• Kamis , 24 Januari 2019

BOSS OD-1X “SPECIAL EDITION”

SALAH SATU EFEK STOMBOX OVERDRIVE BESUTAN BOSS YANG MELEGENDA ADALAH OD SERIES. SEJAK DI PERKENALKAN TAHUN 1978, EFEK TERSEBUT BANYAK DI GUNAKAN UNTUK GENRE MUSIK LA METAL DAN ROCK JAPANESE DIERA 80AN.

Membawa nama “Special Edition” di belakangnya, selang 40 tahun kemudian Boss memperkenalkan varian OD series yang di beri nama OD-1X. Varian pedal overdrive yang tak lekang jaman ini hadir dengan perbedaan, termasuk tekhnologinya.

DESAIN SERTA FITUR

Ukuran serta shape khas stombox Boss yang compact di sertai konstruksi fisik dengan chasis metal kokoh berbalut warna kuning menjadi ciri khas desain efek ini. Yang membedakan dengan varian sebelumnya, di panel OD-1x terdapat backplate mirrored dengan knob level, low, high dan drive berwarna silver. Pedal ini memiliki sebuah mono input dan mono output. Untuk urusan power supply, selain menggunakan PSA power adapter, efek ini dapat di operasikan dengan 9V battery dimana posisi battery compartment serta adapter input menyerupai varian efek Boss lainnya.  Bukan tanpa alasan Boss membawa embel-embel “Special Edition” di efek ini. Tidak seperti analog efek keluaran Boss lainnya, OD-1X di bekali fitur tekhnologi Multi Dimensional Processing (MDP). Inilah yang membedakan dengan typical overdrive lainnya.

SOUND

Kami menggunakan gitar Squier Telecaster Classic Vibe ’50s dengan amplifier Laney GHR 30 saat mencoba efek ini. Seperti biasa, equalizer pada ampli Kami setting flat, begitu juga di pedal guna mendapatkan perbedaan tone shaping. Pertama Kami adjust dulu volume di amplifier agar balance dengan level di pedal. Kontrol tiap parameter pedal ini sangat smooth dan presisi saat memutar knob searah jarum jam. Kami coba buka level serta drive di arah jam 11, low dan high di 12. Dengan setting seperti ini typical clean-boost pedal terdengar pada pedal ini.
Kedua, dengan level, low dan high di 12 dengan posisi yang sama Kami coba buka drive di arah jam 1.

Saat strumming, terdengar sound drive yang cukup menggigit. Artikulasi dan sensitifitas picking dapat terdengar baik dengan tambahan sustain tanpa noise berlebih. Selanjutnya Kami putar level arah jam 11, low dan high di 12 serta drive Kami putar penuh. Di setting demikian, pedal ini hampir menjadi distorsi. Kami turunkan sedikit volume di gitar untuk mendapatkan gain sesuai selera Kami. Terdengar karakter overdrive yang aggresif dengan modern-sounding pada top dan bottom end.
Terakhir, Kami mencoba sedikit explorasi pada amplifier dengan membreakup clean drive di ampli, dengan posisi low dan high masih sama, Kami memutar penuh level di pedal, serta drive di arah jam 1. pedal ini merepro tone yang rich serta natural dengan dynamic yang punchy untuk memainkan solo di 12 bar blues.

OVERALL
Fitur tekhnologi Multi Dimensional Processing (MDP) yang dibawa Boss OD-1X membawa perbedaan yang signifikan. Dengan headroom yang lebar, pedal ini memiliki respon karakter sound drive yang lebih modern.
Sepertinya perpaduan antara traditional analog designs dengan sound yang superior cukup membuat Kami mengangkat topi untuk Boss. Bagi Kami, dengan kualitas sound serta harga yang cukup reasonable tidak ada alasan untuk tidak merekomendasikan pedal ini di pedalboad para gitaris.*Ressa Sm.

Related Posts