• Rabu , 24 April 2019

KORG GRANDSTAGE STAGE PIANO

GRANDSTAGE ADALAH PIANO DIGITAL TERBARU KELUARAN KORG MENYUSUL SERI SV1 YANG SUKSES DI INDONESIA.

Korg Grandstage disertai koleksi sound piano profesional terbaru dengan desain perpaduan moderen-klasik yang sedap dipandang. Seri flagship Grandstage diperuntukan dalam aplikasi profesional, panggung band, studio band dan studio rekaman.

Seluruh kontrol instrumen terhampar di panel atas Grandstage, mulai dari kontrol pitch bend, EQ 3band, tombol favorit, knob Ensemble, knob keryboard, knob edit, knob efek, hingga knob volume yang seluruhnya tentu mudah dioperasikan.

Menariknya, knob ensemble, knob keyboard, dan knob edit dikelilingi dengan backlit (dial LED) yang berfungsi untuk menginformasikan nilai parameter, sangat bermanfaat ketika di ruangan gelap. Kami juga menyukai dua layar display dengan tampilan teks yang terang dan tajam menampilkan nama sound dan parameter.

SGX-2 PIANO MASIF

Korg Grandstage diperkuat dengan sound engine SGX-2 dengan konten koleksi sound piano akustik papan atas dunia. Secara keseluruhan sound piano akustik memiliki karakter yang mewah dan musikal. Dalam uji coba, kami dijamu dengan koleksi sound piano akustik yang kaya dan natural. Engine SGX-2 menyiapkan sound sampling stereo dengan 12 level velocity. Jadi, kami memainkan piano akustik yang sama dan presisi dengan piano sesungguhnya. Sangat istimewa Grandstage 88 keys dengan bobot 20 kilogram, memiliki koleksi sound piano akustik (grand dan upright) bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan produksi musik (rekaman), panggung  dan studio band.

Dalam uji coba, kemewahan invidual sound piano dapat kami rasakan ketika kami rekam dan simak dari sistem monitor studio dan PA system (full range speaker plus subwoofer). seluruh sound grand dan upright Piano disajikan dengan rapih, jernih, dan kontemporer.

PIANO ELEKTRIK

Dari Grandstage juga menyuguhi sound piano elektrik menggunakan engine EP-1. Kami disuguhi koleksi piano elektrik Rhodes yang warm, tebal, dan mekanikal. Lagi-lagi sampling velocity yang akurat membuat sound piano elektrik Rhodes Mark I, II, dan V sangat nyata dan menyenangkan yang bisa dimanfaatkan dalam genre pop dan jazz.

Beberapa koleksi lain dari engine EP-1 Selain Rhodes, terdapat pula FM Piano, Clavinet, Pianet, dan Wurlitzer yang sangat dinamis dan hidup. Perlu dicermati, kami sangat leluasa memanfaatkan fasilitas efek yang disiapkan Grandstage. Misalnya ketika kami memilih sound Timo (Rhodes) MK I dan menambah efek chorus cukup menekan tombol SW2 atau efek tremolo dengan menekan SW1. Mudah dan memperoleh sound Rhodes eksklusif.

ORGAN

Nah! Grandstage masih memiliki sound engine lainnya, yaitu CX3, Vox dan Compact. Luar biasa total koleksi sound preset yang sudah disiapkan Korg cukup besar dan ingat multisample. Kami mendapati koleksi Hammond B3 yang kaya harmonik, khas, dan kalsik meskipun tidak disertakan drawbar namun kami bisa memanfaatkan efek perkusif dan tremolo dari tombol SW1 dan SW2. Sangat ideal digunakan untuk kebutuhan band maupun rekaman, Grandstage memberikan pilihan koleksi sound organ yang natural dan komplit.

ARTIKEL LENGKAPNYA, silahkan download Majalah Audiopro Edisi 13 (DISINIatau beli langsung di toko buku Gramedia terdekat ya Apro Reader’s! Jangan lupa, follow semua sosial media Majalah Audiopro agar Apro Reader’s tetap up to date untuk informasi musik dan audio lainnya.

Artikel by : Fajar Arianto
Photo By : Fajar Sutrisno

Related Posts