• Rabu , 19 Desember 2018

IK MULTIMEDIA IRIG STOMP I/O

Tekhnologi dan musik saat ini tidak dapat dipisahkan. Di era digital seperti sekarang perpaduan keduanya tidak dapat di terelakkan. Perkembangan tekhnologi yang cepat di iringi pergeseran tren serta perilaku musisi yang statis membuat para produsen tidak pernah berhenti melakukan inovasi.

 

Seperti IK Multimedia, produsen yang satu ini selalu memanjakan para musisi untuk menjadi lebih produktif dimanapun mereka berada. Bagi gitaris, terutama yang gemar berkecimpung dengan tekhnologi tentunya tidak asing dengan produk mereka. Dari software hingga hardware, perusahaan asal Italy ini selalu nenawarkan sesuatu yang berbeda. Seperti di Namm Januari 2018 kemarin, mereka memperkenalkan iRig stomp I/O. Sebuah virtual amp controller yang dilengkapi audio interface serta MIDI dan terintegrasi dengan iPhone, iPad, Mac dan PC.

DESAIN SERTA FITUR

iRig stomp I/O mempunyai dimensi sama dengan kebanyakan multi-efek lainnya. Pertama kali memegang efek ini, built material switch, knob serta pedal yang baik di padukan construction enclosure berbahan solid-alumunium dengan finishing warna hitam terasa sangat kokoh dan solid dengan bobot yang cukup berat. Kami rasa gitaris tidak perlu khawatir membawa pedalboard controller ini dari gigs ke gigs. Layout utama pada efek ini tergolong simple, di bagian atasnya terdapat device bay beralaskan non-slip rubber surface untuk meletakkan iPad atau iPhone, empat buah footswitch, sebuah expression pedal serta knob input gain serta output volume control dengan VU metering.

Beralih ke bagian belakang, terdapat 1/4-inch XLR combo input jack, 48-volt phantom power switch untuk mic, headphone output, sepasang 1/4-inch balanced output, MIDI In-Out, dua buah 1/4-inch external controller jacks, port USB-A yang dapat di jadikan power ketika menghubungkannya ke Mac atau PC dan port iOS lightning audio connection. iRig stomp I/O di bekali fitur audio interface yang dapat di gunakan untuk Mac serta PC serta dukungan MFi certified audio interface yang compatible dengan iPhone or iPad.

Selain untuk gitar, iRig stomp I/O juga ideal digunakan untuk bass, mic vocal dan synths dan dapat di gunakan sebagai standalone MIDI controller untuk control Midi device lainnya. Pada paket pembeliannya, iRig stomp I/O di bundled beberapa software yang sangat valuable seperti AmpliTube 4 Deluxe, Ableton Live 9 Lite dan beberapa T-RackS processors seperti Black 76, EQP-1A, Mic Room, VC-670 dan White 2A. Untuk aplikasi iOS terdapat Amplitube CS, AmpliTube Acoustic, VocaLive iOS dan Mic Room iOS.

TEST

Karena iRig stomp I/O merupakan sebuah portable pedalboard controller dan bukanlah tone generator. Maka saat mencobanya Kami menggunakan software Amplitube 4 yang sudah terinstall di laptop beroperating system Windows 10 64bit dengan gitar Ibanez Talman series. Pada output Kami menggunakan speaker Turbosound Athens TCS-152 untuk mensimulasikan iRig stomp I/O direct langsung ke PA sytem. Bagi para gitaris yang telah terbiasa menggunakan Amplitube series, Kami rasa saat menghubungkan iRig stomp I/O dengan amplitube 4 tidak akan merasa kesulitan mensetup atau maping channel midi. Karena portable pedalboard controller ini memang di desain teringtegrasi dengan software buatan IK Multimedia.

Pada dasarnya, konsep dasar Amplitube 4 adalah virtual modeling amp dengan routing signal input – tuner – stomp – amp – insert – cab – rack. Terlihat dari pilihan sound yang di terkategorisasi seperti complete rigs, style genre sampai custom shop. Bahkan ada signature seperti slash dan Jimi Hendrix. Setelah menjelajahi seluruh mode pilihannya. Kami sangat puas dengan pilihan mulai dari clean, crunch, serta lead yang menghasilkan sound impresif. Apalagi terdapat segudang alternative untuk pilihan tabung dan kelas amplifiernya. Banyak tone baru yang menarik, terlebih speaker cabinet dengan mic axis yang dapat di atur.

Kemudian Kami coba dengan stomp mode agar lebih leluasa mengatur efek menggunakan amp, cabinet serta efek seperti wharmomator, morley Wah, dcomp, amp-cab orange thunderverb 200, fender triangle chorus, digital delay, dan fender ‘63 reverb. Setelah Kami assign efek pada slot footswitch serta expression pedal di bank yang kosong. Ketika efek di nyalakan, bi-color LED yang terdapat pada setiap foot switches akan berwana merah.

Pedal Footswitch di sini mempunyai multiple fungsi seperti bank up/down, tuner, tap tempo, looper dan stomp box selection. Expression pedal dengan optical switch juga sangat sensitive, saat memainkan efek wah atau pitch mampu memberikan memberikan respon yang baik. Hasil sound Class A preamp pada inputnya mampu memberikan gain yang cukup warm. Ditambah dengan kualitas sample rate 24/96 Khz membuat iRig stomp I/O sangat memungkinkan untuk di bawa bermain live.

OVERALL

Value yang di tawarkan oleh IK Multimedia sangatlah unik. Dari material pedalboard controller yang solid, karakter preamp dan sample rate yang tinggi sampai dukungan software yang di berikan menjadikan point lebih untuk iRig stomp I/O. Integrasi virtual rig dengan hasil reproduksi sound yang powerfull serta low latency menjadikan portable pedalboard controller ini layaknya real multi efek flour. Jika Anda penggemar IK Multimedia virtual amp beserta efeknya, tetapi ingin menggunakannya untuk situasi live, Kami rasa iRig stomp I/O merupakan pilihan yang tepat.*Ressa.

Related Posts