• Jumat , 22 November 2019

PERAN MIXER ANALOG TAK KALAH PENTING DALAM APLIKASI LIVE SOUND MIXER ALTO

DI TENGAH DERASNYA PERSAINGAN MIXER DIGITAL DI DUNIA PRO AUDIO INDONESIA YANG BISA DIMANFAATKAN BERBAGI APLIKASI.

Di tengah derasnya persaingan mixer digital di dunia pro audio Indonesia yang bisa dimanfaatkan berbagi aplikasi. Akan tetapi produsen mixer masih meluncukan jenis mixer analog dan ini fakta bahwa mixer analog masih diminati oleh pelaku industri pro audio di Indonesia. Setidaknya rental sound system menengah atau besar masih memiliki investasi mixer analog baik dalam ukuran besar maupun menengah. Mixer analog bisa digunakan di beberapa situasi live sound venue kecil dan menengah. Bahkan untuk aplikasi instlasi tetap seperti di mall, restoran, karaoke, ataupun studio latihan mixer analog bisa menjadi pilihan alternatif. Selain kisaran harga di bawah mixer digital, toh fasilitas mixer analog tetap baik dan sangat memungkinkan digunakan seperti apalikasi yang disebut di atas.

Kekuatan preamp mixer analog tak diragukan karena memiliki headroom maupun gain yang baik. Belum lagi fasilitas EQ yang tak kalah pening mengatur tonal dari setiap sumber masuk menjadi bersih dan natural. Meskipun bukan jenis paramterik EQ namun, EQ 3 band dalam mixer analog bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin. Mixer analog dengan digital memiliki peran yang sama untuk melakukan balance level dan final mixing asalkan diperkuat dengan loudspeaker yang bagus (aktif maupun pasif). Untuk venue menengah live sound (band, club, lingkup ibadah, karaoke, gym, meeting, dan sebagainya) sampai studio rehearsal, mixer analog masih bisa diandalkan.

Mixer analog profesional juga menyertakan fitur graphic EQ yang dianggap cukup penting seperti yang disediakan pada mixer digital, berfungsi untuk menyentuh hasil akhir yang dikeluarkan dari master output ke PA spekar agar keluaran reproduksi akhir jernih, natural dan maksimal. Mixer analog moderen, kini juga disertai fitur dynamic compressor yang memiliki peran penting yang berfungsi untuk menstabilkan level output dari sumber suara tertentu. Lagi-lagi pengguna dipermudah dengan fitur tambahan penting ini agar reproduksi suara memiliki output maksimal dan terdengar detail.

Nilai investasi mixer analog cukup bersahabat serta mixer jenis ini relatif lebih mudah dioperasikan sekalipun dengan pengguna pemula. Berapa brand mixer analog sudah dilengkapi pula dengan fitur prosesor efek. Prosesor efek internal Alto diproduksi dari brand besar Alesis produsen prosesor efek kelasi dunia. Jadi Anda tak perlu khawatir mendapatkan performa sound seperti pada panggung konser besar. Fitur prosesor efek membuat sumber suara  (vokal, gitar, dan sebagainya) lebih mewah dengan dimuati efek reverb atau delay misalnya. Sejumlah mixer analog keluaran Alto yaitu Live 1604USB dan Alto 2404.

ALTO LIVE 1604 USB

Seri Live 1604 memiliki tubuh yang ergonomic yang memiliki bobot hanya 5,9 kilogram, cukup ringan untuk sebuah mixer 16 channel dan mudah dipindah tempatkan. Mixer analog ini sangat sesuai untuk kebutuhan live sound band dan akustik venue kecil (mall, panggung kecil/sedang), rumah ibadah, karaoke, club, dan lainnya. Di jaman digital, mixer analog masih dibutuhkan oleh sejumlah rental company sound system maupun para installer. Keuntungan mixer analog tentu kita bisa melihat seluruh parameter yang ada di depan mata. Kita dapat mengakses parameter lebih mudah dan cepat. Oleh karenanya untuk kebutuhan live sound venue kecil dan menengah mixer analog masih disukai para rental company dan installer.

Fasilitas 3 band  EQ dan fixed Q sweepable banyak membantu kita melakukan mixing dengan maksimal untuk mendapatkan tone yang diinginkan. Pada uji coba, kami melakukan tone adjustment beberapa sumber (mikrofon , instrument)  dari fitur EQ ini dengan cepat dan menyenangkan. Peranti ini sudah menyiapkan 4 channel subgroup, berfungsi untuk mengelompokkan sejumlah channel input menjadi satu channel fader saja (subgroup). Proses mengelompokkan (grouping) beberapa channel input menjadi satu fader sangat mudah. Kalau di dalam mixer digital subgroup kadang disebut DCA atau VCA. Ada empat channel subgroup dan setiap channel dapat kita tentukan panningnya ke main mix. Contoh sub group 1 diposisikan pada Pan Left, subgroup 2 diposisikan kepada Pan Right, subgroup 3 dan 4 diposisikan kepada Pan Left dan Right melalui tombol subgroup assignment pada area subgroup di samping main fader.

