah perangkat elektronik di hidupkan lebih dari 15 menit, sehingga warna suara stabil dan takkan berubah. Dari penerawangan kami dari uji dengar ini, kami berkesimpulan bahwa detail bass bagus. Bass Direpro beserta timbre nya sehingga memiliki karakter (jati diri).

Vokal juga direpro lantang namun terasa kurang karakter. Memang karakter reproduksi MC Intosh untuk spektrum middle umumnya lebih polos tidak memiliki ripple yang nyata seperti Audio Research misalnya.

ARTIKEL LENGKAP, silahkan download Majalah Audiopro Edisi 15 di Gramedia Digital (klik DISINIatau beli langsung di toko buku Gramedia terdekat ya Apro Reader’s! Jangan lupa follow semua sosial media Majalah Audiopro untuk informasi tentang musik dan audio lainnya.

Artikel By : Tjandra Ghozalli
Photo By : Tjandra Ghozalli

Related Posts