• Selasa , 20 Agustus 2019

FAJAR ADI NUGROHO TAMATAN PASCA SARJANA MENJADI MUSISI SEJATI

NAMANYA SUDAH TAK ASING BAGI PENGGEMAR MUSIK JAZZ DI TANAH AIR. BASSIST GUGUN BLUES SHELTER INI SUDAH MENGANTONGI PENGALAMAN KOLABORASI BERSAMA MUSISI JAZZ SENIOR, SEPERTI INDRO HARDJODIKORO, GLENN, TOMPI, INDRA LESMANA, FARIZ RM, ERWIN GUTAWA SEBAGAI SESSION PLAYER, REKAMAN HINGGA MUSIC DIRECTOR.

 

Fajar Adi Nugroho, lulusan S2 Marketing Management, lebih tertarik berprofesi di sebuah perusahaan IT dilakoninya tidak lama. Fajar malah menekuni karier di bidang musik. Rintisan karier bermusik oleh musisi yang akrab disapa Fajar, di mulai sejak duduk di sekolah menengah pertama di Bandung.

Saat masih duduk di bangku SMA, Fajar sudah mengikuti kursus musik, di antaranya Purwacaraka, Farabi, dan Elfa Music School. Bakat bermusiknya terus digali hingga ia memposisikan sebagai pemain bass. Beberapa tahun kemudian seraya melanjutkan kuliah S1 dan S2, Fajar berguru dengan musisi jazz senior Indro Hardjodikoro secara pribadi. Teknik bermain bass diturunkan dari Indro, kemudian diteruskan ditekuni secara mandiri.

Kuliah juga masih diteruskan ke tingkat Strata 2 (S2), toh Fajar terus mengembangkan bakatnya sebagai bassist dan bergabung dengan The Fingers, band bergenre Jazz yang dibentuk oleh Indro Hardjodikoro dengan anggotanya Echa Soemantri, Demas, dan Andy Gomez bahkan sempat tur di Rusia, Bulgaria, Rumania, Serbia, Malaysia, Singapura, hingga Amerika Timur. Profesi sebagai musisi pun terus mengalir sehingga sering berkolaburasi dengan musisi senior, di antaranya Indra Lesmana, Glenn, Tompi, Fari RM, hingga kolaburasinya pernah dilakoni bareng musisi manca negara (Gino Banks, Jeremy Tordjman, Oran Etkins, dan james morison).

Rintisan karier bermusik tidak saja sebatas pengalaman tinggi beraksi di atas panggung saja. Menariknya, Fajar menunjukkan eksistensi sebagai bassist hingga kini sudah meluncurkan dua album solo dan satu single, yaitu Welcome to Fairyland (2012), Quartet (2018), dan single Espirito (2018).

Usai mengenyam pendidikan strata dua, Fajar sudah mengantongi pengalaman bermain jazz dengan musisi jazz di sejumlah event internasional dan nasional, Fajar juga sempat diundang tampil bersama Erwin Gutawa Orchestra. Dari sejumlah gig, Fajar yang memiliki tekad menjadi musisi profesional pun terwujud berkat prosesnya banyak bermain di sejumlah venue.

Download Majalah Audiopro disini atau beli langsung di TB Gramedia Indonesia untuk baca selengkapnya ya.

Related Posts