Sebagai kebutuhan live sound, EQ grafik adalah fitur wajib pada sebuah mixer. Fitur 9 band EQ grafik yang dimiliki Live 1604 dapat diposisikan sebagai EQ monitor atau main mix. Anda dapat mengatur seting EQ seperti mixer analog lainnya dengan mudah. Kita dapat mengatur tone pada speaker monitor atau speaker utama (FOH). Live 1604 menyediakan 4 auxiliary send per channel input. Auxiliary 1 sampai 3 berfungsi untuk mengirim signal ke speaker monitor atau peranti audio lainnya. Sedangkan auxiliary 4 berfungsi untuk mengatur level efek. Ketika Live 1604 digunakan untuk aplikasi live sound. Seluruh channel input dapat dikirimkan ke  speaker monitor (floor monitor).  Konektor auxiliary out yang berada panel belakang mixer menggunakan konektor TRS.

Fitur baru yang sudah menjadi standar mixier analog di era sekarang selain fitur kompresor dan prosesor efek adalah fasilitas  USB Port. Mixer Live 1604 dapat terintegrasi dengan DAW (Digital Audio Workstation) berbasis laptop atau PC melalui fitur USB port yang berada pada panel belakang mixer. Fungsi koneksi USB, kita dapat mengirim atau menerima signal audio (stereo) kepada atau dari komputer (untuk direkam atau playback). Untuk mengirim signal audio stereo dari mixer melalui Subgroup (1/2) atau Main mix. Sedangkan untuk menerima signal audio dari DAW komputer ke channel 15/16 (stereo) atau Main Mix.

Mixer analog professional Alto Live 1604 dilengkapi seluruh fasilitas kebutuhan live mixing yang bisa dimanfaatkan dalam aplikasi live sound venue menengah dan kecil hingga kebutuhan instalasi tetap pada tempat ibadah, mall, kafe, resto, dan sebagainya. Bisa kita jadikan salah satu pilihan alternative untuk rental company  kelas menengah dan kecil dan pribadi.

ALTO LIVE 2404

Seri Live 2404 24 channel memiliki beragam fitur standar profesional kebutuhan mixing pada situasi live sound sebagai mixer FOH maupun mixer monitor. Mixer analog memiliki keunggulan yang sangat mudah dioperasikan. Alto Live 2404 bisa kita gunakan untuk kebutuhan touring (band), DJ, hingga instalasi tetap (club, restoran, atau tempat ibadah). Total ada  18 preamp (konektor XLR) input mikrofon yang sudah disiapkan Alto 2404 ditempatkan pada panel atas.

Selain itu, kami mendapati ada fasilitas compressor pada channel 1  hingga 8. Fasilitas compressor ini sangat bermanfaat digunakan untuk mengakomodir signal dari mikrofon (vokal atau instrumen drum). Selain tersedia konektor XLR input juga tersedia konektor jack ¼ (phono) pada seluruh channel input. Penempatan konektor input pada panel atas turut membantu sound man melihat seluruh kabel yang terpasang pada Alto Live 2404.

Level optimal memiliki tingkatan noise yang sangat rendah. Kami sangat terbantu mengakomodir signal dari instrumen yang dikirim ke Alto Live 2404 yang stabil dengan headroom maksimal. Belum lagi, fasilitas kompresor internal sangat membantu memaksimalkan signal vokal dengan stabil. Anda perlu mengatur setting kompresor internal hingga mencapai level vokal atau instrumen musik lainnya menjadi maksimal. Tidak diragukan kinerja dari fitur kompresor ini. Kita dapat memanfaatkan kompressor pada channel vokal, drum, atau bass sesuai kebutuhan mixing. Level input dari sumber suara yang dikompres dapat terangkat lebih tegas menjadi keuntungan soundman adanya kompresor internal dalam mixer analog di era modern ini.

Live 2404 menyiapkan 4 channel auxiliary send. Contoh penggunaan fitur Auxiliary, Auxiliary 1 sampai 3 berfungsi untuk mengirim signal ke speaker monitor atau peranti audio lainnya. Sedangkan auxiliary 4 berfungsi untuk mengatur level prosesor efek internal (Alesis DSP). Konektor auxiliary out ditempatkan di panel belakang mixer yang menggunakan konektor TRS (balanced). Mixer ini dilengkapi fitur Digital Signal Processor (DSP) resolusi 24 bit diadopsi dari brand Alesis yang terkenal itu. Ada 100 preset koleksi prosesor efek yang siap pakai pada Alto live 2404, di antaranya delay, reverb, tremolo, flanger, dan rotary. Fasilitas efek dapat dimanfaatkan untuk channel vokal, snare drum, atau instrument lainnya. Kita dapat memilih efek jenis reverb sesuai kebutuhan sumber suara. Sebagian besar koleksi efek sudah siap digunakan untuk kebutuhan live mixing. *TIM APRO

Related Posts