• Jumat , 14 Desember 2018

CORT GB55JJ 5 STRING BASS

Cort GB55JJ 5 String Bass ini tampil dengan bobot ringan plus playbility yang menunjang. Hadir kembali dengan berbagai pembenahan, bass ini kini tampil dengan warna suara lebih modern dengan aura suara Jazz Bass yang masih dipertahankan.

Cort bukanlah pemain baru di pasar musik internasional. Perusahaan yang memproduksi produknya di Indonesia ini memang menawarkan berbagai produk berkualitas dengan harga yang cukup bersaing. Cort juga menghadirkan varian produk yang beragam; tidak hanya gitar, tetapi juga bass gitar. Berbagai produk bass gitarnya tergabung di GB Series. Produk bass gitar di seri ini memang dibuat khusus untuk kalangan pemula sampai semi profesional. Produk yang akan dibahas kali ini juga kembali mengadaptasi karakter Jazz Bass yang melegenda.

Produk GB series ini sudah mulai dipasarkan sejak 20 tahun lalu dan mendapat respons positif di pasar. Kemudian, pada 2017 lalu, produk ini mendapat beberapa pembenahan dan pengembangan sehingga bisa menampilkan kualitas yang lebih baik, terutama dari sisi suara. Meski begitu, harga yang diusung tetap ekonomis. Kali ini, produk yang sampai di studio review AudioPro adalah Bass 5 String dengan finishing mewah (Sea Foam Pearl Green) tipe GB55JJ.

DESAIN UNGGULAN

Bass Cort GB55JJ memang memiliki finishing yang berbeda-beda yang juga memengaruhi konfigurasi kayu yang digunakan. Bass yang masuk studio AudioPro kali ini memiliki finishing yang menarik, yaitu Sea Foam Pearl Green (SPG). Bass ini cukup ringan dan cocok untuk ukuran pemusik Asia. Masih mengadaptasi produk Jazz Bass, desain bodi, konfigurasi pickup, maupun electronic control serupa dengan konsep Jazz Bass standar. Hal ini juga termasuk 20 fret dengan skala 34 inci dan tentunya karakter suara yang kental dengan aura Jazz Bass.

Melihat itu semua, bukan berarti produk ini mengopi total produk Jazz Bass. Ada beberapa desain unggulan dan pembenahan yang membuat produk bass GB55JJ ini tampil istimewa. Menggunakan bahan kayu alder untuk bodinya (solid body), bobotnya terasa ringan dan mampu menghasilkan balance tone yang maksimal. Didukung penggunaan kayu hardmaple Kanada untuk bagian lehernya, selain nyaman saat dimainkan, stabilitas suaranya juga bisa diandalkan. Selain itu, desain Ergonomic Neck Joint-nya juga mampu menunjang kenyamanan dan playbility. Ditambah dengan lapisan (finishing) satin dan konstruksi bolt on yang kokoh, performa bass ekonomis ini pun semakin garang.

Memang, kesan pertama yang dirasakan saat menggunakan bass 5 string ini adalah bobotnya yang ringan. Didukung dengan konstruksi yang bisa diandalkan dan playbility yang menunjang, produk ini hadir dengan setup yang sederhana dan efisien. Jack connector yang berada di sisi bodi bagian bawah, cukup stabil menahan kabel saat dimainkan.

Selain itu, hal baru yang berbeda dari produk ini adalah tipe pickup yang digunakan. Desain Voiced Tone J-style single-coil pickups ini menggunakan VTB-ST Pickups yang mampu melebarkan karakter suara modern yang jernih dan detail. Pembaruan ini tentu saja dilakukan dengan tetap mempertahankan akurasi akustik suara bass agar tetap natural. Selain itu, didukung dengan penggunaan electronic system yang sederhana dan efisien (2 Volume, 1 Ton Passive Electronics), produk ini dibuat pas untuk kalangan pemula dan tetap cukup menggoda untuk kalangan semi profesional.

SOUND WARM

Masuk ke studio, Tim AudioPro mencoba produk ini dengan menggunakan 2 buah karakter amplidier bass combo berbeda tenaga; satu berkarakter lebih modern dan satunya lagi berkarakter vintage. Hal ini dilakukan untuk mengukur kualitas suara yang sebenarnya. Panel amplifier di setup pada posisi flat, termasuk untuk main volume. Secara keseluruhan, bass ini menghasilkan suara yang hangat dan dan cenderung modern. Dengan rasa akustik kayu yang masih bisa dimunculkan, bass ini mampu mengembangkan karakter suara lebih lebar.

Ada beberapa hal yang berpengaruh dalam pembentukan karakter suara bass ini. Selain kombinasi pilihan kayu di bodi dan lehernya, tentu pickup Voiced Tone J-style single-coil pickups tipe VTB-ST Pickups juga mengambil peran penting. Bodi dari bahan alder menghadirkan balance tone yang maksimal dan menghasilkan karakter suara yang lebih lebar. Sementara itu, hardmaple Kanada membuat bass ini mampu menghasilkan suara yang hangat (warm). Tidak hanya itu, kombinasi keduanya menghasilkan suara yang punch dengan upper midrange yang kuat dan sustain yang enak. Karakter inilah yang memang dibutuhkan sebuah instrumen bass.

Karakter pickup yang masih menawarkan suasana Jazz Bass yang kuat membuat bass ini tampil lebih modern tanpa menghilangkan kekhasan akustik kayu. Selain itu, penyesuaian juga bisa dilakukan dengan mudah dan efisien. Hanya perlu memutar 3 kenop kontrol volume passive control sesuai dengan keinginan, Anda bisa memperlebar suara hangat yang modern. Anda bisa membuat suara yang dihasilkan menjadi lebih terasa lawas atau bahkan padat. Pilihan kedua amplifier combo yang digunakan cukup bisa mewakili kualitas produk ini. Khususnya saat dipasangkan dengan amplifier combo berkarakter modern, suara modern yang hangat bisa ditonjolkan dengan apik.

Selanjutnya, sesuai namanya, Cort GB55JJ 5 String Bass memiliki 5 strings yang dapat memudahkan Anda mengeksplorasi nada dan karakter suara. Nemun, meski karakter suaranya bisa dilebarkan, pada dasarnya bass ini dibuat untuk menghasilkan suara yang ‘mudah’. Karakter modern warm memang menjadi karakter utama bass yang ditujukan untuk kalangan entry level atau semi profesional ini. Dengan semua kelebihan itu, Bass Cort GB55JJ ini ditawarakan dengan harga ekonomis dan tentunya suara yang cukup bisa diandalkan di kelasnya. Informasi lainnya mengenai produk ini dapat dilihat di www.cortguitas.com. *Andree S.

 

Related Posts