• Rabu , 19 Desember 2018

DOMINATIONS ES NO 12 EXZIBIT

Satu lagi produk rancangan anak bangsa yang sudah mendunia. Dominations bisa dibilang sebagai merk perintis di industri audio mobil, yang mengaku buatan Indonesia.

Walau awalnya terseok – seok karena kalah pamor dibanding brand internasional atau brand lokal yang mengaku “bule”, tapi berkat kegigihan Wahyu Tanuwidjaja sebagai sang Papi begitu panggilan akrab beliau, akhirnya mampu bertahan dan bahkan sekarang sudah mendunia dengan menjuarai kompetisi audio mobil di Jerman, Canada, Amerika, dan hampir di semua negara di Asia Tenggara. Dominations baru saja mendapatkan anggota baru di jajaran subwoofer, yaitu ES No.12 Exzibit.

Subwoofer terbaru berdiameter 12″ ini memiliki penampilan yang macho dan kekinian. Kalau dari tampilannya, sekilas subwoofer ini lahir untuk anda para generasi Z yang gemar lagu-lagu dengan beat dinamis, powerful namun tetap bermutu jempolan. Tidak salah memang, karena kalau anda angkat subwoofer ini, dari beratnya anda akan tahu bahwa subwoofer ini bukan subwoofer biasa yang cuma buat jedag jedug.

Double Stacked Ferrite Magnet yang menempel di Exzibit 12, menjadi satu kode keras bahwa gebukan subwoofer ini bakal maut punya bro! Bila diteliti lebih dekat, anda akan menemukan suspensi Surround yang di-double stitch ke konus. Untuk subwoofer berkemampuan tinggi, lem saja tidak cukup…penambahan jahitan double stitch ini untuk meyakinkan anda bahwa produk ini tidak akan ambrol saat dihajar bass ganas.

 Makin dekat lagi, yuk intip voice coil-nya dari celah kisi-kisi ventilasi. Kawat tembaga extra tebal bisa anda lihat melilit selongsong Bobbin berdiameter 5cm, membentuk voice coil yang tangguh, tahan watt besar dan stabil digeber lama, plus didukung sistem ventilasi high flow yang dapat mendinginkan voice coil dengan cepat. Secara fisik, nothing to complain about, apalagi dengan banderol harga yang cuma Rp. 1.850.000,00 dijamin anda akan mendapatkan subwoofer terbaik dikelas under 2 million.

Subwoofer ini akan kita ujicoba menggunakan head unit Alpine CDA-117E, amplifier high current Focal tipe FPS2300RX dan sebuah boks subwoofer sealed bervolume 27 liter. Untuk software, kami memakai cakram CAN (Car Audio Network) dan EMMA (European Multimedia Mobile Association). Untuk amplifier sengaja kami gunakan high current amplifier, karena subwoofer Dominations yang satu ini memiliki Single Voice Coil 4 ohm. Dengan formasi bridge, amplifier high current FOCAL FPS2300RX akan mampu menghajar subwoofer ini dengan kekuatan 530 Watt [email protected] Ohm.

Pertama kita coba dulu lagu Sound Quality dari Glenn Fredly, dan hasilnya cukup untuk membuat badan bergoyang sambil senyum – senyum sendiri. Gebukannya mantap, terkendali dan deep bass nya dapet banget. Diajak main kencang dengan track SPL ala EMMA, tidak membuat Dominations Exzibit gentar. Gerakan konusnya tetap linear, kualitas bass terjaga dan subwoofer ini seolah masih menantang untuk menaikkan volume suara.

Kesimpulannya, subwoofer ini mantap untuk SQ, perkasa untuk SQL dan layak dapat dua jempol buat kelas subwoofer 12” dengan harga dibawah 2 juta perak. Yang lebih mahal, banyak….yang lebih asik? Mmmhhh….sulit cari lawan yang sepadan.

Related Posts