• Selasa , 18 Juni 2019

LAUNCHING PYRAMIX / HORUS

CHOSSY PRATAMA SEORANG COMPOSER, ARANGER, PRODUCER, KONTRAKTOR AUDIO, SEKALIGUS SEORANG PAKAR AUDIO DIGITAL. SULIT MENEMUI TOKOH YANG SERBA BISA SEPERTI CHOSSY.

Bulan silam, Chossy mengundang penulis dalam rangka mengenalkan produk Pyramix / Horus – produk dari Merging Technologies. Sebetulnya Pyramix / Horus bukan nama baru, sebab Meging Technologies sudah merilisnya di tahun 2012. Pyramix tidak lain dari digital audio wokstation yang dipergunakan dalam dunia recording.

 

Keunggulan dari Pyramix sendiri antara lain :

  1. Repro suara sangat analog
  2. Penampilan work flow memudahkan perngoprasian
  3. Latency rendah
  4. Kompatibel dengan Ravena artinya bisa digunakan beragam platform

 

CHOSSY PRATAMA :

“KOMBINASI PYRAMIX DAN HORUS… THE BEST ANALOG SOUNDING DIGITAL WORKSTATION”

 

Chossy sendiri kasmaran dengan Pyramix / Horus karena hanya membutuhkan satu sound card untuk menangani sistem edit atau aransemen lagu secara bersamaan di beberapa ruang yang berbeda. Software Pyramix adalah teknologi algoritma terbaik yang menghasilkan warna suara sangat mendekati analog. Cara kerjanya juga bagus, mudah menyelipkan meta data di sound card yang dipakai.

 

ANTARA MAC DAN PC

Perbedaan kualitas suara Pyramix dengan sound card produk lain, ibarat perbedaan kualitas Mac dan PC. Komputer Apple Macintoish memakai format AIFF – Audio Interchange File Format menggunakan streaming 24 Bit unsign. Sedangkan Komputer PC memakai format WAV (Waveform Audio File Format) penemuan Microsoft dan IBM menggunakan 24 Bit sign yang beresolusi setara 23 Bit unsign. Perbedaan ini menyebabkan kualitas audio AIFF lebih bagus dari WAV. Karena WAV menggunakan block setiap 2 GB sedangkan AIFF menggunakan Block setiap 4 GB.

 

Chossy mengunakan Pyramix / Horus untuk ruang mixing, aransemen dan monitor. cukup memakai satu sound card Pyramix. Semua terhubung via LAN (Lpcal Area Network) Chossy mendemokan pemakaian komputer secara bersamaan untuk aransemen lagu, mixing dan monitoring di tiga ruang berbeda tanpa ada latency.

 

 

ARTIKEL LENGKAP, silahkan download Majalah Audiopro Edisi 13 (DISINIatau beli langsung di toko buku Gramedia terdekat ya Apro Reader’s! Janggan lupa follow semua sosial media Majalah Audiopro untuk informasi tentang musik dan audio lainnya.

 

Artikel By : Tjandra Ghozalli
Photo By : Tjandra Ghozalli

Related Posts