• Jumat , 16 November 2018

Peavey Invective.120

Peavey invective.120™ adalah ampli gitar hasil kolaborasi antara Peavey Electronics dengan Misha Mansoor gitaris Periphery.

 

Berangkat dari pengalaman Peavey selama 5 dekade dalam menciptakan ampli legenda seperti 6505, ampli ini mampu menerjemahkan sound metal yang diinginkan gitaris era sekarang dengan reproduksi tone yang super akurat dan lebih ‘sakit’!. Gitaris dengan permainan gitar yang agresif dan sound yang cenderung heavy, pasti akan terkesima dengan performa Peavey head amplifier invective.120 yang dipadukan dengan kabinet invective™ 212.

Sound dan performa sebuah ampli gitar bergantung dari komponen yang ada di dalamnya. Mulai dari desain, circuitry, pemilihan komponen yang cermat dan perhitungan yang presisi. Dan Peavey invective.120 telah melewati berbagai tahapan tersebut. Sebut saja dari pemilihan komponen utama pada sektor power dan preamp; 4 unit power amp tube 6L6GC telah melalui berbagai tahap penyesuaian dan uji bias yang presisi dan 6 unit preamp tube 12AX7A yang memberikan fondasi dasar power dan tone yang gahar!

Panel Kontrol Depan

Untuk mengelola power melimpah dan tone range yang versatile, Peavey invective.120 menyiapkan 3-channel (Clean / Crunch / Lead) dengan EQ terpisah dan 2 channel boost masing-masing untuk Clean dan Crunch + Lead. Masing-masing channel dilengkapi dengan knob Pre Gain yang memberi keleluasaan gitaris menentukan takaran sinyal yang masuk sebelum diolah pada sektor EQ dan Post Gain yang mengatur output sinyal yang telah di-EQ sebelum diteruskan ke Master Volume. Sebuah paket komplit yang memberi sebuah ‘ruang imajinasi’ bagi para gitaris untuk mengeksplorasi sound yang ideal menurut selera masing-masing.

Masih pada panel depan, invectice.120 juga mempertahankan knob Resonance dan Presence. Dengan kedua tombol ini, kita bisa menyesuaikan / mengatur faktor damping (redaman) pada power ampli. Damping adalah kemampuan kemampuan ampli untuk mengontrol pergerakan cone speaker setelah signal menghilang / habis. Faktor damping yang lebih tinggi (higher) lebih cepat mereduksi getaran speaker cone daripada faktor damping yang lebih rendah (lower) pada range frekuensi yang ter–damping.

Faktor damping pada ampli menjadi berkurang pada saat knob tersebut diputar (dibuka). Resonance bekerja pada sektor low end dan Presence secara khusus akan merespon sektor high end dan power amp. Satu lagi fitur unik dari Peavey invective.120 adalah adanya fitur GATE Threshold pada channel Crunch dan Lead. Hal ini mengindikasikan bahwa invectice.120 adalah ampli super high gain yang ideal bagi gitaris dengan permainan yang agresif dan brutal. Info lanjut mengenai Panel Kontrol Belakang, Footswitch dan Fitur. Baca selengkapnya ya di Majalah Audiopro edisi o9 2018. *Tim Apro.

Download Majalah Audiopro di https://ebooks.gramedia.com/magazines/audiopro?page=1 atau beli langsung di TB Gramedia Indonesia untuk baca selengkapnya ya.

Related Posts