• Kamis , 17 Oktober 2019

YAMAHA SESSIONCAKE SC-02 AMPLIFIER

DI ERA MILENIAL SEKARANG, TEKNOLOGI SEMAKIN MEMANJAKAN DAN MEMUDAHKAN MUSISI UNTUK BERKARYA. KARENANYA BANYAK BEREDAR DI PASARAN PERANGKAT YANG MEMBANTU MEMENUHI KEBUTUHAN TERSEBUT.

Tak ingin tertinggal, perusahaan asal Jepang yang erat dengan teknologi ini memperkenalkan sebuah mixing headphone amplifier yang multifungsi yaitu Sessioncake SC-02. Selain dapat digunakan sebagai portable mixer, personal amp ataupun headphone mixer, Yamaha juga membekali perangkat ini untuk di gunakan sebagai audio interface di mobile device.

DESAIN SERTA FITUR

Menggunakan material plastik, bentuknya yang boxy finishing warna biru terasa cukup solid saat kami memegangnya. Melihat control panelnya, di bagian atas terdapat control input, me, phones serta pan. Ada chain-out dan sebuah phones di sisi bagian kiri, sedangkan pada bagian kanannya terdapat input 1/4 trs serta input XLR, switch mute-direct serta aux in.

Yamaha membekali mixing headphone amplifier ini dengan dua buah channel input mono menggunakan 1/4 trs dimana input R mendukung Hi-Z untuk Hi-impedance serta sebuah XLR input dan duah chain yang dapat di gunakan untuk menggabungkan Session Cake hingga 8 buah.

TEST

Saat mencoba Session Cake 02, kami menggunakan gitar akustik Yamaha CSF1M dan dynamic mic Shure KSM8 serta headphone AKG K72 untuk monitoring. Adanya input XLR untuk dynamic mic memberikan fleksibilitas untuk berkreasi menggunakan Session Cake dengan perangkat mobile device. Untuk recorder devices, kami menggunakan Asus Zenfone Max Pro M2 berbasis Android serta DAW N-Track studio 9 pro.

Dengan simulasi penggunaan untuk mobile silent practice, pertama Kami coba signal routing dengan input R untuk gitar – input aux in – headphone. Kami menggunakan pemutar mp3 dari headphone ke aux-in. sisterm aux in disini adalah pass through, artiknya input volume control langsung melalui perangkat headphone. Ketika Kami rasa sudah cukup balance antara gain input dengan volume di handphone, saat backing track kami putar, clarity dari sound gitar tetap terdengar clean, headroom yang Kami dapatkan cukup maksimal sehingga backing track pun tetap terdengar baik di headphone.

ARTIKEL LENGKAP, silahkan download Majalah Audiopro Edisi 14 di Gramedia Digital (klik DISINIatau beli langsung di toko buku Gramedia terdekat ya Apro Reader’s! Jangan lupa follow juga semua sosial media Majalah Audiopro untuk informasi tentang musik dan audio lainnya.

Artikel By : Ressa S.M
Photo By : Istimewa

Related Posts