• Kamis , 27 Juni 2019

NEW YEARS CONCERT 2019 BEETHOVEN NIGHT

BERTEMPAT DI AULA SIMFONIA JAKARTA PADA TANGGAL 12 JANUARI 2019 DIGELAR KONSER MUSIK KARYA BEETHOVEN.

Sederet nomor simfoni terkenal seperti Symphony No.2, Symphony No.3, Piano Concerto No.4 dimainkan pada malam itu. Kevin Suherman bertindak sebagai pianis dan Dr. Stephen Tong sebagai konduktor yang menata Jakarta Simfonia Orchestra. Kevin Suherman memulai debut sebagai pianis di usia 10 tahun ketika ia berhasil meraih rekor MURI atas pertunjukan selama 3 jam nonstop memainkan 50 lagu Klasik, Pop dan Jazz. Sementara Dr. Stephen Tong merupakan seorang pendeta yang multitalenta. Ia yang membangun Aula Simfonia Jakarta mulai dari draft.

 

Aula Simfonia Jakarta dirancang agar kekuatan suara dan tonal balance merata diseluruh ruang tanpa menggunakan perangkat penguat elektronik. Seluruhnya mengandalkan acoustic gian alias penguatan akustik semata.

PERANGKAT RECORDING

Satu satunya bagian elektronik adalah perangkat recording. Setiap pertunjukan musik yang digelar di Aula Simfonia Jakarta akan direkam dalam format CD dan DVD baik untuk file maupun untuk dijual. Berikut ini uraian Leo Tanzil tetang flow recording. Bermula dari sejumlah susunan mic yang terpasang di panggung pagelaran. Terdiri dari mic Sennheisser MHK 800 dan MHK 8000. Mic mic ini terhubung melalui kabel Furukawa yang dipesan dengan spec khusus bagi Aula Simfonia Jakarta. Semua dalam format analog masuk ke mixer ADC Grace 802 (8 kanal) sebanyak 4 unit (total 32 kanal).

 

Keluaran Grace 802 berupa data digital, diteruskan ke mixer Studer 16 kanal sebanyak 2 unit. Keluaran mixer Studer (2 kanal) diteruskan ke recorder Sound Device 744T sebagai rekaman back up rekaman back up 2 kanal. Keluaran Grace 802 lain melalui link AES/EBU diberikan ke recorder Jaeco hardisk 24 kanal (untuk backup)

ARTIKEL LENGKAP, silahkan download Majalah Audiopro Edisi 14 (DISINI) atau beli langsung di toko buku Gramedia terdekat ya Apro Reader’s! jangan lupa follow semua akun social media Majalah Audiopro untuk informasi musik dan audio lainnya.

Artikel By : Tjandra Ghozalli
Photo By : Fajar Sutrisno

Related Posts