• Selasa , 18 Juni 2019

ANDRI YUSUF GUITAR/BASS TECHNICIAN

JASA SERVICE ALAT MUSIK KHUSUSNYA GITAR DAN BASS AKUSTIK MAUPUN ELEKTRIK TERASA SEMAKIN DIBUTUHKAN SAAT INI. BERTAMBAHNYA JUMLAH MUSISI PROFESIONAL DAN ORANG AWAM YANG MENEKUNI MUSIK SEBAGAI HOBI MENJADI SALAH SATU ALASAN DIBUTUHKANNYA JASA SERVICE ALAT MUSIK ATAU DISEBUT JUGA TECHNICIAN/TEKNISI.

Sebagai pemain musik khususnya yang professional tentunya membutuhkan insttrumen yang siap tempur dipakai dalam pekerjaan mereka. Tidak jarang instrumen yang akan dipakai terkendala seperti gangguan elektronik, perubahan ketegangan neck, fret yang aus, pickup yang bermasalah, dan lainnya sehingga menganggu kenyamanan bermain/bekerja. Sedikit sekali musisi yang memahami seluk beluk masalah teknis instrumen, sehingga sangat dibutuhkanlah seorang teknisi yang menangani kasus terknis instrument seperti diatas.

BERAWAL DARI MUSISI

Andri Yusuf atau yang lebih dikenal dengan sebutan “Andri Bassboi” mengawali karier musiknya sebagai musisi professional dan instruktur bass di beberapa kursus musik sejak tahun 2006. Selain memainkan bass, Andri juga mulai tertarik menangani permasalahan teknis yang kerap dialaminya, terutama sejak ia harus kehilangan teknisi bass langganannya pada tahun 2015 silam, sehingga mau tidak mau dia mencoba memperbaiki kerusakan dan setting pada instrumen bassnya sendiri. Mulai dari situlah Andri mulai belajar sendiri tentang bidang teknisi bass dan gitar yang diperolehnya dari beragam sumber seperti internet khususnya Youtube.

Sedikit demi sedikit setelah bermacam tools yang dimilikinya lengkap dan dia sudah merasa yakin dengan ilmu yang dipelajarinya, mulailah Andri secara resmi mengumumkan profesi barunya sebagai teknisi bass/gitar dengan menjalankan workshop bernama Bassboi’s Garage pada tahun 2016.

BASSBOI’S GARAGE

Workshop Bassboi’s Garage pertama kali dilaksanakan di daerah Depok, di sudut ruangan untuk menempatkan meja dan menggantung beragam peralatan service miliknya. Tidak lama kemudian Andri memindahkan workshopnya ke daerah Ciganjur Jagaskara sampai sekarang, dengan pertimbangan lebih strategis dan tidak terlalu jauh dari Jakarta.

Berangkat dari pertemenannya yang banyak dengan musisi, keberadaan Bassboi’s Garage semakin dikenal luas terutama karena Andri sangat gencar memanfaatkan media sosial Instagram sebagai sarana marketingnya. Setiap pekerjaan yang ia lakukan yang berhubungan dengan jasa service bass/gitar pasti tidak pernah dilewatkan untuk diposting di media sosialnya.

SPESIFIKASI JASA

Andri membagi jasanya berdasarkan kasus yang dialami pelanggannya, yaitu : Set Up (Setting Neck, Setting Bridge, Intonasi, Action, Pasang Senar, Tuning), Refret (Levelling, perbaikan dan pemasangan Fret baru), elektronik (kerusakan Wiring pada Pick Up, penggantian, Pick Up, Potenzio keropos), dan Woodworking ringan (Body lecet, sambungan Neck lepas, Neck patah, Fretboard lepas, peubahan Radius Neck). Setiap kasus memiliki taraf yang berbeda, mulai dari ringan sampai berat, ini yang menentukan seberapa lama waktu penanganannya.

ARTIKEL LENGKAP, silahkan download Majalah Audiopro Edisi 14 (DISINI) atau beli langsung di toko buku Gramedia terdekat ya Apro Reader’s! Jangan lupa follow semua sosial media Majalah Audiopro untuk informasi tentang musik dan audio lainnya.

Artikel By : Alex Kuple
Photo By : Fajar Sutrisno

Related Posts