• Kamis , 24 Januari 2019

SUARA DAN PERANGKAT AUDIO MASA LALU, MASA KINI DAN MASA DATANG.

Pada tanggal 3 Nopember silam bertempat di de Sound Melawai digelar seminar yang membahas perjalanan dunia audio Indonesia yang dibawakan oleh Bing Widjaja dan Arswendo Swissrianto. Seminar ini hasil kerja bareng antara RAI- Rumah Audio Indonesia dengan deSound.

 

Kata pembuka dibawakan oleh Gatot Susetyo dilanjutkan dengan kata sambutan oleh Albert mewakili de Sound .
Bing Widjaja menceritakan pengalamannya ketika bekerja di Karossa, toko audio high end beken tempo doeloe di Harco Glodok yang dikomandoi oleh Lukman yang tak lain dari kakak ipar Bing. Bermula dari Mc Intosh sebagai amplifier tertua yang dikenal Bing bergulir ke amplifier Audio Research, Cavler, Sumo, dan Robertson Audio, Begitupun dengan speaker bermula dari JBL yang terus bergulir ke Infinity, Acoustat dan banyak lagi.

Acara berlanjut dengan pembicara Arswendi yang mewakili generasi penerus yang disebut milenial tidak lagi tergantung pada media fisik (CD, kaset) tetapi juga non fisik seperti Spotivy dan Tidal. Acara bersambung dengan tanya jawab. Sekitar 20 an audiophile mengunjungi seminar ini dengan antgusias mengajukan pertanyaan kepada nara sumber. Tentu saja ada acara makan siang dan demo produk audio Indonesia antara lain demo speaker Gen X karya Daud Pranoto dan speaker Srikandi karya Vidi Purwoko. Acara ini bagus untuk meluaskan pengetahuan para audiophile terutama tentang sejarah dunia audio di Indonesia. *Tjandra Ghozalli.

Related Posts