• Kamis , 18 Juli 2019

FAJAR SATRITAMA WARNA SOUND GOD BLESS & EDANE

FAJAR SATRITAMA SALAH SEORANG DRUMMER YANG DIBILANG SANGAT SUKSES DALAM DUNIA DRUMMING. DRUMMER INI JUGA MENYANDANG SEBAGAI DRUMMER TETAP BAND ROCK STRATA ATAS GOD BLESS SEJAK TAHUN 2012 DAN EDANE YANG LEBIH MENDAHULUI KARIERNYA.

Kedua nama besar ini adalah supergrup memiliki gaya dan sound yang berbeda. Edane lebih kental dengan musik Metal yang padat, sedangkan God Bless mengusung genre progresif rock yang berdinamika dan tentu gaya dan bentukan sound drum berbeda pula.

Sejak bergabung dengan God Bless tahun 2012, Fajar mengisi track drum dalam album Cermin 7 (tahun 2016) distudio rekaman pribadi Ian Antono di Cibubur, Jakarta Timur. “Kami banyak melakukan workshop bareng temen-temen (God Bless) sebelum melakukan rekaman. Butuh proses untuk menyesuaikan dengan warna God Bless dalam genre Progressive Rock” kenang Fajar ketika ditemui tim Audiopro di EC3 Studio milik Fajar Satritama di bilangan Kampung Ambon, Jakarta Timur.

 

BASS DRUM ROCK

Fajar memiliki sound dan setup drum berbeda antara Edane dan God Bless. Selain gaya permainan drum, ia juga membentuk sound yang jelas berbeda. “Sebenarnya antara Edane dan God Bless sama-sama membutuhkan material kayu drum Birch atau Bubinga. Karena keduanya basic rock. Kalau Edane karena genre musik cenderung ke metal yang distrosi gitarnya lebih tebal butuh karakter sound kick drum yang tidak terlalu boomy (lebar). Beberapa tahun belakangan, Edane lebih kental sound metal maka butuh karakter sound kick (22 inch) dengan EQ-ing high frequency nya lebih dominan” jelas Fajar.

Setting drum God Bless menggunakan konfigurasi sedikit berbeda dengan Edane, meskipun menggunakan seri drum yang sama. “Saya menggunakan kick 24 inch atau 26 inch tanpa trigger drum. Pembagian frequency (mixing) antara sound drum dengan distrosi gitar (Ian Antono) yang bisa didengar oleh sound engineer bisa didengar oleh sound kick relatif susah” ujar Fajar yang menuruti kebutuhan mixing bagi sound engineer untuk musik God Bless selama live performance dan rekaman.

Artikel By : Fajar Arianto
Photo By : Fajar Sutrisno

ARTIKEL LENGKAP, silahkan download Majalah Audiopro edisi 14 (DISINI) atau beli langsung di toko buku Gramedia terdekat ya Apro Reader’s! Jangan lupa follow semua akun social media Majalah Audiopro agar Apro Reader’s tetap up to date untuk informasi music dan audio lainnya.

Related Posts