• Rabu , 19 Desember 2018

YAMAHA THR 5A

MINDSET PERFORM DENGAN GITAR AKUSTIK ELEKTRIK ADALAH MENGGUNAKAN SEBUAH AMPLIFIER ATAUPUN SECARA DIRECT KE PA SYSTEM PADA PANGGUNG CAFE KECIL HINGGA RUANGAN KONSER YANG MEGAH. JIKA SUDAH BEGITU, PASTINYA SOUND GITAR YANG DI HASILKAN AKAN LEBIH MAKSIMAL.

Jadi tidak mengherankan apabila seorang gitaris ingin mendapatkan hasil sound seperti tadi di rumah, atau bahkan menyerupai saat sedang latihan. Pertanyaannya, apakah amplifier dan PA system yang sama itu di perlukan oleh gitaris untuk di rumah atau studio ?

Bisa jadi jawabannya ada tidak. Di sini Yamaha sangatlah jeli melihat pasar yang terbuka lebar karena masih sedikit di lirik oleh kompetitor. Untuk itu Yamaha memberikan solusi dengan memperkenalkan sebuah amplifier terbaru mereka yaitu THR5A. Sebuah mini amplifier gitar akustik yang konsepnya memberikan kualitas sound menyerupai di atas panggung namun untuk penggunaaan di luar stage.

FITUR SERTA DESAIN

Yamaha THR5A merupakan sebuah amp modeling 10 watt yang dibekali 2 buah 8cm full range speaker. Amplifier yang memerlukan daya dari AC adaptor maupun 8 buah baterai AA untuk menggunakannya ini memiliki fitur 5 simulasi type mic, 4 efek modulasi, 1 delay, 1 mix delay reverb, 1 hall reverb dan chromatic tuner. Selain itu amplifier solid state ini juga memiliki 5 user memory dan port USB untuk menghubungkan dengan Steinberg Cubase AI yang di dapat pada paket pembeliannya.

Pertama kali melihat, Kami yakin pasti Anda akan terkejut. Bentuk boxynya yang tidak lebih dari sebuah toolbox perkakas membuat amplifier ini terlihat sangat compact. Ergonomis yang menjadi kata kunci ampli akustik ini, selain karena membutuhkan daya dari AC adaptor, terlebih adanya kompartemen untuk baterai AA 8 buah memudahkan gitaris untuk membawa dan meletakkan amplifier ini di mana saja.

Enclosure case bermaterial moulded plastik di balut warna cream di padu ruang air flow memberikan kesan solid dan kokoh. Saat amplifier ini di nyalakan, adanya Yamaha Virtual Tube Illumination berupa dua buah lampu LED berwarna orange di balik speaker grillnya memberikan efek cahaya retro yang menambah kesan elegan amplifier ini.

Melihat control panel utamanya, terdapat LED display untuk indicator setting, sebuah input dan sebuah knob untuk memilih type mic simulation, gain/blend antara direct dan mic, master, tone, independent efek control. Kemudian ada sebuah control output untuk gitar, USB serta AUX. Selain itu amplifier ini juga dilengkapi dengan headphone out dan AUX-in.

THR EDITOR

THR Editor adalah sebuah software editor THR series yang di kembangkan oleh Yamaha untuk komputer beroperating system Mac maupun Windows. Fitur port USB pada Yamaha THR5A selain dapat di gunakan sebagai interface untuk mengkoneksikan ke DAW juga dapat berfungsi sebagai editor patch efek melalui THR Editor. Namun sebelum menghubungkan Yamaha THR10X dengan computer, Anda harus mendownload terlebih dahulu driver yang compatible dengan kedua buah operating system tadi.

Software ini sangatlah user friendly untuk menambahkan efek seperti flanger, phaser, tremolo, spring reverb serta noise gate. THR editor juga dapat berfungsi untuk mengedit amplifier secara realtime ketika membuat signature sound sendiri dan menyimpannya pada memory slot yang tersedia di amplifier. Adanya preset library yang dapat di download juga turut membantu untuk memilih patch sesuai kebutuhan. Info lankut mengenai, Sound, Overall dan Spesifikasi baca selengkapnya ya di Majalah Audiopro edisi 08 2018. *Ressa SM

Download Majalah Audiopro di Gramedia Digital klik link di https://ebooks.gramedia.com/magazines/audiopro/aug-2018 atau beli langsung di TB Gramedia Indonesia untuk baca selengkapnya.

Related Posts