• Selasa , 19 Februari 2019

YAMAHA MODX SYNTHESIZER

YAMAHA MODX SERIES, KEYBOARD WORKSTATION MEMBERIKAN IMPRESI KUAT SEBAGAI SYNTHESIZER MODEREN DISERTAI PERFORMA SOUND DAN ENGINE SYNTH TERKINI YANG MUDAH DIOPERASIKAN.

Yamaha meluncurkan synthesizer/workstation terbaru seri MODX ” diperkuat dengan teknologi engine synth yang sama dengan seri flagship synthesizer/workstation Montage.  MODX diperkuat dengan engine synth AWM2 (Yamaha sample playback) 128 voice dan tentu saja FM X engine 64 voice polyphony yang diadopsi dari Montage. MODX memberikan fitur profesional syntheengine dengan kisaran harga dibawah Montage.

Synthesizer ini memiliki performa sound yang cukup luas, terlebih selain dimanfaatkan untuk kebutuhan band, MODX series sangat mendukung kebutuhan produksi musik seperti aplikasi aransemen musik (album, music scoring, jingle, dan sebagainya). Kualitas suara dari engine AWM2 dengan kapasitas 5,67 gigabyte koleksi sound sampling yang sangat detail.

AWM2 sebagai tone generator awal sangat leluasa diolah dari parameter synthesizer MODX menjadi ribuan jenis sound baru moderen hingga vintage. Tak ayal, kami mendapati beragam koleksi sound dari AWM2 engine begitu musikal, powerfull, dan akurat. Beberapa contoh, sebut saja sound string section atau instrumen gesek tunggal  (viola, violin, cello, dan contra bass) yang memiliki beragam sampling yang detail dan organik.

Tentu saja sound favorit piano akustik dan elektrik yang memiliki beragam koleksi sound yang presisi. Kami mendapati sejumlah piano akustik (grand piano, upright piano, baby grand, maupun concert grand) dengan karakter warm dan identik. Kebutuhan sound instrumen akustik yang diadopsi MODX sangat istimewa dan konseptual untuk aplikasi aransemen musik.

AWM2 ENGINE

Jika digali lebih dalam AWM2 (Advanced Wave Memory 2) synth engine, dalam satu patch performance terdiri dari 8 part. Sedangkan 1 part dibangun lagi dari 8 element (oscilator) sebagai tone dasar. Artinya, kita dapat membuat sebuah part (sound) yang dibangun dari 8 Element (Oscilator), dari delapan element ini bisa kita gabung (layer), split, maupun velocity. Setiap element sudah disertakan paramater yang komplit, di antaranya filter, PEQ, Envelope (amplitudo, pitch), LFO, efek, dan sebagainya. Sarana parameter synthesizer memenuhi standar profesional.

Anda dapat membentuk sound yang cukup kompleks yang dibangun dari delapan element ini menjadi satu Part. Sedangkan MODX menyiapkan 16 Part yang dapat Anda Layer atau split. Ya! workstation yang cukup komplit. Bagi Anda yang menyukai menrancang sound synthesizer yang unik dan moderen, MODX bisa menjawab kebutuhan ini.  Yamaha MODX syarat dengan konsep teknikal sama seperti synthesizer profesional lini atas lainnya.

Namun, teknologi yang disuguhkan synthesizer ini  tidak akan menyulitkan Anda sebagai aranjer, produser, maupun session player. Toh, sound koleksi sound presetnya juga sudah tergolong lengkap yang diiringi kualitas sound yang tebal. Sebut saja, Anda hanya melakukan sentuhan  dengan memanfaatkan knob kontrol (cut off filter, ressonance, envelope, efek, dan lainnya) yang sudah disiapkan MODX hingga mendapatkan sound segar dan kontemporer sesuai kebetuhan anda.

FM SYNTHESIS

Yamaha MODX juga disertai FM X synth engine yang diadopsi dari generasi synthesizer legendaris Yamaha DX 7. Hanya saja, FM X synth enginer milik MODX lebih luas didasari dari 8 operator dan 88 algorithm. Dari satu engine FM X synth, kami bisa membentuk beragam sound synth, terlebih lagi jika digabung dengan AWM2 synth engine maka Anda sangat leluasa mendesain sound yang sangat kaya. Penggabungan teknik sample playback dan FM synthesis sangat powerfull. Info lanjut mengenai, Super Knob dan Spesifikasi baca selengkapnya ya di Majalah Audiopro edisi 12 2018. *Fajar Arianto.

Download Majalah Audiopro disini atau beli langsung di TB Gramedia Indonesia untuk baca selengkapnya ya.

Related Posts