• Rabu , 19 Desember 2018

BOSS GT-001

PRODUSEN ASAL JEPANG INI SANGAT IKONIK DENGAN PEDAL EFEKNYA. DARI BERBAGAI VARIAN PRODUKNYA MULAI DARI MULTI EFEK HINGGA STOMP BOX. NAMUN, TAHUKAH ANDA JIKA BOSS JUGA MEMPUNYAI DESKTOP MULTIEFEK ?

 

Tidak banyak memang desktop efek yang beredar di pasaran. Di sinilah Boss mencoba memasuki pasar yang masih terbuka dengan memperkenalkan Boss GT-001 yang masuk review Audiopro kali ini.

FITUR

Keluarga dari GT series ini memiliki dimensi yang compact. Bagian atasnya di bungkus material fascia metal dengan warna hitam dipadu material housing plastik solid berwarna merah marron pada bagian belakang dan samping. Dari sisi desain terlihat jelas jika multi efek ini memang tidak diperuntukkan di bawa ke atas panggung.
Terdapat 6 parameter control rotary knob berwarna hitam serta 11 pad backlit buttons di section control. Terlihat minimalis namun tetap fungsional. Pada sisi kanan terdapat XLR input, 1/4” expression pedal input, 1/4” jack input gitar, serta 1/8” aux in. Lalu di bagian kiri stereo phones output, dua buah 1/4″ split stereo output, kemudian pada bagian belakang terdapat port USB serta DC in 9v.

Desktop efek ini memiliki fitur sebagai audio interface dengan sample rata 24-bit/44.1kHz 4in-out untuk merekam sinyal dry gitar secara simultan untuk kebutuhan re-amping serta untuk merekam vocal menggunakan condenser mic yang di bekali phantom power. Selain itu, Boss GT-001 juga memiliki fungsi monophonic gitar-to-midi yang memungkinkan untuk memainkan soft synths ataupun midi instrument lainnya. Selain untuk power, port USB yang berfungsi untuk update firmware ataupun setting patch melalui boss tone studio atapun mendownload sound library dari boss tone central.

SOUND

Ada 2 mode pemilihan untuk mengcostumize pada Boss GT-001, yaitu mode preset patch yang mempunyai 200 patch serta edit user patch mode sebanyak 200 memory yang dapat di write/ save. dengan category efek advance, vintage, dan custom yang dapat di save pada menu favorite. Saat mencobanya, Kami langsung menghubungkan Boss GT-001 menggunakan boss tone studio ke PC menggunakan gitar Ibanez Talman dengan monitor speaker RCF Ayra 5.

Tanpa adanya latency, setelah puas menjelajahi preset yang ada Kami memfavoritekan beberapa patch.
Preset yang Kami favoritekan pertama adalah super slow gear, perpaduan antara efek chorus dan reverb spring dengan vibration yang smooth menghasilkan infinite sustain saat Kami memainkan With or Without You nya U2. Preset kedua untuk drivenya adalah OD 1 + Dist. Perpaduan antara overdrive dengan sedikit delay sangat smooth di repro oleh efek ini saat Kami memainkan riff Stay Together MR Big. Info lamjut mengenai Overall dan Spesifikasi baca selengkapnya ya di Majalah Audiopro edisi 08 2018. *Ressa SM.

Download Majalah Audiopro edisi 08 2018 di https://ebooks.gramedia.com/magazines/audiopro/aug-2018 atau beli langsung di TB Gramedia Indonesia untuk baca selengkapnya.

Related Posts