• Jumat , 14 Desember 2018

JTS TM 969 MIKROFON DYNAMIC

Ada 3 seri TM performance wired microphone keluaran JTS di kelas entry level dengan harga bersahabat, yaitu TM 989, TM 929, dan TM 969.

Menariknya, meski JTS membidik pengguna entry level, toh ketiga seri JTS ini dirancang memiliki karakter sound yang berbeda dan berkualitas. JTS cukup jeli memproduksi mikrofon di kelas pemula namun masih memperhatikan kualitas produk dan memberikan pilihan bagi penggunanya secara spesifik yang disesuaikan dengan kebutuhan. Salah satu seri JTS yang dikirim ke studio Audiopro edisi ini adalah seri TM969 yang tentu saja memiliki karakter capture suara yang baik dan karakter sound yang spesifik dalam area mikrofon di kelasnya.

Mikrofon vokal jenis dynamic, JTS seri TM 969 cukup ideal digunakan dalam aplikasi karaoke (pribadi dan profesional), seminar (meeting, presentasi), MC, pidato hingga memanfaatkan TM sbagai mikrofon instrumen (perkusi, snare, kabinet gitar). Rasanya mikrofon ini cukup banyak kita manfaatkan untuk beberapa penggunaan. Konstruksi TM 969 cukup kokoh dibungkus bahan die-cast (baja) serta grill pelindung pickup magnetik yang kuat sehingga relatif aman melindungi seluruh komponen dalamnya dari benturan (jatuh).

UJI COBA

Dalam uji coba TM 969 kami mendapati gain yang cukup baik serupa dengan seri TM 929 dan TM 989. Gain yang optimal ini lebih dari cukup jika digunakan kebutuhan karaoke bahkan live performance. JTS TM 969 memiliki karakter sound berbeda dengan kedua seri lainnya. Saat uji rekam vokal, kami mendapat kekhasan TM 969, selain mendapati gain yang lepas, karakter sound vokal cukup terbuka (bright) tanpa sentuhan ekualisasi sama sekali. Bidang frekuensi mid high agak menonjol tapi masih smooth. Membuat sumber suara vokal lebih jernih diimbangi dengan enerji bass yang juga sedikit terangkat dibanding seri TM989.

Capture sumber suara dapat beroperasi dengan baik layaknya mikrofon dynamic profesional lainnya. Kami meyakini bahwa JTS TM 969 paling sesuai dimanfaatkan oleh pengguna awam pasalnya kualitas sound yang didapat cukup baik dan tone vokal terdengar sudah jadi (matang) ketika kami ujicoba direkam ke DAW. Kita tidak perlu lagi melakukan ekualisasi sumber suara vokal/pidato untuk mendapatkan tone yang terbaik dari TM 969. Sangat memudahkan pengguna awam, hanya mengatur level input saja tanpa dipusingkan urusan ekualisasi. Apabila diperlukan, kita cukup memotong frekuensi tinggi (EQ)  jika dirasakan frekuensi tinggi  dianggap dominan. Namun, secara umum performa mikrofon JTS TM969 akan sangat akrab bagi pengguna awam dalam aplikasi pidato, seminar, ibadah, karaoke, atau sebagai mikrofon instrumen akustik dengan hasil sound yang matang. *TIM APRO.

 

Related Posts