• Jumat , 16 November 2018

BARETONE MAX15

Baretone Audio meluncurkan loudspeaker aktif portable 15 inchi yang siap memberikan pilihan bagi masyarakat dalam dunia pro audio dengan kualitas yang baik dan bersaing di kelasnya.

Review pada edisi ini, distributor Baretone Audio, CLS mengirimkan Baretone Max 15RC loudspeaker aktif  memiliki grill penutup komponen yang kokoh dan desain pro kekinian. Grill ini menutup waveguide tweeter (34 mm driver) dan woofer 15 inchi dengan permukaan bagian depan menjadi rata dan rapih. Ada tiga handle yang ditempatkan pada sisi kiri dan kanan cabinet dan satu handle ditempatkan pada bagian atas cabinet. Loudspeaker ini dapat kita manfaatkan sebagai system audio utama pada venue kecil seperti restoran, ruang meeting/seminar, gym, live band, resepsi atau kebutuhan ibadah.

Pada panel belakang speaker disiapkan mic/line input dan line output 1 channel dan disiapkan knob treble dan bass. Loudspeaker ini bias kita manfaatkan untuk kebutuhan rapat atau ibadah dengan cara sederhana. Jika tidak memiliki mixer, Anda cukup mencolokkan kabel dari mikrofon ke mic input di panel belakang Max 15RC dan mengatur level input serta seting treble dan bass sesuai kebutuhan.  Untuk venue yang lebih besar, Anda dapat menggunakan lebih dari dua loudspeaker Baretone Max 15RC sesuai ukuran dan situasi ruangan dengan system audio yang lebih kompleks.

Kami melakukan ujicoba pertama,  memafaatkan Baretone Max 5RC memutar sejumlah aransemen termasuk menggunakan instrument gitar (hi gain distortion) secara langsung. Baretone Max15 RC memiliki performa suara dengan yang bias memunhi standard live sound venue kecil hingga menengah. Berawal dari memutar aransemen smooth jazz (instrument akustik dan vocal) dapat direpro dengan baik. Kami mengatur seting level output secukupnya, posisi bass dan treble diset dalam keadaan flat. Area frekuensi menengah cukup apik dan tidak melelahkan ketika kami memutar lagu dengan durasi sekitar 3 jam lebih saat review. Tidak ada frekuensi are mid-high yang berlebih yang membuat kami merasa nyaman mendengarkan backsong selama beberapa waktu, cukup ideal dalam venue kafe atau restoran.

Selanjutnya kami beralih memutar aransemen yang lebih dinamis, seperti musik rock dan electronic dance music. Kestabilan tonal suara cukup terjaga ketika kami mengangkat level yang lebih keras sesuai kebutuhan. Dalam sesi ini, kami menambah frekuensi bass dari panel belakang Max15RC sekitar jam 2, di sini kami mendapatkan enerji bass yang lebih menonjol dan solid. Sedangkan area frekuensi menengah dan tinggi masih mempertahankan tone dengan maksimal, kami mendapatkan groove yang beat dari pattern drum yang kuat, khususnya untuk jenis musik yang rock dan EDM dan tidak mengecewakan. Namun, perlu diketahui Barteone Max15RC cukup ideal dengan genre musik khas Indonesia. Kami banyak memutar jenis genre koplo dan EDM. Karakter reproduksi suara oleh Max15RC sangat akrab dengan selera penikmat musik Indonesia.

Kami merasakan sensasi frekuensi basss yang punchy yang bias menampilkan groove kuat dalam genre ini dengan mixing yang kami atur dengan pas. Tak kalah penting, reproduksi vocal yang sebagai sumber suara utama selain rhyhtm groove dalam genre ini. Kami merasakan sensasi vocal dengan artikulasi jelas. Loudspeaker portable ini bisa kita manfaatkan sebagai system audio utama ataupun sebagai speaker monitor aplikasi organ tunggal dalam venue tertentu. Dinamika beat drum elektrik maupun kendang dalam genre koplo, EDM, dan dangdut sangat berenergi. Info lanjut mengenai Disandingkan dengan SUB dan Spesifikasi baca selengkapnya ya di Majalah Audiopro edisi 07 2018. *Fajar Arianto

Download Majalah Audiopro di https://ebooks.gramedia.com/magazines/audiopro atau beli langung di TB Gramedia Indonesia untuk baca selengkapnya ya.

Related Posts