• Senin , 17 Desember 2018

VALETON DAPPER MINI

Pabrikan asal Negeri tirai bambu yang satu ini seperti tidak pernah lelah berinovasi untuk efek gitar buatannya. Belum lama memasuki Indonesia, tampaknya Valeton cukup positif di terima oleh pasar.

 

Hal itu terbukti dengan larisnya penjualan seri pertama efek strip mereka yaitu Valeton VES-1 Dapper. Tak membutuhkan waktu lama bagi Valeton untuk mulai dikenal, cukup mengejutkan memang. Alasannya sederhana, karena mereka menawarkan harga ekonomis dengan fitur berlimpah. Disaat pabrikan lain masih sedikit memiliki varian produk stripnya. Valeton kembali hadir menawarkan sesuatu berbeda. Seperti kali ini yang masuk review Audiopro, yaitu Valeton Dapper Mini.

DESAIN SERTA FITUR

Praktis, ya betul. Sesuai namanya, efek ini hadir dengan desain mini dan simple yang menjadi satu nilai lebih dari sisi ergonomis karena sangat praktis dan menghemat space di pedalboard atau di letakkan pada gigbag. Housing material alumunium alloy di fininshing warna silver menjadikan built quality efek ini terasa kokoh. Di panel atasnya terdapat 3 buah pedal footswitch di kombinasikan dengan switch efek. Lalu ada knob parameter dengan backlight berbeda untuk setiap sectionnnya. Knob tersebut juga memiliki fungsi sebagai parameter tuner. Hal ini membuat kontrol display terlihat jelas.

Melihat bagian belakangnya, terdapat sebuah input, headphone out serta sebuah output. Valeton Dapper Mini di bekali fitur efek overdrive, distortion, chorus serta delay dengan tap tempo yang di tandai dengan pulse indicator. Selain itu, efek ini juga di lengkapi tuner serta cabinet simulator pada headphone out. Pada section drive, overdrive serta distortion tone pedal ini di kontrol melalui gain, volume, dan tone. Di section chorus di control dengan level, rate, dan depth. Lalu kontrol pada section delay dengan tap, level, regen serta time.

SOUND

Prinsip dasar signal flow dari efek ini adalah tuner-drive-chorus-delay-headphone out. Kami coba pertama fitur tuner. Tekan dan tahan footswitch chorus untuk mengaktifkannya, maka efek ini akan memute sinyal output. Indicator knob dengan LED backlight untuk pitch note dapat terlihat dengan baik. Selain itu ada 7 LED backlight mengikuti tangga nada yang berbeda untuk setiap note yang akan di tune.

Walaupun tidak dapat di kalibrasi dan bukanlah chromatic tuner. Kami akui tuner ini cukup akurat dan sangat membantu. Ketika tidak intune, LED backlight untuk pitch note akan berwarna biru dan akan berwarna hijau ketika sudah berada di posisi tune yang pass. Info lanjut mengenai Overall dan Spesifikasi baca selengkapnya ya di Majalah Audiopro edisi 07 2018 di aplikasi Gramedia Digital (playstore/appstore) atau beli langsung aja di Gramedia Indonesia . *Ressa SM.

Related Posts