• Jumat , 22 November 2019

COMPACT MIXING CONSOLE MULTI APLIKASI #PART 3

Fungsi utama dari mixer audio adalah menerima dua atau lebih sinyal audio, kemdian menggabungkan dan mengirim (mengeluarkan) satu atau lebih sinyal output.

Sama halnya dengan seorang konduktor musik orchestra yang menggabungkan lebih dari 40 musisi individu yang bermain alat musik berbeda, kemudian digabung menjadi satu dan menghasilkan suara yang harmonis. Pada mixer audio berfungsi mengoptimalkan seluruh sumber suara (sinyal masuk) melalui mikrofon (voal, instrument drum, instrument akustik) maupun line input (keyboard, gitar elektrik, bass elektrik, dan isntrumen elektrik lainnya).

Kemudian mixer mampu menyaring (filter), menyesuaikan level dan ruting channel input dan output, mengoptimalkan suara (tone adjustment) melalui ekualiser dan prosesor efek, serta mengeluarkan (mengirim) satu atau lebih sinyal audio loudspeaker utama (FOH), loudspeaker monitor, atau peranti audio eksternal lainnya. Pada sebelum nya kami membahas Compact Mixing Console Multi Aplikasi pada part 1 yaitu Mackie 1642VLZ4 , TOPPPRO T20 dan part 2 kami membahas ALTO LIVE 1604 , PHONIC CELEUS600 dan SAMSON S4000 POWERED MIXER. Selanjutnya dalam part 3 ini kami akan membahas ROLAND M200I, MACKIE MIX 12FX dan SOUNDKING DM20.

ROLAND M200I

Roland cukup ahli dan dikenal reputasinya dalam produk audio elektronik, baik instrument musik maupun produk professional audio. Rolang meluncurkan mixer digital kompak yang bisa dimanfaatkan beragam aplikasi dengan fitur-fitur professional dan kualitas yang sangat baik. Roland M200i sudah mengerti benar kebutuhan sound engineer yang menangani venue besar hingga kecil. Begitu pula, kebutuhan PA system seperti instalasi tetap M200i sangat ideal dimanfaatkan pada aplikasi ini. Hasil proses audio-nya tidak mengecewakan. Prosesor internal di dalamnya mampu beroperasi dengan optimal meskipun mengontrol seluruh channel dan mengaktifkan DSP secara bersamaan dapat berjalan sempurna dan stabil.

 

Peranti mixer modern memiliki konsep fitur dan performa yang sangat baik sebagai mixer digital kompak dan bersahabat bagi pengguna baru maupun profesional. Sistem operasi Roland M200i seluruhnya diontrol melalui peranti tablet iPad. Tampilan parameter mixer akan tampak lebih luas dan nyaman dioperasikan melalui iPad dengan menginstall software aplikasi Roland M200i (gratis). Mixer ini memiliki fasiliatas 64 channel input. Enam belas cahnnel input dilengkapi dengan preamp mikrofon konektor XLR plus 8 line input jack phono dan sebuah konektor Roland Ethernet Audio Comunication (REAC) port. Tentu saja, fitur standar Prosesor audio berkelas dunia adalah 4 band Parametriq EQ, dynamic processor, Gate, HPF, input delay, dan prosesor efek full edinting. Anda dapat meruting channel input/outut dan proseor audio sesuai kebutuhan mixing dengan cara mudah dan menyenangkan.

APLIKASI

  • Live sound
  • Live Recording
  • Studio Recording
  • Instalasi Tetap

MACKIE MIX 12FX

Mackie juga turut meraih peluang pada kelas mixer budget nan kompak. Mixer kompak keluaran Mackie adalah seri Mix 12 FX yang terdiri dari 4 channel input mono dan 4 channel input stereo, total 12 channel input. Mackie Mix 12 FX diperkuat dengan chasis terbuat dari bahan metal pada bagian sisi mixer sebagai pelindung komponen elektronik di dalamnya yang kuat. Kembali ke channel input Mix 12FX, pada channel input 1- 4 (mono) dilengkapi dengan konektor balanced XLR (input mikrofon) dan konektor jack ¼ (line input) untuk mengakomodir sumber suara yang menggunakan mikrofon.

Selain itu, mixer ini menyertakan fasilitas phantom power 48V yang dialamatkan pada channel 1 – 4 untuk mengaktifkan phantom power. Sedangkan channel 5 – 8 (stereo input) dilengkapi dengan konektor sepasang TRS/TS (line input) untuk mengakomodir sumber suara dari instrumen musik (gitar, keyboard, bass, dan sebagainya). Sudah lebih dari cukup, jika Mix 12FX dimanfaatkan untuk kebutuhan studio latihan pribadi, misalnya. Lain lagi, Mix 12 FX juga cocok untuk kebutuhan hiburan solo organ dan penyanyi yang dimanfaatkan untuk acara pesta kecil pribadi.

APLIKASI

  • Studio Latihan
  • Karaoke
  • Mixer keyboard
  • Mixer DJ
  • Instalasi Tetap
  • Live Sound Venue Kecil

SOUNDKING DM20 MIXER DIGITAL

Mixer digital kompak DM20 memiliki fasilitas layar sentuh berukuran 7 inchi dengan tampilan grafik dan teks yang kontras. Layar sentuh resolusi tinggi ini cukup responsif yang memudahkan kita dalam mengoperasikan DM20. Sangat membantu proses mixing yang bisa dilakukan dengan cepat layaknya mixer digital ukuran besar lainnya. DM20 menyiapkan 9 buah motorized fader yang nyaman digunakan dan tentu saja keakuratan fader kontrol sangat dibutuhkan oleh pengguna. Prinsip channel input DM 20 sangat tepat dalam sebuah mixer digital meskipun kompak.

Ada tiga parameter penting pada bagian input, yaitu gain input, delay, dan HPF yangdioperasikan secara digital (virtual). Kita dapat mencari headroom yang akurat untuk kebutuhan mixing. Preamp DM 20 memiliki performa yang baik dan signal dapat di-ampli dengan solid hingga mencapai headroom yang diinginkan soundman. Ditambah konversi audio yang presisi dengan sample frequency hingga 192 kHz dan resolusi 24 bit. Konversi sumber audio analog yang dikoversi menjadi data digital dan dikembalikan lagi menjadi signal analog dengan menghasilkan kualitas audio yang presisi dan detail. Unit ini menyiapkan 8 jenis prosesor efek berupa 2 reverb, 2 delay, 2GEQ, dan 2 modulasi.

APLIKASI

  • Studio latihan
  • Karaoke
  • Mixer keyboard
  • Instalasi tetap
  • Live sound

Related Posts