• Kamis , 17 Oktober 2019

PRACTICAL RECORDING WORKSHOP

BERTEMPAT DI HOTEL LA GRANDEUR, RUANG KIRANA PADA TANGGAL 12 MARET SILAM DIGELAR WORKSHOP PRACTICAL RECORDING HORUS YANG DIBAWAKAN OLEH MAURICE DARI MERGING TECHNOLOGIES, SWISS.

Sebelumnya ada empat kata sambutan dari Conrad Lamuri – senior sound engineer, karya spektakularnya antara lain album kaset “Black Fantasy” sebagai album live recording pertama Indonesia yang menggunakan master digital. Juga dari David Chan, distributor Merging Asia Tenggara, Alex Tan, pemilik studio Starmount, Malaysia dan Chossy Pratama dari Promidi Indonesia – seorang composer lagu dengan ratusan karya musiknya.

Setelah itu Maurice membuka workshop tentang perangkat Horus dengan kapasitas lebih besar dan Hapi yang lebih kompak. Keduanya berupa interface untuk sistem koneksi Ravenna dan AES 67. Disamping itu dibahas pula mengenai Pyramix perangkat untuk studio virtual yang pas untuk Post & Mastering dalam merancang Sound dan Musik. Juga dibahas produk Ovation untuk keperluan siaran langsung / pagelaran hidup dari pemancar dan rekaman mobile. Semuanya produk Meging Technologies Swiss.

Salah satu keunggulan produk buatannya terletak pada karakter sound yang tak berubah baik dalam level suara rendah maupun tinggi. Seperti Horus/Hapi perangkat ini bisa beradaptasi dengan beragam sistem dan merek software pendukung.

Diuraikan pula tentang Merging berkolaborasi dengan Anubis – suatu sistem unik yang gampang dibuat ngegrup. Menciptakan STAM yang memudahkan menambah Metadata dalam media digital, contoh keping CD.

Dengan fasilitas Metadata yang membuat info tentang nama lagu, nama album, nama penyanyi, dan nama pencipta. Maka sangat memudahkan provider mendata tentang judul album, nama lagu, nama penyanyi dsb.

ARTIKEL LENGKAP, silahkan download Majalah Audiopro Edisi 15 di Gramedia Digital (klik DISINIatau beli langsung di toko buku Gramedia terdekat ya Apro Reader’s! Jangan lupa follow semua sosial media Majalah Audiopro untuk informasi tentang musik dan audio lainnya.

Artikel By : Tjandra Ghozalli
Photo By : Tjandra Ghozalli

Related Posts