• Rabu , 24 April 2019

BOSS WAZA CRAFT BLUES DRIVER BD-2W

LINI PRODUK BESUTAN BOSS TIDAKLAH DI RAGUKAN LAGI. PABRIKAN YANG DI KENAL DENGAN EFEK STOMBOX MAUPUN MULTIEFEKNYA INI SANGATLAH FAMILIAR BAGI PARA GITARIS. NAMUN APAKAH ANDA TAHU, SEJAK 2014 LALU BOSS MEMPERKENALKAN VARIAN EFEKNYA YANG DI BERI LABEL “WAZA CRAFT” ?

Waza merupakan bahasa Jepang yang berarti ‘art dan technique’. Hal tersebut di aplikasikan Boss ke beberapa range produk premiumnya dengan beberapa update hardware serta pengerjaan yang lebih mendetail. Seperti Boss Blues Driver BD-2W, dengan membawa nama Waza Craft stompbox ini mendapatkan beberapa update dari Blues Driver BD-2 baik itu dari hardware, desain serta fitur.

DESAIN SERTA FITUR

Untuk urusan desain, Boss mempertahankan dimensi dan warna menyerupai produk originalnya. Pada case material metalnya di finishing warna biru dengan control tulisan berwarna kuning. Selain itu, terdapat logo Waza Craft di bagian pedal switchnya. Desain tersebut seakan menjadi salah satu ciri pedal ini.

Untuk mengoptimalkan pedal ini, Boss menggunakan tiga knob control yaitu level, tone, gain. Untuk tone shapping, pedal dengan true bypass switch ini dilengkapi dengan 2 mode yang dapat di rubah. Yang pertama yaitu standard mode untuk mendapatkan sound original dari Blues Driver BD-2. Sedangkan yang kedua adalah custom mode untuk mentweak tone agar mendapatkan karakter yang berbeda dengan lebih banyak sustain serta body.

SOUND

Ketika mencoba stompbox ini, Kami memakai gitar Squier Telecaster Classic Vibe ’50s. Untuk amplifikasi Kami menggunakan Laney GHR 30. Kami langsung masukkan kabel ke input pedal, kemudian output pedal ke input ampli dengan semua setting flat. Pertama, Kami set channel clean di amplifier, dengan pedal pada mode standard, knob level dan tone di arah jam 12 serta gain di buka sedikit di arah jam 7. Dengan setting tersebut, pedal ini dapat di jadikan simple massiv bosst untuk menaikkan volume, namun dengan mid yang lebih sedikit menonjol.

Selanjutnya Kami naikkan level ke arah jam 2, gain dan tone ke arah jam 9 dengan mode custom. Lalu Gitar Kami switch ke neck pickup. Terdengar sound bluesy yang woody dan warm saat Kami mainkan Ballad of John Henrynya Joe Bonamassa. Memang dengan mode custom, karakter drive direpro lebih modern dan warm, Kami rasa Inilah setting paling favorite. Terakhir Kami coba turunkan level ke arah jam 12, sebaliknya, tone serta gain Kami naikkan ke arah jam 2. Pada posisi ini, karakter medium gain overdrive sudah mulai terdengar di standard mode. Ketika Kami switch ke custom mode, terdengar midrange yang naik cukup signifikan di setting ini saat Kami memainkan I Got Minenya The Black Keys.

OVERALL

Tampaknya varian stompbox “Waza Craft” benar-benar di kerjakan serius oleh Boss di pedal ini. Mulai dari analog circuit, highend komponen yang digunakan sampai finishingnya benar-benar terlihat di pedal ini. Menurut Kami, perbedaan yang cukup signifikan dengan Boss BD-2 adalah reproduksi tone yang di hasilkan. Perpaduan antara tone drive modern yang agresif di custom mode dengan classic blues drive di standard mode membuat pedal ini lebih versatility. Jika Anda adalah penggemar classic blues drive yang menginginkan pedal drive yang lebih fleksibel dengan sound yang mumpuni, maka Boss BD-2W patut di pertimbangkan.*Ressa Sm.

Related Posts