• Jumat , 16 November 2018

KORG KR-55 PRO

BEAT DRUM ADALAH BAGIAN TERPENTING DARI SEBUAH LAGU. SELAIN ITU DRUM MEMBANTU MENJAGA TEMPO SERTA KECEPATAN UNTUK PEMAIN LAIN DALAM GRUP. KARENANYA DRUM SANGATLAH PENTING. NAMUN PERTANYAANNYA, APA YANG ANDA LAKUKAN JIKA TIDAK MEMILIKI SEORANG DRUMMER? JAWABANNYA CUKUP SIMPLE, ANDA HARUS BERINVESTASI UNTUK MEMILIKI DRUM MACHINE.

 

Melihat peluang itu, Korg yang notabenenya merupakan produsen electronic musical instrument mencoba memberikan solusi melalui produk terbarunya. Untuk itu pada NAMM 2018 Januari kemarin, Korg memperkenalkan seri Drum Machine terbarunya yaitu Korg KR 55 pro. Melihat sejarah ke belakang, pada tahun 1963 Korg memperkenalkan Donca Matic DA-20 sebagai produk electronic musical pertama. Selang 16 tahun kemudian di tahun 1979 Korg memperkenalkan Rhythm 55 Drum Machine. Jadi bukan hanya sekedar mengikuti tren pasar apabila Korg kembali memperkenalkan Rhytem Machine mereka dengan tekhnologi yang lebih canggih.

DESAIN SERTA FITUR

Bentuk mengotaknya di kelilingi panel kayu memberikan kesan vintage yang elegan. Pada layout panel atasnya, setiap section di bekali dengan warna pad serta control parameter yang berbeda dengan backlit berwarna merah. Terdapat sebuah value dial serta display yang memudahkan user untuk control parameter saat menggunakan Korg KR 55 pro. Pada bagian panel belakangnya terdapat DC 19V jack adapter, headphone out, foot switch, Aux-in, dual mono jack output serta slot Memory Card. Kemudian pada bagian bawahnya terdapat baterai compartment untuk 6 baterai AA.  Korg KR 55 pro mempunyai 3 section dengan fitur yang berbeda.

Pertama adalah mixer section yang di bekali sebuah input mic XLR tanpa phantom power serta dua buah input 1/4, 2 buah equalizer, volume serta efek reverb dengan independent knob parameter. Selain itu Korg KR 55 pro juga di lengkapi dengan fitur tuner serta acoustage untuk mendapatkan output suara yang lebih wide. Kedua adalah select section berfungsi sebagai pemilihan rhythm mode, recorder mode, player mode, system mode serta tuner function. Kemudian pada section ketiga adalah control section yang berfungsi untuk pengaturan Rhythm mode, Recorder mode, Player, sampai pengaturan system.

TES

Kami menggunakan gitar akustik elektrik di input 1 dengan output menggunakan speaker monitor ISK DS5A saat mencoba Korg KR 55 pro. Bagusnya pada section mixer, knob input level mempunyai fasilitas LED untuk mengcontrol signal peak. Kami coba fitur chromatic tuner yang mempunyai audible guide tone gitar, bass atau piano dengan range 435-445 Hz yang dapat di kalibrasi. Cukup akurat memang, terlebih audible guide tone sangat membantu jika kita ingin mentune instrument lainnya.

Pertama Kami aktifkan Rhythm mode. Terdapat 24 style genre musik dengan 2 variasi beat serta 3 pattern yang berbeda pada mode ini. Selain itu juga disediakan chain function sebanyak 30 bank yang berguna untuk membuat rhythm track dengan pattern yang di pilih.

Ketika mencoba pattern rhythm 16 beat 2shuffle dengan tempo 120 dan variasi beat 1 pada memory M1 dan variasi beat 2 pada memory M2 dengan fill in f1, dengan sound metronome serta time signature yang dapat di rubah, Korg KR 55 pro ideal untuk digunakan jam session. Baik untuk improvisasi timing skils yang simple maupun complex. Pada mode ini Kita juga dapat merekam suara instrument dengan rhythm sytle playback.

 

Related Posts