• Senin , 17 Desember 2018

CORT CM15R

Ada beberapa hal yang harus di perhatikan saat memilih sebuah amplifier. Salah satunya adalah fungsi. Karena setiap amplifier memiliki fungsi yang berbeda untuk kebutuhan di atas panggung, studio, atau sekedar practice di rumah.

Untuk fungsi yang terakhir disebutkan tadi, maka yang diperlukan para gitaris adalah amplifier yang portable dengan output yang tidak terlalu besar namun tetap menghasilkan sound yang baik. Salah satunya adalah Cort CM15R yang masuk review Audiopro kali ini.

DESAIN SERTA FITUR

Bentuknya yang boxy di balut tolex serta handel molded plastic warna hitam dipadu warna cream dengan control parameter berwarna putih di bagian atasnya membuat desain close-back cabinet dari amplifier terlihat lebih khas dan retro namun tetap terlihat fresh. Di section preamp amplifier sebesar 15watt ini, pada panel utamanya menawarkan fitur 1 buah input dengan 2 buah channel untuk clean dan drive dimana volume serta gain terpisah setiap channelnya. Lalu ada 3 band EQ, efek reverb, 1/4 AUX-in serta headphone out.

SOUND

Saat mencoba amplifier ini, Kami menggunakan gitar Cort Classicx Telecaster dengan konfigurasi pickup S-S. Pertama Kami coba channel clean dengan equalizer di setting flat, volume di arah jam 9, amplifier ini berkarakter clean yang fat dan transparan seperti karakteristik amplifier single channel pada umumnya. Jika Anda ingin merasakan ambient yang cukup rich, buka sedikit reverb ketika memainkan single note. Kemudian saat channel drivenya di switch, Kami putar gain di angka 11 dan volume di angka 10, inilah channel crunch Anda.

Jika memutar knob drive hingga arah jam 2, sound distortion yang cukup agresif dengan sustain yang cukup baik mampu di hasilkan. Walaupun coverage tone area tidak sedetail amplifier berukuran di atasnya, namun dimensinya tetap terasa wide untuk sekedar berlatih di kamar. Saat Kami memutar mp3 pada AUX-in nya, kualitas sound yang di hasilkan melalui 8” full range speakernya memiliki artikulasi cukup baik untuk playback lagu. Walaupun sistem aux in dan headphone di amplifier ini adalah pass through, namun kedua fitur ini sangat membantu. Terlebih fitur headphone out yang sangat berguna saat berlatih dengan memainkan backing track untuk teman berlatih tanpa menggangu sekitar.

OVERALL

Banyak pilihan practice amp sekarang ini. Tentu saja ada beberapa fitur yang menyesuaikan kebutuhan para gitaris. Cort CM15R yang memiliki fitur AUX-in serta heaphone out untuk sekedar practice di kamar ini sudah memenuhi kebutuhan para gitaris yang menginginkan sebuah amplifier ekonomis dengan sound cukup mumpuni. *RESSA SM.

Related Posts