• Kamis , 18 Oktober 2018

MEMBAWA SOUND GITAR REKAMAN KE PANGGUNG

BANYAK BAND ATAU GITARIS PADA KHUSUSNYA INGIN MEMBAWA HASIL SUARA GITAR YANG ADA DI REKAMAN KE PERTUNJUKAN LIVE

 

Ada banyak sekali faktor yang pada jaman dahulu sangat tidak memungkinkan hal tersebut terjadi. Pertama, ketika kita rekaman di studio, kita tidak mungkin membawa ambience ruangan studio kita ke panggung, Jenis speaker cabinet yang digunakan juga belum tentu sama, kemudian, jenis ­microphone untuk menangkap suara gitar kita kemungkinan akan berbeda dengan yang tersedia di panggung. Belum lagi posisi mic tidak mungkin sama persis dengan pada saat kita merekamnya di studio. Preamp yang kita gunakan di studio pun sudah pasti berbeda dengan preamp yang ada di panggung.

Ada banyak sekali elemen yang bisa menyebabkan sound gitar kita menjadi tidak konsisten pada saat di rekaman dan di live. Keseluruhan factor tersebut akan mempengaruhi hasil suara gitar kita. Belakangan, tehnologi impulse response memungkinkan kita untuk mewujudkan impian dari setiap gitaris yaitu membawa sound yang ada pada rekaman mereka ke panggung live. Dalam proses sinyal, impulse responses adalah ­keluaran dalam sistem dinamik yang diwakilkan dengan sinyal input singkat, yang kita sebut dengan impulse, secara umum sebuah ­impulse response adalah reaksi dari sebuah sistem sebagai fungsi satu atau lebih variable parameter sebuah dinamika.

Saya coba memberikan penjelasan yang lebih mudah ­dipahami. Misalnya kita merekam suara gitar dengan speaker, ruangan, mic, ­posisi mic, dan preamp tertentu. Hasil ujung akhirnya adalah sinyal yang kita rekam di digital audio workstation. Lalu kita coba ­menembakan sebuah sinyal sinewave yang menyapu dari frequensi terendah hingga tertinggi ke semua variable yang disebutkan tadi dengan ujung respon terakhir yang kita terima berupa sebuah data wav. Data tersebut seolah memberitahukan kita respon dari ­keseluruhan variable tersebut yaitu, speaker, ruangan, mic, posisi mic, dan preamp yang kita gunakan di semua frekuensi yang kita sapu tadi. Nah data ini lah yang kita gunakan untuk membawa keseluruhan elemen yang sama yang kita gunakan saat rekaman ke panggung.

Sekarang ini ada banyak sekali alat yang bisa membaca data impulse response, dalam hubungannya dengan gitar di antaranya ada torpedo dari two notes audio, pangea dari AMT, radar dari moer, kebanyakan multi fx sekarang ini juga bisa dipastikan bisa membaca impulse response, seperti axe fx dari fractal, kemudian helix dari line 6, ataupun kemper dan masih banyak lagi lainnya. Apa saja keuntungan menggunakan impulse response selain bisa membawa sound rekaman gitar kita ke panggung?

Pertama adalah penghematan waktu, jaman dahulu jika kita ingin berubah ­mengganti speaker cabinet, atau mic yang kita gunakan, kita butuh waktu cukup lama untuk mengaturnya, sekarang kalian cuma ­tinggal mengklik satu tombol dan kalian sudah bisa ­mendengarkan langsung perubahannya, dan bebas memilih mana yang kita suka tanpa kita harus merekam ulang lagi, bahkan posisi mic pun ­sekarang bisa kita atur di dalam sebuah plugin tanpa harus repot-repot memindahkan mic.

Kedua adalah menghemat tempat, apakah kalian terbayang ­harus menyimpan puluhan jenis speaker atau jenis cabinet, ­bahkan jenis mic, dalam satu ruangan? Atau kalian harus berpindah dari studio satu ke studio yang lain hanya untuk mencoba hasil ­ambience suara studio tersebut? Kalian tidak harus memiliki lahan yang begitu luas untuk membangun studio yang berbeda hanya untuk ­mendapatkan ambience suara yang berbeda. Yang ketiga, dengan impulse ­response, kalian bisa merekam gitar kalian di malam hari tanpa harus menerima keluhan dari tetangga kalian.

Merekam ­menggunakan ampli, kita harus mengatur level suaranya terdengar cukup keras agar bisa enak direkam di DAW (digital Audio ­Workstation), untuk ampli tabung bahkan kita harus memainkannya cukup keras untuk mendapatkan sweet spotnya. Dengan impulse response kita bisa rekaman menggunakan headphone dan kita masih tetap bisa mendapat sweet spot dari ampli tabung yang kita gunakan.

Tehnologi impulse response berkembang sangat cepat, bahkan perusahaan speaker yang sangat besar dan terkenal seperti ­celestion mereka mulai membuka online store untuk menjual produknya yang berupa Impulse Response. Konsistensi adalah hal yang sangat kita kejar saat kita menggunakan impulse response. Dengan impulse response kita bahkan bisa meniru rekaman suara gitaris lain tanpa kita harus datang ke studio mereka untuk merekam. Speaker, mic, preamp, dan studio kini bisa tersimpan dalam sebuah pedal, dan bisa kita bawa ke mana-mana. Kini kita bisa bermain di mana saja dengan hasil suara gitar yang sama. *Andy Owen.

Related Posts