• Rabu , 24 April 2019

LOUDSPEAKER AKTIF 15″ MULTI APLIKASI

INDUSTRI PRO AUDIO DEWASA INI KIAN BERKEMBANG DENGAN SIGNIFIKAN. SELAIN BRANF-BRAND BESAR YANG SUDAH LEBIH DAHULU MENGUASAI PASAR PRO AUDIO DI INDONESIA, JUGA MENYUSUL SEJUMLAH BRAND YANG TURUT MERAMAIKAN PETA INDUSTRI PRO AUDIO, KHUSUSNYA PRODUK LOUDSPEAKER AKTIF.

Loudspeaker aktif menjadi pilihan favorit bagi penggunanya karena mudah dioperasikan/ diaktifkan, sangat praktis karena tidak membutuhkan power amplifier tambahan. Bahkan pengguna awam pun kini dapat mengoperasikan loudspeaker aktif dengan kualitas profesional.

Dalam edisi ini kami mengangkat loudspeaker aktif yang sudah di-review oleh Tim Apro yang kita manfaatkan untuk berbagai aplikasi profesional. Loudspeaker aktif ukuran 15 inchi paling ideal dimanfaatkan untuk pemakaian profesional, baik live sound, studio, dan instalasi tetap pada jenis ruang sedang hingga besar.

Loudsoeaker aktif 15 inchi juga ideal dimanfaatkan sebagai speaker utama (FOH) untuk kebutuhan panggung pada venue sedang, seperti band akustik, wedding, solo organ dan sebagainya. Loudspeaker aktif 15 inchi juga ideal digunakan pada pemasangan sistem audio instalasi tetap, diantaranya restaurant, ball room, atau rumah ibadah (delayed speaker), karoke, atau club. Setiap brand Loudspeaker aktif memiliki desain berbeda dan khas. Begitu pula fitur yang disiapkan setiap brand juga berbeda-beda. Berikut sejumlah loudspeaker yang sudah ada di pasar pro audio di Indonesia :

  1. Alto TS215A

Alto TS215A memiliki desain cantik dapat kita manfaatkan sebagai loudspeaker monitor (live sound, DJ, studio latihan) atau speaker utama (studio latihan, mobile DJ, club, resto, kafe, gym). TS215A dilengkapi dengan mixer 2 channel yang dilengkapi denga dua buah konektor input kombo (jack 1/4 , XLR) dan satu konektor line outpur XLR (balanced).
Katakter TS215A bisa dikatakan sebagai speaker standar pro dengan level suara yang powerfull (cukup kencang) pada posisi knob input di jam 10 dan Alto TS215A bisa mempertahankan kualitas detail suara dengan baik. Tonal balance juga cukup bagus, frekuensi rendah hingga tinggi terbilang seimbang. Kami mendapati tidak ada frekuensi yang berlebih, khususnya daerah frekuensi tengah dan tinggi cukup berenerji namun masih nyaman didengar.

  1. Baretone 3H1515BWR

Baretone seri BT-3H1515BWR terdiri dari 1 tweeter (25 mm) dan 1 woofer 15 inchi ditutup dengan cabinet yang kokoh serta grill metal pelindung woofer. Loudspeaker portable ini sangat mudah dibawa ke berbagai tempat dengan bobot ringan. Seri BT-3H1515BWR juga menyertakan 2 unit mikrofon nirkabel.
Performa bidang frekuensi rendah cukup bersahabat bagi telinga Indonesia. Begitu pula area frekuensi menengah yang tegas dan membuat kenyamanan reproduksi sound vokal selera telinga kita. Pada area frekuensi mid-high cukup jernih dan smooth. Pada saat uji coba, kami mengatuh knob treble dan bass pada posisi jam 3. Dalam posisi ini, reproduksi suara secara menyeluruh menjadi lebih open dan enerji yang disumbangkan dari frekuensi rendah cukup solid.

 

ARTIKEL LENGKAP, silahkan download Majalah Audiopro di Gramedia Digital (KLIK DISINI) atau beli langsung di toko buku Gramedia terdekat ya Apro Reader’s! Jangan lupa follow semua sosial media Majalah Audiopro untuk informasi tentang audio dan musik lainnya.

Artikel By : Fajar Arianto
Photo By : Fajar Sutrisno

Related Posts