• Kamis , 27 Juni 2019

AMPLIFIER GITAR LOKAL DELTA DG200 HEAD AMP & CABINET DG412

DI ERA PERKEMBANGAN PASAR BEBAS SAAT INI, DIVERIFIKASI INDUSTRI ALAT MUSIK TANAH AIR TIDAK MELULU ITU-ITU SAJA. MELIHAT PASAR YANG MASIH SANGAT POTENSIALM TIDAK SEDIKIT PRODUSEN BERLOMBA MEMPERKENALKAN PRODUKNYA.

Termasuk Delta, belum lama ini mereka memperkenalkan beberapa lineup produknya untuk percussion, amplifier, dan prodio yang di produksi dan di distribusikan oleh Delta Musik. Salah satu flaghshipnya adalah amplifier gitar Delta DG200 yang masuk review Audiopro kali ini.

DESAIN DAN FITUR

Minimalis, satu kata yang dapat Kami katakan saat pertama melihat desain head Delta DG200 dan cabinet Delta DG412. Balutan tolex dan gril senda dengan panelnya yang berwarna hitam menambah kuat kesan minimalis dan elegan di amplifier ini.

Melihat panel depannya, terdapapt 1 buah input, 2 parameter LED, 2 switch, dan 10 buah knob putar chrome serta parameter berwarna putih yang secara visual memudahkan untuk control setiap parameternya. Sedangkan di panel belakangnya terdapat dual mono loudspeaker out dengan impedance 4 ohm, phones, efek loop, line out serta foot switch.

SOUND

Saat mencoba Delta DG200 head dan Delta DG412 cabinet, Kami menggunakan gitar Yamaha Pasifica 112J berkonfigurasi HSS yang sudah dimodifikasi baik pickup maupun hardwarenya. Pertama kami coba channel clean dengan mengatur posisi equalizer flat. Master volume Kami buka lebih besar dari volume channel. Pickup Fender American di neck merepro sound clean yang chime dan warm. Kemudian Kami buka delay di posisi jam 9. Clarity tonal decay pengulangan dari efek ini terdengar natural.

Selanjutnya Kami switch ke lead channel. Awalnya kami posisikan knob gain pada jam 3, namun karakter distrosi terlalu breakup. Akhirnya Kami, gain di setting pada posisi jam 11. Tapi equalizer Kami setting lebih mid-scoop ke arah jam 2. Cukup mengejutkan, amplifier ini dipadu pickup Seymour Duncan JB sh-4 di bridge gitar Kami merepro sound distrosi yang agresif.

ARTIKEL LENGKAP, silahkan download Majalah Audiopro Edisi 16 di Gramedia Digital (klik DISINIatau beli langsung di toko buku Gramedia terdekat ya Apro Reader’s! Jangan lupa follow juga semua sosial media Majalah Audiopro untuk informasi tentang musik dan audio lainnya.

Artikel By : Ressa S.M
Photo By : Fajar Sutrisno

Related Posts