• Jumat , 22 November 2019

COMPACT MIXING CONSOLE MULTI APLIKASI #PART 2

Di era terknologi digital audio, sangat beragam mixer audio moderen yang beredar di tengah masyarakat baik yang berukuran besar hingga yang kompak.

Segala fitur terkini yang ada pada mixer-mixer besar kini mulai diterapkan ke dalam mixer kompak. Tidak sedikit brand mixer yang menerapkan fitur-fitur dari mixer lini atas dibenamkan pada mixer kompak seri di bawahnya. Sebut saja, fitur penting yang sudah ada pada mixer kompak di antaranya adalah Digital Signal Processor yang isinya menyediakan koleksi proesesor efek yang beragam variasi seperti reverb, delay, chorus, distortion, phaser, dan sebagainya.

Ada juga fasilitas dynamic processor (compressor) yang sudah disertai pada beberapa channel input dari sebuah mixer kompak. Konektor input dan output kombo (XLR/TRS) yang terdapat pada channel input. Selanjutnya, fitur 3 band EQ sweepable, atau pada mixer digital kompak yang sudah menyertakan fitur komplit sampai Full Parametriq EQ, DSP full editing, dan sebagainya. Kini bagi pengguna diberikan banyak pilihan mixer digital kompak lengkap dengan fitur professional terkini.

ALTO LIVE 1604

Mixer analog professional Alto Live 1604 dilengkapi seluruh fasilitas kebutuhan live mixing yang bisa dimanfaatkan dalam aplikasi live sound venue menengah dan kecil hingga kebutuhan instalasi tetap pada tempat ibadah, mall, kafe, resto, dan sebagainya. Bisa kita jadikan salah satu pilihan alternative untuk rental company kelas menengah dan kecil dan pribadi.

Fitur baru yang sudah menjadi standar mixier analog di era sekarang selain fitur kompresor dan prosesor efek adalah fasilitas USB Port. Mixer Live 1604 dapat terintegrasi dengan DAW (Digital Audio Workstation) berbasis laptop atau PC melalui fitur USB port yang berada pada panel belakang mixer. Fungsi koneksi USB, kita dapat mengirim atau menerima signal audio (stereo) kepada atau dari komputer (untuk direkam atau playback). Untuk mengirim signal audio stereo dari mixer melalui Subgroup (1/2) atau Main mix. Sedangkan untuk menerima signal audio dari DAW komputer ke channel 15/16 (stereo) atau Main Mix.

APLIKASI

  • Live sound (mixer FOH, monitor)
  • Live Recording
  • Studio Recording
  • Instalasi Tetap (Karaoke, Club, rumah ibadah, dan sebagainya)

PHONIC CELEUS600 MIXER + USB AUDIO INTERFACE & BLUETOOTH

Mixer Kompak yang bisa dimanfaatkan berbagai aplikasi venue kecil hingga menengah. Mixer menyertakan konektor input kombo (XLR/TRS) dengan karakter gain yang tidak mengecewakan di kelasnya. Phonic Celeus 600 menyiapkan 3 band EQ (Mid sweep) sangat bermanfaat mengatur tone pada setiap channel lebih detail dalam jajaran mixer di kelasnya. Perlu diketahui, pada channel input 1 hingga 4 disertai preset dynamic processor (compressor) yang sangat mudah digunakan oleh para pengguna awam sekalipun.

Adanya fasilitas compressor maka sinyal input yang masuk akan stabil dan mengurangi resiko sinyal masuk berlebihan (peak) cocok untuk penggunaan instalasi tetap atau studio latihan. Celeus 600 juga dilengkapi Bluetooth streaming sebagai jalur input (digital) stereo kebutuhan MP3 player dari media handphone atau peranti digital eksternal lainnya.

APLIKASI

  • Studio Latihan
  • Karaoke
  • Mixer keyboard (Organ Tunggal)
  • Mixer DJ
  • Instalasi Tetap (Club, Rumah Ibadah, Seminar, Gym)
  • Home Theater
  • Live Sound venue kecil

SAMSON S4000 POWERED MIXER

setup sistem tata suara karena bisa sekali angkat berikut power amplifier internal. Selanjutnya kPowered mixer S4000 sangat cocok untuk venue kecil dan menengah dan memudahkan kru panggung ketika ita hanya menarik kabel audio dari S4000 dikirim ke loudspeaker pasif sesuai kapasitas power mixer S4000 ini. Oleh karenanya, mixer S4000 dapat dimanfaatkan untuk touring venue kecil dan menengah dengan praktis. Pada bagian belakang terdapat dua loudspeaker out dengan konektor speakon. Jika kita membutuhkan daya yang lebih besar dengan menggunakan power amplifier eksternal maka Samson S4000 bisa dimanfaatkan sebagai mixer FOH.

Kita hanya mengirim signal audio (stereo) dari line output dikirim ke power amplifier. Powered mixer Samson S4000 terdiri dari 12 channel input mono dengan preamp/line input dan 4 channel stereo line input bagi kebutuhan pekerjaan engineer yang memerlukan mixer analog sudah dtermasuk power amp di dalamnya. Fasilitas power amplifier internal pada S4000 1000 Watt (bridge mono) atau 500 watt per sisi pada impedansi 4 ohm.

Mixer analog ini menyertakan dua buah prosesor efek (DSP FX) 24 bit. Dua DSP FX ini bisa kita aktifkan secara bersamaan dalam satu channel. Selain itu, S4000 juga menyiapkan 4 buah knob auxiliary. Dua dari 4 knob auxiliary, yaitu auxiliary 3 untuk mengatur level FX 1 dan auxiliary 4 untuk mengatur level FX4 yang terdapat pada semua channel input. Manfaat dua buah prosesor efek, yaitu kita mengaktifkan dua jenis prosesor efek simultan. Misalnya knob auxiliary 3 (efek reverb hall ) dibuka pada channel 10 (vokal) dan knob auxiliary 4 (efek reverb plate) dibuka pada channel 2 (snare drum), dan seterusnya sesuai kebutuhan live mixing. Setiap prosesor efek menyertakan 100 preset efek yang mencakup reverb, delay,chorus, flanger, slap back, dan echo.

APLIKASI

  • Live sound (mixer FOH, monitor)
  • Live Recording
  • Studio Recording
  • Instalasi Tetap (Karaoke, Club, rumah ibadah, gedung serbaguna dan sebagainya)

Related Posts