• Jumat , 24 Mei 2019

UNO SYNTH SYNTHESIZER ANALOG MODERN KELUARAN IK MULTIMEDIA

IK MULTIMEDIA SELALU MENYUGGUHKAN PERANGKAT ELEKTRONIK MODEREN YANG INOVATIF. KALI INI IK MULTIMEDIA MELUNCURKAN SYNTHESIZER MONOPHONIC ANALOG UNO SYNTH BAGI MUSISI MODEREN.

Synthesizer Uno Synth memiliki bentuk yang kompak namun memiliki sound analog yang masiv didrive dari 2 Oscilator analog (VCO) dengan waveform tradisional Saw, Square, Triangle, Sine, Random, dan Sample & Hold. Anda dapat memilih waveform dengan cara morphing, akan terasa perubahan timbre dasar dari waveform satu ke waveform lainnya dengan spectrum yang lebar.  Karakter waveform analog ini cukup hangat dan tebal untuk sebuah synthesizer desktop jaman now.

Kedua VCO dapat dimodulasikan ke parameter 2 Pole filter (12 dB/oct) dan 2 Envelope Generator (Filter dan amplifier) untuk membentuk sebuah sound synth yang unik dan tebal. Fasilitas filter sangat impresif, kami bisa mendapatkan tone dasar dengan cepat dan memiliki sound yang dinamis, ideal untuk genre musik moderen. Uno Synth sangat mudah kita operasikan, tidak membutuhkan waktu lama untuk membuat beragam sound synth moderen. Kami sangat menyukai pengoperasian synthesizer ini karena dibantu sejumlah knob berukuran sedang berada di panel atas.

Luar biasa kami bisa membentuk sound lead dan bass synth yang beragam. Karakter filter analog (VCF) juga mampu memberikan tone analog yang kuat, tentu sangat menyenangkan mendapatkan karakter tone analog dari sebuah synthesizer moderen. Kelincahan parameter filter yang terdiri dari Low Pass Filter, High Pass Filter, dan Band Pass Filter mengubah synthesizer kekinian menjadi sound neo klasik. Kami juga mendapati, parameter LFO yang bisa memodulasikan filter dan pitch (sine, triangle, saw tooth (up/down), dan sample & hold.

Tidak dipungkiri, kami membentuk ratusan tone synth yang sesuai dengan trend aransemen saat ini, seperti EDM, R&B, electro house, dan sejenisnya. Uno Synth menyertakan fasilitas arpeggiator yang memiliki koleksi preset arpeggio kembali ke era 80’an synthwave pattern. Pilihan preset arpeggiator sangat menarik dan menyenangkan. Kami bisa mengombinasikan permainan arpeggio dengan phrase musik dari synthesizer lainnya dengan tempo disamakan atau dapat disinkronkan melalui koneksi MIDI. IK Multimedia yang dapat dioperasikan menggunakan 2 x baterai AA, atau power mini USB.

Uno Synth menyertakan fasilitas flat panel keyboard seperti key (tuts) pada keyboard lainnya. Kita dapat memainkan synthesizer secara realtime melalui flat panel keyboard ini maupun membuat step sequencer. Luar biasa, kami bisa membuat phrase musik dengan mengembangkan (kreasi) sendiri. Ketika memainkan synth secar manual, kami dibantu dengan pilihan 15 scale yang disiapkan Uno Synth.

Synthesizer ini tidak menyertkan kontroler pitch bend dan modulation. Akan tetapi, Uno Synth menyiapkan tombol performance, yang terdiri up bending, down bending, wah, tremolo (amplitude), vibrato (pitch), dan hold. Parameter ini sangat membantu ketika kami memainkan synth secara live maupun ketika membuat sequencer dan playback arpeggio.

Synthesizer IK Multimedia Uno Synth memiliki performa yang sangat baik dan tidak mengecewakan. Karakter waveform dan filter yang kental dengan nuansa analog yang kasar dan agresif membawa kita membuat phrase musik synthesizer yang berenerji dan menambah karakter neo klasik ke dalam aransemen musik moderen berbasis digital. Uno Synth bisa dijadikan pilihan yang menyenangkan bagi Anda kreator musik moderen. *Fajar Arianto.

Download Majalah Audiopro klik link -> Gramedia Digital atau beli langsung di TB Gramedia Indonesia.

 

Related Posts