• Kamis , 18 Oktober 2018

SEJARAH & PERKEMBANGAN BASS ELEKTRIK

1950: PRECISION

Produksi massal bass elektrik pertama kali terjadi pada tahun 1950 oleh Fender dengan model Fender Precision Bass. Sebelumnya memang sudah dibuat bentuk bass elektrik tapi tidak diproduksi secara massal. Tahun 1924 Llyod Loar menciptakan Double Bass  (Bass Upright) elektrik, dan tahun 1930an Paul Turmac menciptakan bass fiddle elektrik. Namun baru Leo Fender lah yang memperkenalkan model bass elektrik yang ringkas seperti gitar, sangat portabel dibawa kemana mana, dan memiliki fret, yaitu model Precision bass tahun 1951. Model ini memiliki sebuah pickup single coil yang kecil ditempatkan di tengah body bass, dan disempurnakan pada tahun 1955 dengan perubahan pickup menjadi split single coil untuk  menghilangkan humming dan noise listrik  yang menjadi kelemahan model Precision  bass tahun 1951.

Precision bass langsung mendapat apresiasi yang bagus dari banyak pemain bass saat itu yang  memang membutuhkan bass elektrik yang portabel mendukung permainan mereka di panggung. Diproduksi massal dan terjual laris, Precision bass menjadi populer di kalangan pemain bass mulai era tahun 1950 dan1960an karena soundnya yang tebal, hangat, dan lebar, sangat ideal untuk kebutuhan rekaman dan live. Oleh Leo Fender disebut Precision yang berasal  dari kata “precise” (tepat) karena memiliki fret pada fingerboardnya (sebelumnnya bass akustik double bass tidak memiliki fret), sehingga pemain bass dapat memainkan nada-nada dengan tepat berdasarkan blok-blok fret yang ada.

1960: JAZZ BASS

Pada tahun 1960, Leo Fender menciptakan model bass elektrik baru dengan ukuran body lebih lebar sedikit dari Precision, namun dengan ukuran neck  yang lebih ramping. Perubahan juga dilakukan dengan mengganti pickup split single coil menjadi 2 buah single coil yang diposisikan dekat bridge dan dekat neck. Model baru ini dinamakan Jazz Bass, karena pada masa itu musik jazz sedang populer.

Perubahan pada disain neck yang ramping membuat Jazz Bass laris juga digunakan oleh para pemain bass yang membutuhkan style permainan cepat dan teknik tinggi. Sound Jazz bass berbeda dengan Precision. Jazz bass memiliki sound yang lebih mid low dan high dengan tone yang lebih fokus dibandingkan Precision. Sound seperti ini memang sangat cocok dengan gaya permainan cepat, rapat, dan slap yang saat itu mulai populer.

Saingan bisnis terberat Fender pada era 1950-1960an adalah Gibson yang juga memproduksi bass elektrik, namun nama Fender lebih berjaya di kalangan pemain bass karena disain  dan sound dari bass Gibson kurang menarik minat dan kurang fleksibel untuk beragam jenis musik. Model EB-1 adalah bass elektrik pertama yang dibuat oleh Gibson pada tahun 1953 dengan disain seperti bass upright namun berukuran kompak berikut f-hole nya, serta dua buah pickup singe coil. Disusul EB-2 (1958), EB-0 (1959), dan EB-3 (1961). EB-3 disukai oleh  Jack Bruce pemain bass band The Cream yang legendaris, memiliki twin pickup Gison pada posisi dekat neck.

1970: INOVASI

Jika era 1950-1960 adalah masa awal produksi bass elektrik yang sekaligus menjadi standar disain dan sound  bass elektrik, maka mulai tahun 1970an makin banyak produsen alat musik yang melakukan inovasi terhadap bass elektrik mengikuti perkembangan  teknologi yang kian canggih. DIawali oleh merk bass Alembic yang mempelopori custom-built sesuai keinginan pembeli, Alembic bisa dikatakan sebagai peletak dasar bass “boutique” (butik), yang bisa  berharga sangat mahal karena komponen kayu dan pickup yang mewah.

Karena custom-built, beragam bass Alembic memiliki sound yang unik dan karakter yang berbeda untuk tiap modelnya. Sound yang unik pada masa itu dibutuhkan karena perkembangan musik yang semakin variatif pada tahun 1970an, seperti Fusion jazz, Rock yang eksperimental psychedelic, dan sebagainya sehingga sound bass juga terus ber-evolusi. Termasuk pada tahun 1970an awal diproduksi bass dengan 5 senar untuk kebutuhan sound low yang lebih tebal.

Pickup jenis humbucker juga mulai diperkenalkan untuk bass elektrik pada tahun 1970an, diawali oleh Alembic. Pickup humbucker didisain untuk menghilangkan noise atau “hum” yang terdapat pada pickup single coil, karena itu disebut humbucker (hum cancelling). Leo Fender setelah melepas sahamnya di Fender mendirikan merk bass Musicman pada tahun 1975 dengan produksi awal jenis bass Stringray yang dibuat untuk pemain bass Louis Johnson yang terkenal karena inovasinya pada teknik bass slap. Info Lanjut Mengenai 1980 : Semakin Berkembang, 1990-Sekarang : Pembuatan Ulang + Teknologi dan Kesimpulan. Baca selengkapnya ya di Majalah Audiopro edisi 08 2018. *Alex Kuple.

Download Majalah Audiopro di https://ebooks.gramedia.com/magazines/audiopro/aug-2018 atau beli langsung di TB Gramedia Indonesia untuk baca selengkapnya ya.

Related Posts