• Kamis , 24 Januari 2019

Experience Simfoni Negeri Pertiwi Pensi SMAN 99 Cibubur Jakarta Tata Suara Outline GTO C12

Sheila On 7 mendobrak dan menghangatkan di depan sekitar lima ribu penonton di lapangan olah raga di SMAN 99, Cibubur, Jakarta, pada pertengahan Oktober 2018 lalu.

Sekolah Menengah Atas Negeri 99 Cibubur, salah satu sekolah unggulan di Jakarta, setiap tahun menggelar pensi yang selalu meriah dan dikunjungi ribuan penonton. Pensi SMAN 99 tahun ini disupport oleh Melodia Sound & Lighting dalam menyediakan tata suara sekelas panggung  besar professional, tak tanggung sudah disiapkan sebanyak 12 kabinet vertical line array (FOH) Outline GTO C12 dan 8 kabinet subwoofer Outline DBS 18-2 buatan Italia. Dua belas kabinet main speaker (FOH) di-drive dari dua unit power amplifier Outline X8. Sedangkan delapan buah subwoofer di-drive dari satu unit power amplifier Outline X4.

Event pentas musik SMAN 99 Cibubur yang digelar di lapangan olah raga terbuka menghadirkan band utama Sheila On 7, Naif, dan Fourtwnty dipenuhi penonton yang diperkirakan mencapai lima ribu orang. Ditambah band pendamping Blackteeth serta band tamu lainnya yang sangat nyaman bermain dengan sistem monitor yang akurat. Dalam ukuran panggung 8 x 10 meter persegi, dipasangkan floor monitor (aktif) 16 unit Outline Eidos 12SP dan 8 unit Outline Hard 115 (aktif).

Ditambah dengan side fill monitor Lynx GXRD15 dual 15” (speaker aktif) sebanyak 2 unit dan subwoofer Lynx GXRD18S (aktif) sebanyak 2 unit. Adanya side fill monitor membuat seluruh band dapat memonitor dengan baik sehingga bisa bermain all out. Performa sound yang digelar selama pensi yang dibuka mulai pukul 10 pagi hingga pukul enam sore, benar-benar memberikan kualitas reproduksi sound yang sangat baik. Tak kalah dengan panggung besar professional lainnya dengan SPL besar namun memiliki kejernihan suara yang disembur dari speaker utama  ke selurh area penont dengan optimal.

Termasuk penonton yang dibelakang tenda FOH masih mendapatkan kejernihan suara yang maksimal ditambah enerji bass yang tegas dan punchy. Diperkirakan penonton yang berada di belakang mixing desk (FOH) berjarak tiga puluh meter dari tepi panggung.

Penampilan Sheila On 7,Naif dan Fourtwnty sangat luar biasa ditambah performa suara yang maksimal membuat lima ribu penonton menyanyi dan melompat-lompat mengikuti groove dari hits-hits oleh ketiga band besar ini. Tentu saja, enejeri lower end yang maksimal ditambah beat drum dengan tone yang sangat jelas membuat penonton sangat nyaman mengikuti seluruh aransemen musik band favoritnya.

Sound sistem yang maksimal dengan tonal balance yang baik disembur dari sistem audio keluaran Outline dan mixing sempurna membuat seluruh penonton sangat menikmati. Pada sore itu Sheila On 7 dimixing dengan sempurna oleh seound engineer senior Bari. Untuk live mixing Naif dilakukan oleh Nabil membuat reproduksi suara sangat maksimal. Seluruh tone gitar, bass, keyboard, vokal dan drum direpro ke seluruh penonton dengan detail dan lebar. Membuat penonton betah bertahan berdiri di depan panggung. Info lanjut mengenai,Outline dan mixing sempurna. Baca selengkapnya ya di Majalah Audiopro edisi 11 2018. *Fajar Arianto.

Download Majalah Audiopro di  https://ebooks.gramedia.com/magazines/audiopro?page=2 atau beli langsung di TB Gramedia Indonesia.

Related Posts